Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Memilih Karir

kesalahan dalam memilih karir

Memilih dan menentukan karir yang akan dijalani bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya ada banyak kesalahan dalam memilih karir yang sering terjadi.

Hal ini kemudian bisa membuat Anda “terjerumus” ke dalam jenjang karir yang kurang tepat. Untuk itu, perhatikan beberapa kesalahan dalam memilih karir yang harus dihindari seperti berikut:

1. Terlalu Mendengarkan Perkataan Orang Lain

Banyak pihak akan berusaha membantu Anda dalam menentukan karir yang tepat, namun malah akan berujung ke pilihan karir yang sebenarnya baik untuk diri mereka sendiri.

Orang cenderung menyarankan sesuatu yang mereka anggap paling benar untuk diri sendiri, tidak melihat kebutuhan atau kemampuan orang yang menerima saran.

Walaupun tidak salah jika menerima saran orang lain, akan lebih baik jika Anda mengikuti kata hati sendiri. Pastikan karir yang Anda pilih memang sesuatu yang ingin Anda lakukan dalam waktu yang lama.

2. Mengikuti Keinginan Orang Lain

Mungkin Anda suka terbayang-bayangi oleh keinginan orang tua dan keluarga mengenai diri Anda. Misalnya Ibu atau Ayah yang menginginkan anaknya menjadi seorang Dokter, Pengacara atau jabatan dan karir idaman lainnya.

Walaupun sulit dilakukan, sebaiknya hindari keinginan orang lain dan utamakan keinginan Anda sendiri. Anda bisa menolak dengan halus dan menyampaikan alasan serta keinginan Anda sendiri agar mereka bisa mengerti.

Baca juga:  Jenis-Jenis Pengangguran Berdasarkan Penyebabnya

Selalu ingat, apa yang baik untuk mereka belum tentu baik pula untuk Anda karena tentu saja masing-masing orang memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda.

3. Tidak Mempelajari Karir Pilihan Terlebih Dahulu

Jangan pernah memilih sebuah karir tanpa mempelajarinya terlebih dulu. Selain mengetahui tentang job description karir tersebut, Anda juga harus mengumpulkan informasi lain seperti tanggung jawab lain posisi tersebut, persyaratan pendidikan, range pendapatan, hingga prospek pekerjaan.

4. Tidak Bertanya Kepada Mereka dengan Karir yang Sama

Kesalahan dalam memilih karir yang berikutnya adalah keengganan Anda untuk bertanya kepada orang lain. Yang dimaksud di sini adalah mereka yang menekuni karir yang sama dengan keinginan Anda.

Mereka adalah pihak yang bisa memberikan gambaran paling jelas mengenai karir yang akan Anda pilih. Tanyakan semua hal yang ingin Anda ketahui sampai sedetail mungkin agar Anda semakin yakin pada pilihan karir yang dijatuhkan.

5. Terlalu Fokus Pada Pendapatan

Memiliki pendapatan yang sesuai dengan ekspektasi Anda memang hal yang penting, namun bukan berarti elemen ini akan membuat Anda puas dalam menjalankan karir.

Untuk apa memiliki gaji yang besar tetapi tidak dapat menikmati pekerjaan yang dilakukan? Cari keseimbangan antara karir terbaik dengan penghasilan yang mencukupi kebutuhan Anda.

Baca juga:  7 Situs Lowongan Kerja Terbaik di Indonesia

6. Mengabaikan Karakter Anda Sendiri

Kepribadian, minat, nilai dan bakat Anda tentu merupakan pertimbangan terpenting dalam memilih karir.

Sifat-sifat ini bersifat intrinsik, yang berarti Anda tidak dapat mengubahnya. Jika Anda tidak memperhitungkannya saat memilih karir, ada kemungkinan besar Anda akan berakhir dengan penyesalan karena tidak cocok dengan karir yang dipilih.

7. Melupakan Lokasi

Ada beberapa karir yang menuntut Anda untuk bekerja di lokasi tertentu, contohnya mereka yang bekerja di industri pengeboran minyak di daerah Indonesia Timur.

Jika Anda tinggal di tempat yang tidak menawarkan banyak kesempatan di bidang yang diinginkan dan Anda tidak mau pindah, Anda akan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

8. Tidak Mau Melihat Peluang Karir Lain

Daftar yang memberi tahu Anda karir apa yang memiliki peluang terbaik bisa menjadi panduan bermanfaat dalam menentukan karir. Namun, membuat keputusan hanya berdasarkan salah satu daftar tersebut sebaiknya tidak Anda lakukan.

Oleh karena itu luangkan waktu untuk mencari tahu lebih banyak mengenai pilihan karir lain yang mungkin saja ternyata sesuai dengan diri Anda.

9. Tidak Melihat Jauh ke Depan

Jangan pernah memilih sebuah karir tanpa pertimbangan secara matang. Melainkan lihat bagaimana prospek karir tersebut dalam beberapa tahun mendatang.

Sumber:
TheBalance: What Not to Do When Selecting a Career

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *