6 Investor Startup dan Ciri-ciri Startup yang Mereka Cari Untuk Berinvestasi

investor startup

Jika Anda memiliki fokus bisnis pada startup, Anda harus memperhatikan beberapa pola tetap dalam mempertahankan dan mengembangkan sebuah perjalanan wirausaha serta memulai sebuah usaha dari ide bisnis yang berkualitas.

Para investor startup sukses dan terkenal memiliki beberapa kriteria yang menjadi alasan mereka berani berinvestasi pada beberapa startup.

Dengan memahami beberapa kriteria yang para investor startup cari, Anda bisa mendapatkan kesempatan emas untuk mendapatkan modal lebih dalam membangun startup Anda.

Artikel ini membahas tentang beberapa kriteria yang diinginkan oleh para investor startup pada para wirausahawan sebelum mereka berani berinvestasi pada startup yang mereka inginkan.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

Will Herman

Will Herman memiliki dua buah usaha yang telah ia jual sekitar Rp9,8 triliun dan telah melakukan investasi pada 82 startup.

Will Herman sendiri menyebutkan empat hal yang dia incar pada para pendiri startup sebelum ia memutuskan untuk berinvestasi pada startup tersebut, yaitu:

  • Pendiri dan juga timnya yang solid dalam membangun usaha startup mereka.
  • Startup yang fokus pada eksekusi daripada ide. Will Herman percaya bahwa tim yang solid akan mampu mengeksekusi semua jenis ide dan membangun perusahaan dengan baik.
  • Startup yang mampu memasarkan produk dengan baik, membangun produk, menciptakan beragam layanan yang memenuhi kebutuhan, dan kemampuan negosiasi pada pelanggan saat ini dan calon pelanggan mereka.
  • Startup yang mampu bekerja keras untuk mencapai target keuntungannya.

Fabrice Grinda

Fabrice Grinda adalah seorang investor yang memiliki pengalaman panjang dalam dunia investasi. Ia telah melakukan lebih dari empat ratus investasi pada startup dan mencapai setidaknya 150 kesuksesan.

Fabrice Grinda memiliki ketertarikan pada startup yang memiliki orang-orang pandai berbicara dan bernegosiasi. Ia menyebut mereka sebagai pendongeng andal.

Fabrice Grinda percaya bahwa kemampuan public speaking, baik dalam berbicara terhadap pers atau kepada pelanggan, bisa meningkatkan perkembangan startup yang dibangun.

Kemampuan ini bisa mendatangkan banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli produk mereka. Selain pelanggan, para investor juga akan tertarik dengan orang-orang yang memiliki kemampuan bicara memikat.

Michael Litt

Michael Litt adalah seorang pengusaha yang telah dinobatkan sebagai top 30 under 30 versi Forbes pada tahun 2019. Ia adalah pemimpin dari perusahaan startup keuangan bernama Garage Capital.

Michael Litt sendiri memiliki kecenderungan untuk mendanai startup yang tahu benar bahwa produk mereka berkualitas dan memiliki kepemimpinan yang bagus dalam berbagai bidang.

Michael Litt beranggapan bahwa produk yang ideal adalah produk yang benar-benar disukai dan digemari oleh masyarakat serta tim yang tangguh dalam bekerja.

Adeo Ressi

Adeo Ressi telah melakukan penjualan dua perusahaan dengan nilai Rp14 triliun pada usia tiga puluh tahun.

Adeo Ressi sendiri adalah pendiri dari Founder Institute dan ia sendiri sedang mencari beberapa orang berbakat dan memiliki motivasi kerja yang tinggi pada perusahaan setingkat startup yang dirintis dari awal.

Ia juga menyebutkan bahwa ia mencari orang-orang yang memiliki komitmen untuk fokus secara intensif dalam beberapa bulan dan bertanggung jawab untuk mewujudkan sebuah tujuan.

Thomas Korte

Pendiri Angel Pad ini telah mengumpulkan investasi lebih dari Rp19,7 triliun. Di samping itu, ia juga berhasil mendapatkan dana Rp1,1 miliar untuk pengembangan usahanya sendiri.

Thomas Korte menyebutkan beberapa kriteria merupakan bibit pendiri startup sukses:

  • Orang yang mampu menginvestasikan waktu mereka untuk belajar tentang proses penggalangan dana.
  • Orang yang memiliki semangat untuk bekerja aktif dan banyak gerak.
  • Orang yang berani berpendapat dan bersedia untuk beradaptasi pada data yang ada.
  • Orang yang memiliki kemampuan untuk terus membuat keputusan dan berkeinginan untuk bergerak maju.

Kevin O’Connor

Kevin O’Connor adalah pendiri dari sebuah perusahaan bernama Double Click dan merupakan investor awal dari perusahaan unicorn lainnya yang dijual ke IBM dengan harga lebih dari Rp14 triliun.

Kevin O’Connor memiliki kecenderungan untuk memilih pendiri yang memiliki karakteristik berikut:

  • Orang yang memiliki sifat disiplin dan tidak suka menunda-nunda.
  • Orang yang memiliki kemampuan untuk menunjukkan sikap skeptis, terutama pada teknologi dan benar-benar fokus pada masalah yang sedang dipecahkan.
  • Orang yang tidak memiliki masalah untuk melanggar aturan dan bersedia untuk menentang status quo serta melakukan hal-hal gila.

Demikian beberapa kriteria yang investor startup paling banyak cari. Anda bisa mencari modal saham dari beberapa investor startup dengan mengembangkan diri Anda, tim Anda, dan startup rintisan Anda untuk mendukung kemajuan usaha Anda.

Berjuang mulai dari awal untuk mendirikan startup memang susah, namun usaha tidak akan mengkhianati hasil. Selamat berjuang!

Sumber : forbes.com

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian karyawan, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Aplikasi HR Berbasis Cloud KaryaOne

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *