Jenjang Karir Terbaik untuk Anda, berdasarkan Tipe Kepribadian Myers-Briggs (MBTI)

Back to Blog
Jenjang Karir Terbaik

Dahulu orang-orang bekerja dengan mengedepankan kemampuan atau keahlian mereka, namun mengesampingkan kepribadian mereka. Alhasil, orang tersebut kurang betah atau merasa bahagia dengan pekerjaan yang sebenarnya mampu ia lakukan.

Nah, di zaman sekarang, semakin banyak yang mencari dan menjalani pekerjaan yang sebisa mungkin cocok dengan kepribadian mereka, terutama generasi millennial, tapi masih saja kesulitan untuk mengetahui tipe kepribadian mereka sendiri.

Khawatir Anda akan mengalami nasib demikian? Dengan mengetahui tipe kepribadian Anda terlebih dahulu, kemudian mencari jenjang karir yang sesuai atau menyesuaikan pekerjaan untuk jenjang karir ke depan adalah langkah yang terbaik.

Salah satu cara untuk mengetahui tipe kepribadian adalah dengan melalui tes kepribadian, seperti tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicators) yang banyak tersedia di internet.

Dilansir dari Youthmanual, metode ini dibentuk oleh Katherine Cook Briggs dan putrinya sendiri, Isabel Briggs Myers. Terdapat 16 tipe kepribadian manusia menurut studi Myers-Briggs berdasarkan teori pakar psikologi Carl Jung.

Sebanyak 16 tipe kepribadian manusia tersebut merupakan kombinasi dari delapan sifat dasar manusia, antara lain: extroverts (E) dan introverts (I); sensors (S) dan intuitives (N); thinkers (T) dan feelers (F); serta judgers (J) dan perceivers (P).

Berikut ini adalah ulasan jenjang karir yang sesuai dengan tipe-tipe kepribadian MBTI.

Jenjang Karir Terbaik untuk Anda, berdasarkan Tipe Kepribadian Myers-Briggs (MBTI)

banner_karyaone

Kuadran #1: The Sentinels/Protectors

ISTJ adalah pribadi yang dapat diandalkan, mampu mengerjakan banyak hal sendiri, namun juga anggota tim atau pemimpin yang baik ketika dibutuhkan serta menikmati keberadaannya dalam sebuah sistem. Pilihan karir yang cocok yakni auditor, akuntan, Chief Financial Officer, pengembang web dan pegawai pemerintahan.

ISFJ merupakan pribadi yang baik hati, pemikir yang hati-hati dan penyabar, juga memiliki naluri yang baik untuk merencanakan sesuatu. Pilihan karir terbaik yakni perawat, dokter gigi, pengajar di sekolah, pustakawan, pemilik waralaba, dan pegawai pelayanan pelanggan.

ESTJ yakni pribadi yang terstruktur, mempertahankan efisiensi dan logika, serta pemimpin alami. Atas dasar itu, pilihan karir terbaik yakni pengacara, hakim, manajer project, agen asuransi.

ESFJ ialah pribadi yang memperhatikan lingkup sosial, terstruktur dan dapat memimpin. Pilihan karir terbaik yakni representatif penjualan, pekerja dalam bidang kesehatan, perawat, pekerja sosial, humas (public relation), konselor, dan koordinator SDM.

Kuadran #2: The Explorer/Creators

ESFP merupakan pribadi sosial yang fleksibel, penuh semangat, dan ekspresif. Pilihan karir terbaik yakni konselor kesejahteraan anak, aktor, desainer interior, dan ilmuwan lingkungan.

ISTP adalah pribadi yang memilki pemahaman teknis yang baik, logis, mandiri, dan analitik. Pilihan karir terbaik yakni insinyur/teknisi sipil, pakar ekonomi, pilot, analis data komunikasi, dan dokter yang mampu bekerja dalam kondisi gawat darurat.

ESTP yakni pribadi yang menyukai spontanitas, pragmatis, penuh ketertarikan, dan berkembang mengikuti permasalahan. Pilihan karir terbaik yakni detektif, bankir, investor, agen hiburan dan pelatih olahraga.

ISFP ialah pribadi yang kreatif, mandiri, paham perasaaan hati dan fleksibel. Pilihan karir terbaik yakni desainer fashion, ahli terapi fisik, arsitek landscape, penjaga toko, fotografer, dan direktur kreatif.

Kuadran #3: The Analyst/Intellectuals

INTJ adalah pribadi yang perfeksionis namun kreatif, berpikiran jauh ke depan, mandiri, berwawasan, dan senang berpikir teoritis. Pilihan karir terbaik yakni bankir investasi, penasihat finansial pribadi, pengembang software, ekonom, penulis, dan arsitek.

INTP merupakan pribadi yang mandiri, problem-solving, logis, dan analitik sekaligus inovatif. Pilihan karir terbaik yakni psikolog, arsitek, professor perguruan tinggi, analis finansial, desainer software atau programmer computer dan ekonom.

ENTP ialah pribadi yang berkembang seiring dengan permasalahan, fleksibel, cerdik, dan mengutamakan ketersambungan. Pilihan karir terbaik yakni pengembang real estate, pelaku politik konsultan politik, direktur periklanan kreatif, dan entrepreneur.

ENTJ yakni pribadi yang logis, analitik, bervisi dan mampu berurusan dengan permasalahan kompleks, menjadikan pribadi ini sebagai pemimpin alami yang apik. Pilihan karir terbaik yakni pengacara, analis riset pasar, konsultan manajemen, pemodal usaha, dan pembangun usaha baru.

Kuadran #4: The Diplomats/Visionaries

ENFP merupakan pribadi yang visioner, logis, percaya diri dan memiliki rasa keingintahuan yang kuat. Pilihan karir terbaik yakni jurnalis, direktur periklanan kreatif, konsultan, pengusaha restoran, perencana event, dan humas.

INFP ialah pribadi dengan kreativitas, adaptif, dan memiliki pemahaman nilai yang mendalam. Pilihan karir terbaik yakni motivator, desainer grafis, ahli terapi/psikologi, penulis/ editor penulis, dan pelatih pengembangan humas.

ENFJ adalah pribadi yang menggemari harmonisasi, kreativitas, namun inovatif dan mampu memimpin. Pilihan karir terbaik yakni spesialis humas, pelatih/ corporate coach, manajer sales, spesialis SDM dan eksekutif periklanan.

INFJ yakni pribadi berwawasan yang mengutamakan ketersinambungan, kesejahteraan, dan pemikir yang mampu berurusan dengan masalah kompleks. Pilihan karir terbaik yakni konselor, pekerja sosial, manajer keberagaman SDM/ HR diversity, konsultan pengembangan organisasi, dan manajer hubungan pelanggan.

Perlu diingat, bahwa pilihan-pilihan karir serta kepribadian Anda sendiri masih dapat berubah dan terus dikembangkan. Jadi, yang manakan tipe personalitas Anda?

Sumber:
Wellandgood: The Best Career Path For You, According To Your Myers-briggs Personality Type

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog