5 Kesalahan Manajemen SDM yang Umum Terjadi

Back to Blog
kesalahan manajemen sdm

Tidak hanya di dalam perusahaan besar, manajemen SDM juga sangat diperlukan bagi perusahaan kecil walaupun hanya berisikan sedikit karyawan. Namun, karena cakupannya lebih kecil, terkadang manajemen SDM yang ada di perusahaan kecil cenderung dikelola oleh orang yang bukan pada bidangnya (misalnya manajer merangkap HRD). Keadaan ini kemudian mengakibatkan kesalahan pada proses manajemen SDM.

Beberapa kesalahan yang ditemui antara lain:

banner_karyaone

1. Terlalu Cepat Merekrut

Ketika ada sebuah posisi yang dibuka dalam perusahaan kecil, itu berarti terjadi kekosongan karena ada karyawan yang resign. Oleh karenanya akan dilakukan perekrutan dengan segera agar bisnis tetap berjalan.

Sayangnya banyak manajer perekrutan di perusahaan kecil yang langsung merasa mendapat tekanan besar sehingga tidak teliti dalam mempekerjakan seseorang. Besar kemungkinan orang tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan atau berkualitas namun diterima hanya agar posisi yang kosong bisa terisi.

2. Tidak Mengalokasikan Sumber Daya yang Cukup Untuk Pelatihan

Setiap pelatihan membutuhkan waktu dan uang. Banyak perusahaan kecil yang membuat kesalahan besar karena gagal melatih karyawan dengan benar. Kegagalan untuk melatih dengan benar dapat menyebabkan perusahaan kehilangan pelanggan, membuat karyawan merasa tidak siap dan membebani keuangan perusahaan.

3. Gagal Mengatasi Masalah Kinerja

Kekurangan karyawan akan kinerja dan perilaku menjadi masalah bagi perusahaan manapun. Kegagalan untuk mengatasi masalah kinerja dan perilaku secara tidak langsung akan membenarkan perbuatan karyawan terkait. Hal ini kemudian memunculkan perasaan tidak puas oleh karyawan yang bekerja dengan baik.

4. Sembarangan Melakukan PHK

Banyak pengusaha kecil atau manajer yang memecat karyawan berdasarkan hubungan pribadi atau masalah personal lain yang tidak berhubungan dengan kinerja mereka. Jika pemecatan dilakukan dengan alasan perusahaan tidak mampu membayar gaji mereka, maka Anda wajib untuk memeriksa faktor kinerja dan membuat keputusan logis.

Jika seorang karyawan perlu dipecat karena kinerja atau perilaku yang tidak baik, penting untuk mengesampingkan perasaan pribadi dan fokus pada pemenuhan kebutuhan bisnis terlebih dahulu.

5. Tidak Mematuhi Hukum Ketenagakerjaan

UU Ketenagakerjaan berlaku untuk semua bisnis apapun tanpa terkecuali. Sementara itu UU lainnya berlaku dengan bisnis minimal 12 orang atau lebih dan selanjutnya. Setiap perusahaan wajib mempelajari hukum tersebut dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mematuhi semua hukum yang berlaku.

Pemilik usaha kecil harus menyadari hukum ketenagakerjaan mengenai:

  • Diskriminasi
  • Cuti keluarga
  • Persyaratan upah minimum
  • Lembur
  • Standar keamanan
  • Cacat

6. Penggolongan Karyawan

Beberapa usaha kecil mengklasifikasikan karyawan sebagai kontraktor untuk menghemat pajak, namun hal ini bisa menjadi masalah besar jika ternyata data tak sesuai dengan hukum yang berlaku. Anda bisa menerapkan hukum ketenagakerjaan yang berbeda misalnya untuk karyawan kontrak dan tetap.

Itulah kesalahan yang biasa terjadi, dengan banyak nya pekerjaan manajemen SDM, membuat HRD ingin segera menyelesaikan semuanya tanpa memperhatikan hal-hal di atas.

Mengelola SDM bukanlah hal yang mudah, terutama jika tidak didukung dengan sistem HRIS yg mumpuni.

Departemen SDM cenderung melakukan banyak kesalahan jika menggunakan sistem HRIS manual (menggunakan kertas/spreadsheet).

Banyak orang berpikir bahwa software HRIS hanya bisa diakses oleh korporasi, tapi dengan aplikasi KaryaOne, pemiliki usaha kecil pun dapat merasakan manfaat sistem HRIS berbasis cloud.  

KaryaOne adalah solusi HR management.  Aplikasi HRIS ini memiliki fitur yang lengkap seperti manajemen data karyawan, kehadiran, penggajian dan pengembangan SDM. Pengelolaan

Kurangi human error, bekerja lebih cepat dengan biaya lebih ringan.  Gunakan Aplikasi KaryaOne sekarang. Undang kami untuk demo di perusahaan Anda atau coba gratis selama satu bulan full untuk 10 karyawan.

Sumber:
HrPayrollSystems: People Management Mistakes That Small Businesses Tend to Make

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog