6 Jenis Wawancara yang Harus Diketahui oleh Para Pencari Kerja

jenis wawancara kerja

Sebelum mengikuti sesi interview kerja, sebaiknya Anda lebih dahulu mengetahui jenis wawancara kerja yang ada. Hal ini dapat membantu untuk memastikan bahwa diri Anda sudah siap untuk apapun jenis wawancara kerja yang akan dihadapi nanti.

Anda bisa tanya kepada perekrut mengenai apa jenis wawancara kerja yang akan mereka lakukan bersama Anda. Jika masih belum yakin seperti apa saja perbedaaannya, lihat penjelasannya berikut ini:

1. Wawancara Kerja Standar

Interview kerja ini merupakan kondisi di mana HRD atau user mengadakan tanya jawab dengan kandidat satu per satu secara personal tatap muka. Mengingat Anda akan langsung bekerja di bawah pengawasan mereka (jika Anda diterima), maka mereka tentu akan mencari tahu siapa diri Anda dan apakah kemampuan Anda relevan dengan yang diharapkan.

Biasanya mereka akan menanyakan hal-hal seperti “Mengapa Anda merasa cocok dengan posisi ini?” atau “Ceritakan lebih jauh mengenai diri Anda”.

2. Wawancara Panel

Dalam wawancara panel, Anda akan diwawancara oleh sejumlah orang secara bersamaan. Panel ini biasanya terdiri dari representatif perusahaan seperti HRD, manajer atau bahkan karyawan yang akan menjadi rekan kerja Anda.

Jenis wawancara ini dilakukan dengan maksud untuk menghemat waktu atau mendapat opini secara keseluruhan mengenai Anda. Setiap pewawancara memiliki peranan dan topik pertanyaan masing-masing yang berbeda sesuai dengan jabatan mereka.

Baca juga:  6 Kesalahan Rekrutmen Karyawan di Perusahaan

3. Wawancara Behavorial

Pada interview kerja jenis ini pihak pewawancara akan mengajukan pertanyaan berdasarkan situasi pekerjaan posisi yang dilamar. Wawancara ini bertujuan untuk memprediksi kinerja Anda di masa depan dibandingkan dengan kinerja Anda di masa lalu dengan didasarkan pada situasi atau masalah yang sama.

Pada dasarnya pihak pewawancara ingin melihat bagaimana Anda menghadapi masalah dan seperti apa penyelesaian yang dilakukan.

4. Wawancara Kelompok

Mirip seperti wawancara panel, wawancara kelompok dilakukan untuk menilai apakah setiap kandidat yang hadir cocok untuk mengisi posisi yang dilamar. Wawancara ini dilakukan kepada sejumlah kandidat secara bersamaan sehingga Anda harus secara langsung bersaing dengan kandidat lain dalam memberikan jawaban terbaik.

Umumnya, wawancara kelompok dilakukan dengan penjelasan mengenai perusahaan lebih dulu. Setelah itu setiap representasi perusahaan yang hadir secara bergantian akan mengajukan pertanyaan.

Salah satu penilaian utama pada jenis wawancara kerja ini adalah tentang bagaimana Anda berinteraksi dengan kandidat lainnya. Mereka ingin melihat apakah Anda bisa berperan sebagai pemimpin atau sebaliknya.

5. Wawancara Via Telepon

Jenis wawancara ini umumnya dilakukan jika memang lokasi perusahaan sangat jauh dengan lokasi kandidat, seperti berbeda kota atau provinsi. Selain itu, wawancara telepon juga dilakukan sebagai prescreening sebelum melakukan wawancara langsung.

Baca juga:  4 Tanda Karyawan Akan Segera Resign dari Pekerjaan

Biasanya Anda akan diberikan informasi mengenai waktu wawancara telepon. Namun jika tiba-tiba ada telepon dari perekrut tanpa adanya janji terlebih dulu, maka Anda bisa secara sopan menjawabnya atau meminta jadwal wawancara ulang jika kondisi Anda sedang tak memungkinkan.

Pastikan Anda berada di dalam ruangan yang sepi ketika melakukan wawancara telepon. Jangan makan ataupun minum selagi sesi wawancara berlangsung.

6. Wawancara Makan Siang

Wawancara makan siang biasa diadakan sebagai wawancara kedua (jika Anda mendapat “nilai bagus” saat wawancara pertama). Perekrut akan mengundang Anda untuk makan siang bersama dengan beberapa representatif perusahaan untuk menilai Anda.

Sesi wawancara ini dapat Anda manfaatkan untuk mengenal perusahaan atau posisi yang Anda lamar secara lebih dalam. Oleh karena itu sebaiknya Anda juga menyiapkan beberapa pertanyaan terlebih dulu.

Ingat, jangan memesan makanan yang terlalu mahal atau sulit untuk dimakan dan pastikan Anda melakukan table manner sebaik-baiknya.

Sumber:
TheUndercoverRecruiter: 6 Interview Types You Must Know as a Candidate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *