Cara Mengusir Kesepian Di Masa Pandemi

kesepian

Kesepian dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Rasanya tidak mengenakkan. Membuat Anda malas untuk melakukan kegiatan. Bahkan, Anda malah kebingungan untuk melakukan sesuatu.

Kedatangan covid 19 membawa sejumlah perubahan. Penyebarannya yang sangat cepat membuat pemerintah bergegas untuk mengantisipasinya. Salah satunya dengan meminta segenap masyarakat untuk berdiam diri di rumahnya masing-masing.

Instruksi ini dilakukan untuk memutus mata rantai dari penyebaran virus. Pasalnya, virus ini diklaim sangat mudah menyebar dan bisa mendorong pada masalah seperti kematian.

Belum ditemukannya obat serta belum tuntasnya penyebaran virus memaksa setiap orang untuk duduk manis di rumah sampai beberapa hari. Bahkan, masyarakat diminta untuk terus melakukannya sampai pemerintah memberikan klarifikasi sudah aman.

Masalahnya, terlalu lama di rumah membuat sebagian orang akan merasa bosan. Apalagi jika seseorang hanya tinggal sendirian. Seseorang akan merasa sangat kesepian serta butuh orang lain di sisinya.

Tidak mau mengalami hal seperti ini, Anda perlu solusi untuk mengusir rasa sepi tersebut. Gunanya agar kehidupan Anda tetap baik-baik saja. Nah, beberapa tips berikut ini bisa Anda coba praktekkan.

Biasakan Aktif Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Banyaknya waktu yang terbuang sebaiknya dimanfaatkan untuk hal yang positif. Mengerjakan sesuatu akan membuat Anda semakin aktif. Secara tidak langsung, Anda tidak akan merasa bahwa suasana pandemi ini menimbulkan banyak masalah dalam kehidupan Anda.

Justru, waktu seperti ini menjadi waktu terbaik untuk mengerjakan berbagai hal yang tidak bisa dikerjakan saat tidak pandemi. Contohnya ialah membersihkan area rumah ataupun memperbaikinya.

Anda tidak perlu terburu-buru untuk segera menyelesaikannya. Cukup nikmati seperti apa proses memperbaikinya. Dengan begitu, Anda tetap merasa senang dan tidak nampak kesedihan akibat kondisi lingkungan yang sepi.

Yang perlu diingat bahwa kerjakan apapun yang bernilai positif di tiap harinya. Setidaknya, inilah cara terbaik untuk mengisi waktu. Jadinya, Anda tidak merasa bahwa kegiatan di rumah hanya untuk istirahat dan malas-malasan saja.

Saling Mengirimkan Kabar Melalui Media Elektronik

Kesepian membuat seseorang merasa tertekan. Karena kenyataannya, manusia termasuk makhluk sosial yang butuh interaksi dengan sesamanya.

Ketika seseorang tidak bisa melakukannya, suasananya akan hening dan membuat seseorang kehilangan semangatnya. Mentalnya akan jatuh dan membuat kondisinya semakin tidak menentu.

Menyadari kondisi ini memang terjadi di saat pandemi, ada baiknya untuk segera menanganinya. Selain membiasakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah secara rutin, Anda juga bisa bersosialisasi melalui media elektronik seperti smartphone.

Menelpon dan mengirimkan kabar pada orang tua atau teman sangat direkomendasikan. Melalui telepon, Anda bisa berbincang-bincang santai sekaligus bercanda ria untuk mengusir sepi di rumah.

Banyak hal yang bisa Anda bicarakan dengan orang tua. Tidak masalah jika Anda juga memamerkan apa saja yang Anda lakukan selama di rumah sendiri. Contohnya adalah menunjukkan hasil memasak dan lain sebagainya.

Jika Anda merasa kesepian, coba praktekkan. Cara seperti ini juga telah ditempuh oleh orang lain. Hasilnya, ini bisa membuat seseorang bisa menemukan rasa aman dan nyaman meskipun sedang sendirian.

Face Shield untuk bayi

Bermain Dengan Hewan Peliharaan

Cara terampuh untuk menghilangkan kebosanan maupun kesepian  ialah bermain dengan hewan peliharaan. Permainan ini sangat mengasikkan. Bahkan bisa membuat Anda terbawa suasana, dan tentunya lebih membahagiakan.

Bermain dengan hewan peliharaan juga bisa membuat fikiran Anda lebih tenang. Segala macam ketakutan akibat dari virus mematikan ini akan sirna. Anda bisa mengatasinya dengan terapi melalui hewan peliharaan ini. Diantara hewan peliharaan yang bisa memberikan efek menenangkan adalah sebagai berikut.

  1. Anjing

Siapa yang tidak suka dengan anjing. Hewan ini sangat suka bermain dengan majikannya. Hewan tersebut juga sangat pintar sehingga bisa menggantikan rekan yang bisa diajak untuk komunikasi.

Anda bisa mengajaknya bermain kapanpun. Tentunya bila Anda telah menyelesaikan pekerjaan lainnya di rumah. Jadinya, waktu Anda akan selalu berguna.

  1. Kucing

Sama halnya dengan anjing, kucing juga menjadi peliharaan yang bagus. Kucing ini bisa menjadi teman terbaik di kala Anda benar-benar merasakan kesepian hebat. Bahkan tidak jarang jika hewan ini bisa membuat gelak tawa Anda.

Mengajaknya bermain juga sangat mudah. Anda hanya butuh sebuah kain untuk dimainkan dengannya. Pastinya, itu sudah cukup untuk membuat Anda terus bergerak serta bisa menghilangkan kejenuhan di kala sepi.

  1. Burung

Memelihara burung juga sama bagusnya dengan hewan peliharaan lainnya. Malahan bisa dikatakan lebih baik lantaran tidak banyak memakan tempat.

Burung hanya butuh sangkar dan tempat yang layak untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Menariknya, Anda bisa menghabiskan waktu selama seharian penuh tanpa rasa bosan.

Betapa tidak, perawatan burung ini mencakup banyak hal. Misalnya di pagi hari, Anda perlu memindahkannya ke area untuk pengembunan dan penjemuran.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu memandikannya selama beberapa menit. Kegiatan ini juga dibarengi dengan pembersihan kandang harian. Begitupun dengan penyiapan makanan dan minumannya.

Pemeliharaan ini meskipun merepotkan, tapi sangat menyenangkan ketika dilakukan di waktu pandemi. Secara, itu menjadi kegiatan harian untuk mengisi waktu.

Andapun akan memperoleh nilai tambah dari pemeliharaan burung. Selain melihat keindahan postur dan warna bulunya, Andapun akan mendapati ketenangan ketika burung bernyanyi dengan riangnya. Ini bisa menjadi terapi pengusir sepi.

Melakukan Kegiatan Yang Membuat Pikiran Santai

Kesepian identik dengan kejenuhan. Rasa jenuh ini membuat seseorang tidak nyaman dan ingin berontak. Ketidaknyamanan yang terus terjadi akan membuat Anda tidak bergairah untuk menjalani hidup.

Tidak mau mengalami hal demikian, Anda perlu merencanakan berbagai hal yang membuat fikiran rileks. Pilih beberapa kegiatan yang dirasa mudah dilakukan di rumah. Idenya bisa seperti ini.

  1. Yoga

Berlatih yoga bisa menjadi pilihan paling bijak. Kenapa? Suasana sepi ini sangat mendukung pada latihan tersebut. Yakni untuk konsentrasi serta menjernihkan fikiran.

Mengenai jenis latihannya, Anda bisa mencarinya di internet. Banyak sekali tutorial tentang latihan yoga yang sederhana, medium, sampai professional. Silahkan mulai dari yang paling dasar terlebih dahulu.

Dengan berlatih yoga atau meditasi di rumah, Anda bisa mengendalikan diri. Efeknya menenangkan dan membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

  1. Latihan Memasak

Ini adalah waktu tepat untuk mengasah skil memasak Anda. Manfaatkan waktu ini untuk mencoba berbagai jenis masakan di tiap harinya. Mulai  dari menu harian ataupun kue.

Anda hanya perlu mencari resep yang banya dibagikan melalui media sosial ataupun blog. Dari sini, Anda bisa menyediakan berbagai bahannya serta mengikuti prosedur pembuatannya.

Jika Anda memang sendirian di rumah, Anda bisa juga membuat video call dengan keluarga yang jauh. Sembari membuat kue, Anda bisa berbincang dan lain sebagainya.

  1. Menanam Bunga dan Sayuran

Ketimbang tidak melakukan apapun, lebih baik menanam tanaman di pekarangan atau halaman rumah. Anda bisa memilih bunga ataupun sayur. Bahkan bisa tanaman buah.

Kegiatan menanam ini juga cukup seru. Apalagi jika Anda bisa membuat konsep taman yang menarik. Pastinya, suasananya akan kembali normal.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda praktekkan di tengah pandemi. Mari terus jaga kesehatan dan mental. Hilangkan ketakutan dan kesepian dengan berbagai kegiatan yang positif. Dengan begitu, Anda bisa menjalani kehidupan secara normal sampai kondisinya dinyatakan telah pulih dari covid 19.

Referensi : Coronavirus: How to cope with living alone in self-isolation

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *