Penjelasan, Fungsi, dan Kegunaan NPWP

kegunaan npwp dan manfaat

Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap warga negara adalah membayar pajak yang dimulai dengan memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Sebagai informasi, NPWP adalah nomor yang diberikan untuk seseorang yang umumnya sudah bekerja atau memiliki penghasilan untuk nantinya digunakan sebagai identitas wajib ketika akan mengurusi kepentingan perpajakan.

Selain untuk mengurus kepentingan pajak, ada banyak sekali kegunaan NPWP beserta manfaatnya yang bisa Anda dapatkan. Namun sayang masih banyak orang yang belum teredukasi mengenai hal ini sehingga malas atau enggan memiliki NPWP.

Agar lebih jelas, berikut ini penjelasan mengenai fungsi dan kegunaan NPWP.

1. Mengajukan Kredit

Salah satu syarat jika Anda ingin mengajukan kredit baik ke bank maupun pembelian sebuah barang misalnya, adalah kepemilikan NPWP. Pihak pemberi pinjaman seperti Bank memerlukan dokumen NPWP untuk mengeluarkan dana serta jaminan data diri Anda.

2. Pengajuan dan Pembuatan SIUP

Anda membutuhkan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) jika berencana mendirikan usaha perdagangan sendiri. SIUP merupakan bukti sah dari berdirinya usaha Anda yang diberikan oleh pemerintah daerah.

Dokumen ini dibutuhkan baik untuk perusahaan besar maupun UKM (usaha kecil menengah) untuk mendapat pengesahan dan pengakuan dari pemerintah. Anda diwajibkan untuk terlebih dulu memiliki NPWP dengan tujuan Anda sebagai pengusaha juga harus melaporkan pajak usaha Anda.

Baca juga:  Cara Menghitung PPh 21 karyawan

3. Pembuatan Paspor

NPWP adalah salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk membuat paspor selain KTP atau KK. Jika Anda ingin membuat paspor (misalnya) untuk anak Anda, maka daftarkan anak Anda dalam dokumen NPWP Anda.

4. Pembuatan Rekening Koran di Bank

Rekening koran merupakan versi lain dari buku bank, di mana Anda bisa melihat mutasi saldo Anda secara keseluruhan. Setiap Bank mengharuskan nasabah untuk memiliki NPWP jika ingin mengajukan pembuatan rekening koran.

5. Administrasi Pajak Final

Sedikit berbeda dengan melaporkan pajak pada akhir tahun pajak, administrasi final merupakan pajak yang harus diselesaikan dalam masa pajak yang sama seperti saat individu terkait menerima sesuatu.

Pemotongan ini dikenakan kepada jenis penghasilan seperti deposito, hadiah berupa lotere, undian dan transaksi saham. Untuk menyelesaikan urusan pajak ini, Anda wajib memiliki NPWP terlebih dulu.

Selain lima manfaat dan kegunaan NPWP seperti yang telah disebutkan di atas, tentu saja kepemilikan NPWP berguna untuk membantu Anda mengurus segala hak dan kewajiban Anda dalam administrasi perpajakan.

Mengetahui Jumlah Pajak

Tidak semua orang mampu menghitung sendiri pajak yang harus mereka bayarkan setiap tahunnya mengingat rumitnya perhitungan tersebut ataupun adanya perubahan ketentuan dari pemerintah.

Baca juga:  Tujuan Laporan Keuangan Perusahaan

Kepemilikan NPWP membantu Anda dalam hal ini karena Anda bisa mengetahuinya langsung dengan nomor yang tertera pada kartu. Anda bisa langsung datang ke kantor pajak atau memeriksa secara online (daftarkan diri dan buat akun terlebih dahulu).

Potongan Pajak Lebih Rendah

Mereka yang merupakan wajib pajak namun tidak memiliki NPWP harus membayarkan pajaknya sebesar 20%, lebih tinggi dari dari jumlah pajak yang mesti dibayarkan.

Mengurus Retur Pajak

Anda bisa meminta retur atau pengembalian uang jika ternyata Anda kelebihan membayar pajak karena suatu kesalahan. Pengajuan retur ini hanya berlaku bagi mereka yang memiliki NPWP saja.

Pengajuan Pengurangan Total Bayar Pajak

Jika Anda merasa nilai pajak Anda terlalu besar padahal kondisi finansial Anda tak memungkinkan, Anda bisa mengajukan pengurangan nilai bayar pajak yang harus dibayarkan. Salah satu syarat atau dokumen yang harus dilampirkan adalah NPWP Anda.

Featured image by: Tech In Asia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *