8 Keterampilan yang Harus Dikuasai Karyawan di Era Digital

keterampilan digital

Terus berkembangnya teknologi beberapa tahun ini menuntut masyarakat secara global untuk mampu menyesuaikan kemampuan mereka dengan perubahan lingkungan.

Salah satunya adalah dengan menguasai keterampilan dasar teknologi atau bahkan menjadi seorang tech-savvy (ahli dalam bidang teknologi tertentu).

Jangan salah pengertian, sebenarnya belum tentu semua orang menjadi tech-savvy karena keinginan atau passion mereka, melainkan karena tuntutan pekerjaan. Pasalnya, saat ini hampir semua perusahaan segala bidang berjalan dengan praktek digital di dalamnya.

Untuk bisa mengikuti alur kerja di era digital ini, pastikan diri Anda memiliki keterampilan dasar teknologi seperti berikut:

1. Penggunaan Media Sosial

Siapa yang saat ini tidak memiliki akun media sosial? Mulai dari anak kecil hingga generasi orang tua saat ini sudah cakap dalam menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube dan sebagainya.

Keterampilan dasar teknologi yang harus Anda miliki dalam tahap awal adalah penggunaan media sosial. Memiliki kemampuan menggunakan media sosial yang baik tentu merupakan nilai tambah bagi Anda di era digital ini, baik untuk kebutuhan personal ataupun bisnis.

Misalnya, seperti saling membagikan informasi hingga membangun hubungan dengan klien atau pelanggan adalah cara terbaik untuk memberi keuntungan bagi kedua pihak dengan cara menggunakan media sosial.

Baca juga:  10 Keuntungan Perusahaan Merekrut Freelancer

2. Penggunaan Spreadsheet

Di sektor apapun Anda bekerja, Anda tentu akan memerlukan platform untuk menyimpan dan mengelola data tertentu misalnya saja dengan menggunakan spreadsheet Microsoft Excel. Namun saat ini sudah banyak perusahaan yang beralih menggunakan Human Resource Information System (HRIS) seperti KaryaONE.

3. Presentasi

Semua karyawan tanpa terkecuali dituntut untuk mampu menjelaskan atau mempresentasikan progress atas hasil pekerjaan yang dilakukan baik untuk internal maupun kebutuhan klien.

Kemampuan presentasi yang baik tidak hanya mencakup cara berbicara atau penyuguhan data, melainkan tampilan visual yang menarik.

4. Pengoperasian Microsoft Word

Keterampilan dasar teknologi yang harus Anda kuasai adalah mengoperasikan Microsoft Word. Walaupun terlihat sederhana atau terlalu basic, namun jangan remehkan skill untuk mengoperasikan software ini.

Menguasai dasar penggunaan Microsoft Word seperti format bold, italics atau underlining sangat penting untuk bisa menghasilkan konten yang berkualitas dan menarik.

5. Mengetik

Tidak hanya mengetahui cara menggunakan Microsoft Word, namun Anda juga harus mampu mengetik dengan cepat dan benar. Mulailah dengan berlatih menggunakan keyboard tanpa melihatnya (hanya menatap layar) dan kembangkan hingga mampu mengetik dengan 10 jari.

Baca juga:  Metode Problem Solving di Tempat Kerja

Kemampuan ini akan mendorong Anda untuk bisa berlatih memproduksi konten teks yang berkualitas dan menarik.

6. Shortcut Keyboard

Pelajari shortcut keyboard yang dapat memudahkan pekerjaan Anda baik untuk sistem perangkat Apple atau Microsoft. Beberapa di antaranya seperti copy, paste, print, window switching, bookmarking dan sebagainya.

7. Email

Email adalah salah satu bagian penting dalam upaya digital marketing, karenanya menguasai penggunaan email akan sangat menguntungkan Anda di era digital ini.

Tidak hanya untuk berkomunikasi dengan rekan kerja atau keluarga, email juga dapat digunakan untuk membangun engagement dengan klien/pelanggan hingga meningkatkan penghasilan.

8. Update Dengan Perubahan Yang Ada

Anda wajib terus mengikuti perubahan yang ada dan memiliki pikiran terbuka (open mind) terhadap banyak hal. Jangan takut untuk mencoba suatu hal yang baru dan berani untuk keluar dari zona nyaman Anda.

Anda akan ketinggalan jika tak bisa menyesuaikan diri dengan cepatnya perubahan teknologi yang terjadi saat ini.

Sumber:
UndercoverRecruiter: 8 Basic Tech Skills Every Employee Should Have

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *