Panduan Untuk Jadwal Kerja Fleksibel

jadwal kerja fleksibel

Jadwal kerja fleksibel bisa jadi impian semua pekerja. jam kerja fleksibel bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memilih untuk memberlakukannya ke anggota tim atau rekan kerja Anda.

Jam kerja fleksibel tidak mengikuti jam kerja normal dari jam 9 pagi hingga 5 sore atau 40 jam kerja per minggu.

Ada beberapa keuntungan bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki jam kerja fleksibel. Di antaranya adalah kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga dan orang tercinta dan menikmati work-life balance.

Setidaknya, panduan berikut ini bisa Anda jadikan cara untuk memiliki jam kerja fleksibel yang praktis dan efisien. Baik untuk tim maupun untuk individu.

Lakukan: Mulai Adaptasi Perlahan

Jika Anda baru saja akan mulai menerapkan jam kerja fleksibel untuk Anda dan karyawan yang sebelumnya mengikuti jam kerja normal, maka Anda harus memulai jadwal kerja ini secara perlahan. Memulai sesuatu yang belum terbiasa adalah yang termasuk sulit dilakukan. Untuk itu, berikanlah tim Anda waktu untuk menyesuaikan diri dengan jadwal kerja fleksibel ini.

Jangan Lakukan: Langsung Menghukum Mereka yang Datang Terlambat

Terkadang bisa jadi Anda lupa sistem jadwal kerja fleksibel yang baru diberlakukan ini. Saat masa peralihan, Anda jangan langsung menghukum mereka yang masih menyesuaikan dengan jam kerja fleksibel dengan memarahinya saat masuk ke kantor di tengah hari. Beberapa anggota tim justru bisa jadi bekerja lebih efisien ketika mulai bekerja di tengah hari.

Lakukan: Bicarakan Dulu Tentang Jadwal Kerja Fleksibel

Mempunyai dan memberlakukan jadwal kerja fleksibel bukan berarti berjalan tanpa aturan. Anda tetap harus membicarakan dengan tim akan apa saja yang wajib diikuti dan tetap menjadi kewajiban setiap anggota tim ketika jadwal kerja fleksibel berlaku. Dengan tetap memberlakukan aturan, Anda bisa menggunakan metrik atau capaian yang ingin diraih dalam waktu tertentu.

Jangan Lakukan: Melakukannya Hanya Untuk Beberapa Tim Saja

Beberapa kepala tim atau manajer perusahaan berpikiran bahwa jadwal kerja fleksibel hanya bisa diberlakukan di beberapa tim saja. Jam kerja fleksibel bisa diberlakukan ke semua tim atau departemen di perusahaan Anda. Jika Anda memberlakukan pengecualian, berikan alasan mengapa pengecualian itu berlaku, apakah karena ada jadwal meeting wajib atau karena harus mengikuti jadwal kerja klien atau perusahaan lain yang berkaitan dengan pekerjaan tim Anda.

Lakukan: Kenali dan Akui Pencapaian Tim

Meski memberlakukan jam kerja fleksibel, Anda tetap harus tahu bahwa tim Anda juga bekerja keras untuk mencapai target yang ingin diraih. Jadwal kerja fleksibel tetap bisa membuat tim dan rekan kerja Anda mencapai target. Dengan capaian ini, Anda tetap harus mengetahui dan mengakui kerja keras tim Anda.

Dengan mengetahui dan mengakui kerja keras tim atas pencapaian target dan mengapresiasinya, tim dan rekan kerja Anda akan tetap bagus hingga meningkat performanya. Hal ini dikarenakan, employee recognition atau pengakuan karyawan sangat berarti bagi kesejahteraan individu dalam perusahaan dan bisa menjaga performa kerjanya.

Bonus: Berikan Tim Anda Bonus

Retensi karyawan bisa disebabkan oleh banyak faktor, gaji yang sesuai, kenaikan gaji berdasarkan performa tahunan, kebijakan bonus, pemimpin yang baik, dan rekan tim yang suportif adalah hal-hal yang bisa mencegah terjadinya karyawan keluar semuanya. Karyawan saat ini akan mementingkan work-life balance yang membutuhkan jadwal yang fleksibel setiap harinya.

Panduan di atas bisa Anda jadikan cara untuk membuat kebijakan jam kerja fleksibel. Dengan memberlakukan jadwal kerja fleksibel, produktivitas rekan tim Anda meningkat dengan performa lebih baik.

Sumber : bonus.ly

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *