Cara Mudah Lakukan Nego Gaji dengan Karyawan

Back to Blog
kenaikan gaji

Meminta kenaikan gaji merupakan salah satu hak karyawan. Namun, bukan berarti Anda bisa langsung mengiyakan atau menolaknya begitu saja.

Memang permintaan seperti ini biasanya bersifat mengejutkan, tetapi Anda juga berhak meminta waktu kepada karyawan untuk melakukan pertimbangan. Nah, selama masa pertimbangan inilah sebaiknya Anda melakukan berbagai hal berikut ini.

aplikasi gaji onlineJangan langsung menolak penawaran gaji

Seperti yang disebutkan sebelumnya, menerima permintaan kenaikan gaji dari karyawan memang cukup mengejutkan.

Namun, Anda tak boleh langsung menolaknya. Pasti ada alasan di balik keputusannya tersebut. Nah, alasan inilah yang harus Anda cari tahu.

Oleh sebab itu, ketika ada seorang karyawan yang datang kepada Anda dan meminta kenaikan gaji, ajaklah ia berbicara. Jika tidak memungkinkan, jadwalkan ulang pertemuan Anda dengannya.

Pada obrolan tersebut, Anda berhak menanyakan alasan atau hal-hal yang melatarbelakangi keputusannya tersebut.

Tanyakan pula sudah berapa lama ia menginginkan kenaikan gaji. Apabila Anda bersedia menaikkan gaji, kira-kira apa yang akan dilakukan karyawan untuk memberikan performa atau value lebih kepada perusahaan.

Ingatkan pula bahwa percakapan ini bersifat confidential sehingga ia merasa nyaman bercerita. Nantinya, berbagai jawaban yang diberikan tersebut dapat Anda jadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan.

Baca juga:  Apa yang Harus HR Ketahui tentang Machine Learning

Lihat kembali peraturan tentang gaji karyawan

Agar bisa melakukan negosiasi gaji dengan lebih kuat, bekali diri Anda dengan berbagai informasi terkait peraturan gaji karyawan.

Pastikan juga Anda mengetahui standar tugas dan tanggung jawab karyawan, sesuaikan dengan jumlah gaji yang diterimanya sekarang, lalu bandingkan dengan peraturan gaji yang berlaku di Indonesia saat ini.

Pasalnya, masih banyak karyawan yang belum paham betul mengenai jumlah gaji yang berhak mereka dapatkan.

Bahkan banyak juga karyawan yang sebetulnya sudah menerima gaji dengan jumlah di atas Upah Minimum Provinsi (UMP) atau rata-rata industri.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa meminta masukan dari orang HRD untuk mengetahui secara lebih pasti mengenai ketentuan terkait gaji ini.

Ingat-ingat kembali performa kinerja karyawan selama ini

Salah satu alasan karyawan mengajukan permintaan naik gaji adalah karena ia merasa kurang mendapat apresiasi.

Padahal, selama ini ia sudah bekerja cukup keras demi kemajuan perusahaan. Oleh sebab itu, coba cek data Anda kembali, kapan karyawan tersebut terakhir kali menerima kenaikan gaji?

Lalu, hal-hal apa saja yang sudah ia lakukan sejak itu? Apakah ia sukses mencapai target? Apakah ia mendapat feedback positif dari klien?

Baca juga:  5 Contoh CV Terbaik yang Bisa Anda Tiru

Apabila ia memang memiliki performa kinerja yang baik, maka ia pantas untuk menerima kenaikan gaji sebagai salah satu bentuk apresiasi dari perusahaan.

Jika yang terjadi adalah sebaliknya, yakni performa karyawan cenderung turun, maka Anda berhak menolak permohonannya. Siapkan alasan yang masuk akal dan sampaikan dengan cara yang baik serta sopan agar ia tidak merasa tersinggung.

Bagaimana jika perusahaan tak memiliki bujet cukup?

Anda sudah setuju untuk menaikkan gaji karyawan, tetapi ternyata perusahaan tidak memiliki bujet yang cukup.

Jika begini kasusnya, Anda bisa mencoba menawarkan alternatif selain uang. Beberapa contohnya seperti mendaftarkannya pada training karyawan, memberikan cuti lebih, atau jam kerja yang lebih fleksibel.

Intinya, jangan sampai karyawan tersebut merasa tidak dihargai atau tidak diapresiasi karena Anda tak bisa mengabulkan permohonan naik gaji.

Siapkan alternatif sebanyak mungkin agar karyawan dapat memilih lebih leluasa.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk negosiasi gaji dengan karyawan. Ingat, jangan langsung mengiyakan atau menolaknya.

Anda berhak meminta waktu kepada karyawan untuk melakukan pertimbangan sehingag keputusan yang diambil pun tidak gegabah.

Sumber : How to Discuss Pay With Your Employees

banner_karyaone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog