Ada Keluhan Karyawan Bermasalah? 5 Tips Ini Bisa Anda Lakukan Agar Tak Terkesan Sepihak

Back to Blog
karyawan bermasalah

Dalam kehidupan kantor, Anda tidak hanya akan berhadapan dengan urusan pekerjaan. Ada kalanya Anda akan menjumpai keluhan mengenai rekan kerja Anda.

Namun, saat Anda mengambil keputusan untuk individu yang bersangkutan, sering kali keputusan Anda akan terdengar sepihak. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat menyimak beberapa tips berikut ini.

Kenali hal yang menjadi pemicu

Terkadang, beberapa hal yang memicu timbulnya keberpihakan pada karyawan dapat Anda rasakan. Sebagai contoh, Anda akan cenderung lebih memihak orang yang berasal dari daerah yang sama dengan Anda daripada yang tidak.

Anda perlu mengenali hal-hal tersebut dan mencoba untuk menghindarinya.Untuk dapat melatih kesadaran Anda terhadap rasa keberpihakan ini, Anda dapat mencatat tiap-tiap hal yang kiranya membuat pendapat Anda menjadi berat sebelah.

Catatlah hal-hal yang membuat hati Anda tergerak atau hal-hal yang membuat Anda merasa sebal. Hal tersebut dapat menjadi indikasi apa saja yang dapat memicu keberpihakan Anda.

Berpikir panjang

Setelah Anda menerima keluhan soal karyawan yang terindikasi bermasalah, sebaiknya Anda tidak gegabah dalam bertindak.

Pastikan untuk berpikir panjang sebelum memutuskan tindakan untuk karyawan yang bersangkutan. Mengambil keputusan yang gegabah hanya akan membuat permasalahan dalam kantor Anda menjadi semakin runyam.

Cobalah untuk memposisikan diri Anda pada posisi karyawan yang bersangkutan, apa yang kira-kira membuatnya melakukan kesalahan.

Baca juga:  Membangun Tim Kerja yang Solid dan Tangguh

Dengan ini, Anda akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang yang berbeda penting untuk menghindari keberpihakan. Tanyakan pada karyawan lain untuk mendapatkan sudut pandang baru.

Untuk membuat keputusan Anda menjadi semakin valid dan tidak sepihak, Anda bisa melakukan cross-check.

Melakukan cross-check atas permasalahan yang ada ibarat menyusun puzzle. Anda akan menyatukan bagian-bagian yang terpisah kembali pada tempat yang seharusnya.

Keluar dari zona nyaman Anda

Ada kalanya saat Anda mengeluarkan pendapat yang cenderung berat sebelah, sebenarnya Anda sedang menghadapi ketidaktahuan Anda.

Ketidaktahuan itu muncul karena hal yang Anda hadapi ada di luar zona Anda. Anda mungkin akan cenderung lebih berpihak pada suasana yang familiar dengan Anda.

Menurut David A. Thomas, seorang profesor dari Harvard Business School, hal tersebut muncul karena dalam diri manusia terdapat sikap protective hesitatiton.

Sikap ini dapat muncul di saat Anda menghadapi situasi yang asing bagi Anda. Akan muncul kegamangan antara bersikap adil dengan rasa ketakutan dianggap diskriminatif.

Untuk itu, cobalah keluar dari zona nyaman Anda. Dengan keluar dari zona nyaman, pengetahuan Anda akan menjadi lebih luas.

Anda dapat mencoba untuk mengenal rekan kerja Anda lebih dekat dengan mengobrol santai saat makan siang. Mendekatkan diri dengan orang yang terasa asing bagi Anda akan membantu Anda menjadi tidak bias.

Baca juga:  8 Cara Mengelola Tim Kerja dengan Baik dalam Bisnis

Fokus pada permasalahan

Satu hal yang dapat membuat keputusan Anda terdengar sepihak adalah karena Anda tidak fokus pada permasalahan yang ada.

Merupakan sifat dasar manusia untuk lebih cepat menyerang subjek yang menimbulkan masalah. Hal itu dikarenakan manusia lebih mudah terpaku pada bentuk fisik, alih-alih hal yang lebih penting seperti permasalahan.

Sebagai contoh, saat Anda menerima keluhan bahwa karyawan Anda sering terlambat datang ke kantor, fokuslah pada keterlambatannya.

Masalah akan menjadi semakin meluas jika Anda justru hilang fokus dan malah membahas karyawan Anda yang terlambat. Fokuslah pada permasalahannya, bukan pada subjek yang melakukannya.

Beri ruang untuk menanggapi

Kunci untuk menghindari bias saat mengambil keputusan bagi karyawan yang bermasalah adalah keterbukaan. Berikan ruang bagi yang bersangkutan untuk menanggapi.

Buatlah komunikasi dengannya menjadi satu arah, tujuannya adalah supaya Anda juga mengetahui permasalahannya dari sudut pandang karyawan Anda. Coba pahami baik-baik dan ambillah keputusan dari pemahaman tersebut.

Saat Anda harus mengambil tindakan atas keluhan karyawan Anda, akan sulit bagi Anda untuk mempertahankan kenetralan Anda.

Untuk membuat keputusan Anda tidak sepihak, dibutuhkan trik-trik khusus. Semoga tips di atas dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan yang tidak sepihak dan menguntungkan semua pihak.

Sumber : How to Manage Conflicts Between Employees

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog