6 Hal yang Tidak Boleh Anda Katakan pada Karyawan

kalimat menjatuhkan mental karyawan

Tidak selamanya menjadi seorang atasan itu adalah hal yang mudah mengingat banyaknya tanggung jawab yang harus diemban. Bahkan, tidak jarang seorang atasan melakukan kesalahan yang bisa menjatuhkan mental karyawan walaupun hanya dengan kalimat tertentu.

Agar kondisi di lingkungan perusahaan dan hubungan Anda dengan karyawan tetap terjalin dengan baik, hindari mengatakan kalimat yang menjatuhkan mental karyawan seperti ini.

1. Anda beruntung mendapakan perkerjaan ini

Mengatakan hal tersebut kepada siapapun adalah sesuatu yang sangat menyinggung. Kalimat itu sama saja dengan Anda mengatakan, “Orang lain akan dengan senang menggantikan posisi kamu di sini”.

Selain kurang beretika, kalimat itu juga seakan-akan mengatakan bahwa karyawan terkait tidak pantas untuk bekerja pada posisi tertentu dan mereka hanya membebankan perusahaan.

2. Saya tidak punya waktu untuk hal ini

Karyawan biasanya harus mengumpulkan keberanian terlebih dulu ketika ingin menyampaikan sesuatu, dan jika Anda langsung menolaknya tanpa pikir panjang, hal itu bisa menjatuhkan semangat dan motivasi, bahkan rasa hormat mereka kepada Anda.

Jika memang Anda benar-benar tidak memiliki waktu, coba segera pikirkan kapan waktu yang tepat untuk berdiskusi dengan karyawan tersebut. Mendengarkan pendapat atau cerita karyawan adalah cara yang sangat penting untuk bisa mengetahui kondisi perusahaan atau masalah apa yang sekiranya sedang terjadi.

Baca juga:  10 Rekomendasi Buku Kepemimpinan yang Wajib Anda Baca

3. Tidak ada yang berjalan dengan benar kalau saya tidak di kantor

Kalimat tersebut akan membuat Anda terlihat arogan dan tidak bisa diajak untuk berbicara. Atasan yang baik tahu cara untuk mendelegasikan tugas dan melatih karyawan agar perusahaan tetap berjalan dengan lancar walaupun mereka sedang tak berada di tempat.

4. Kita selalu mengerjakannya dengan cara ini

Atasan yang baik terus berusaha untuk meningkatkan kualitas perusahaan dengan cara-cara yang baru. Selalu berpatokan pada cara tertentu untuk menyelesaikan pekerjaan bisa menghambat perkembangan perusahaan.

Mencoba hal-hal baru bisa mendorong produktivitas karyawan dan membuat mereka merasa dihargai ketika pendapatnya dipertimbangkan.

5. Rekan kerja yang lain memperingatkan saya soal performa anda

Mengatakan bahwa ada rekan kerja karyawan yang melaporkan sesuatu kepada Anda akan membuat karyawan merasa dikhianati oleh rekannya sendiri.

Walaupun Anda harus mengatasi masalah yang ada, namun menyampaikannya dengan cara seperti itu bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan.

6. Saya adalah bos. Lakukan apa yang saya katakan!

Mendelegasikan tugas dengan alasan tertentu dapat membuat karyawan merasa dihargai karena bisa menjadi bagian dari pencapaian tujuan perusahaan. Berikan gambaran besar tentang mengapa karyawan harus melakukan tugas-tugas tertentu, bukan malah sebaliknya.

Baca juga:  Cara Memimpin Rapat yang Efektif dan Efisien

Sumber:
HRPayrollSystems: Terrible Phrases that You Should Never Say to Your Employees

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *