5 Kalimat yang Harus Dihindari di Kantor

kalimat yang harus dihindari di kantor

Ada beberapa kalimat yang harus dihindari di kantor selama Anda bekerja. Pasalnya beberapa kalimat ini bisa membuat Anda tidak terlihat profesional dalam menjalankan profesi Anda.

Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi “nasib” Anda di perusahaan dan juga karir Anda. Agar tidak terjadi, pastikan Anda tidak mengucapkan lima kalimat yang harus dihindari di kantor berikut:

1. Saya Tidak Bisa

Kalimat yang harus dihindari di kantor yang pertama adalah “Tidak bisa”. Tidak ada rekan kerja, atau terlebih lagi atasan yang suka mendengar kalimat ini.

Jika Anda mudah mengatakan kalimat tersebut, maka orang lain akan menilai diri Anda secara negatif. Anda akan dianggap sebagai seseorang yang malas berusaha atau mencoba sesuatu.

2. Ya Sudahlah

Ketika Anda mendengar kalimat ini maka Anda bisa menebak bahwa orang yang mengatakannya adalah orang yang tidak bersemangat dan malas. Kalimat ini juga memperlihatkan orang itu tidak ingin terlibat lebih dalam pada sebuah masalah yang dihadapi tim kerja.

Karyawan yang baik adalah karyawan yang pantang menyerah dalam menyelesaikan tugas apapun, sekalipun project yang sangat sulit untuk dilakukan.

Baca juga:  Cara Mengatur Keuangan Usaha Secara Efektif

3. Mungkin Saja

Kalimat ini adalah “jalan singkat” seseorang yang tidak mau ambil pusing terhadap sesuatu. Orang yang mengatakan kalimat tersebut menunjukkan bahwa dirinya ragu-ragu dan tidak berani mengambil keputusan tertentu. Sikap ini juga menunjukkan bahwa Anda tidak kompeten di hadapan rekan kerja dan atasan.

4. Saya Akan Coba

“Saya akan coba untuk datang tepat waktu besok” atau “Saya akan coba menyelesaikan pekerjaan ini sebelum…”. Mengucapkan kalimat tersebut sama saja dengan menganggap sesuatu yang diminta ke Anda tidak penting atau bukan prioritas.

Kalimat “Saya akan coba” menciptakan keraguan terhadap lawan bicara Anda dan bisa menyebabkan Anda tidak dipercaya.

5. Itu Bukan Tugas Saya

Jangan pernah mengatakan kalimat ini sekalipun selama Anda bekerja. Mengatakan ini sama saja dengan menyatakan bahwa Anda tidak peduli dan tidak mau terlibat dalam sesuatu yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Karyawan yang baik dan profesional bersedia melakukan apapun selama ia mampu dan memiliki waktu atau tenaga. Sikap ini menunjukkan Anda adalah karyawan yang bersedia belajar apapun dan membantu pekerjaan apapun.

Sumber:
IncAsean: 5 Words and Phrases That Will Make You the Most Hated Person in the Office

Baca juga:  7 Penyebab Iklan Lowongan Kerja Sepi Peminat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *