INFOGRAFIS : Contoh Shift Kerja Restoran 2 Shift

Bagaimana cara terbaik mengelola jadwal kerja karyawan untuk restoran?  Pada umumnya, jadwal kerja restoran menggunakan sistem shift agar operasional di restoran dapat ditangani dengan baik dan karyawan nyaman juga tidak terlalu lelah dalam bekerja.

Jika manajemen restoran kerap melakukan kesalahan dengan memberi karyawan jadwal yang tidak jelas, bukan tak mungkin banyak karyawan yang memilih untuk mengundurkan diri.

Masalah tersebut tentu saja akan mempengaruhi alur bisnis restoran, meningkatkan turn over dan menambah biaya lagi untuk rekrutmen.  Maka dari itu manajemen diharapkan mampu mengatur shift kerja karyawan setidaknya sesuai peraturan pemerintah.

Pemerintah sendiri tidak mengeluarkan ketentuan baku tentang jadwal shift.  Namun ada aturan-aturan tenaga kerja yang sebaiknya dituruti oleh pemilik bisnis.  Misalnya maksimal jam kerja karyaawan per minggu adalah 40 jam.  Akan sangat bijaksana jika pemilik restoran tidak memaksa karyawan bekerja lebih angkat tersebut.

Demi mempermudah membuat jadwal shift untuk karyawan restoran, pada artikel ini KaryaOne memberikan infografis contoh shift kerja karyawan untuk restoran yang beroperasi mulai jam 09.30 sampai 22.30 dengan pembagian 2 shift kerja.

infografis contoh shift kerja

Jika Anda memiliki restoran yang semakin berkembang, mengelola karyawan Anda merupakan tantangan tersendiri.  Jam kerja merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi turn over karyawan. Oleh karena itu pemilik bisnis harus tahu cara menentukan jadwal shift yang wajar untuk karyawan.

Kami harap infografis contoh shift kerja di atas dapat membantu pengelola restoran dalam mengatur jadwal kerja karyawan.  Setelah mengatur jadwal shift tentunya diharapkan Karyawan absen sesuai jadwal shift tersebut. Dan apabila lembur, ada catatan tersendiri yang bisa digunakan untuk menghitung tunjangan lembur.

Apabila jumlah karyawan restoran Anda semakin banyak maka permasalahan jadwal shift akan menjadi semakin rumit.  Hadapi tantangan ini dengan menggunakan aplikasi seperti KaryaOne.  Penggunaan sistem akan mempermudah Anda mengelola data HRD dan menghitung gaji.  Dengan demikian Anda bisa fokus pada bisnis restoran Anda, bukannya administrasi HR yang melelahkan.

_________________________________________________

KaryaOne adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *