5 Hal yang Diinginkan dari Iklan Lowongan Kerja

iklan lowongan kerja

Jika perusahaan Anda sedang berusaha untuk mendapatkan kandidat karyawan terbaik, maka ini saat yang tepat untuk memikirkan iklan lowongan kerja seperti apa yang akan menarik perhatian para pencari kerja.

Tidak hanya para pencari kerja yang bersaing, melainkan setiap perusahaan juga berlomba-lomba untuk menjaring kandidat berkualitas. Untuk itu, Anda harus bisa memberikan informasi atau hal yang dicari kandidat dari iklan lowongan kerja.

Setidaknya ada 5 hal yang diinginkan kandidat atau pencari kerja dari iklan lowongan kerja:

1. Formulir yang Tidak Rumit

Sulitnya mencari kerja akan semakin berat jika kandidat diharuskan mengisi formulir yang memakan banyak waktu. Penelitian yang dilakukan oleh Jobvite mengatakan, bahwa 51% pencari kerja tidak mempunyai banyak waktu untuk mengisi formulir yang panjang karena mereka sibuk dengan pekerjaannya masing-masing (di kantor yang lama).

Formulir yang singkat dan sederhana akan mempermudah proses dan waktu pengisian oleh kandidat. Pertimbangkan untuk memasang iklan lowongan kerja di website atau aplikasi yang memungkinkan kandidat untuk mengirimkan CV mereka secara langsung kepada perusahaan Anda.

2. Detail Informasi yang Jelas

Pencari kerja akan melamar jika mereka merasa bahwa posisi yang diiklankan memiliki detail informasi yang dibutuhkan dan tidak membingungkan. Hal ini akan mempersingkat waktu bagi kedua belah pihak juga.

Baca juga:  Buy Essay - the history. Factors You Must Know About Order Essay

Tetapi, pastikan Anda juga tak memasukkan terlalu banyak detail yang malah akan membingungkan kandidat.

77,3% kandidat merasa bahwa informasi pada Job Description adalah informasi paling penting dan berguna pada iklan lowongan kerja. Berikan informasi spesifik mengenai tugas dari masing-masing posisi dan juga kesempatan untuk membangun karir di perusahaan Anda.

Informasi mengenai upah dan tunjangan yang akan didapatkan adalah detail terpenting selanjutnya yang dicari oleh kandidat. Hanya sedikit sekali kandidat yang mencari informasi mengenai detail perusahaan, sehingga lebih baik fokus untuk menampilkan informasi seperti yang sudah disebutkan di atas.

3. Mobile Optimization

Para pencari kerja ingin memiliki kesempatan untuk melamar pekerjaan kapan pun dan di mana pun. Bahkan sekitar 27% di antara mereka ingin agar bisa melamar pekerjaan melalui perangkat mobile atau smartphone untuk semakin mempermudah mereka.

Hal ini berarti, jika iklan lowongan kerja Anda tidak tersedia atau tidak bisa tampil dengan baik pada perangkat mobile, maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan banyak kandidat berkualitas khususnya dari kaum millenial.

Pastikan bahwa iklan lowongan kerja Anda bisa terbuka dengan baik di perangkat mobile. Bahkan akan lebih baik jika kandidat bisa melamar langsung melalui perangkat mobile dengan mudah.

4. Job Description yang Unik dan Menarik

Sama seperti Anda yang tidak tertarik pada CV yang terlalu kaku, kandidat juga tidak akan tertarik pada deskripsi iklan lowongan kerja yang biasa-biasa saja. Buat tampilan (secara keseluruhan) dan informasi pada job description iklan lowongan kerja perusahaan Anda berbeda dari yang lainnya.

Baca juga:  Kapan Waktu yang Tepat untuk Menambah Pegawai?

Coba untuk berpikir out of the box ketika membuat iklan lowongan kerja dan jangan gunakan bahasa baku yang terlalu kaku. Membuat job description yang unik memang membutuhkan lebih banyak waktu dan upaya, tapi hal ini sebanding dengan hasil yang Anda dapatkan nantinya.

5. Job Title yang Sederhana

Walaupun job description yang unik akan menarik perhatian kandidat, job title yang dibuat secara tak biasa malah akan membingungkan mereka. Tidak ada yang mencari posisi “Sales Superstar”, “Technology Innovator” dan job title lainnya yang tak umum.

Jika Anda menggunakan job title seperti itu, maka kandidat akan bingung dan meninggalkan halaman iklan lowongan kerja Anda. Click bait tak cocok digunakan pada iklan lowongan, sehingga pastikan Anda benar-benar menuliskan job title yang umum dan sederhana.

Sebagai referensi, Anda bisa melihat contoh iklan lowongan pekerjaan yang menarik pada artikel KaryaONE sebelumnya.

Sumber:
TheUndercoverRecruiter: 5 Things Candidates Really Want from Job Postings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *