4 Keunggulan Kompetitif Talent Management

keunggulan talent management

Tidak dapat dipungkiri bahwa ujung tombak nomor satu kesuksesan sebuah perusahaan adalah karyawan yang bekerja dengan baik. Dibutuhkan komitmen, motivasi dan bakat karyawan, karena pada akhirnya merekalah yang akan menentukan apakah tujuan perusahaan dapat tercapai atau tidak.

Dari hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa perusahaan harus terus mengembangkan dan mempertahankan karyawan-karyawan terbaik yang berkualitas.

Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan adalah menerapkan dan mengembangkan talent management system pada perusahaan. Pasalnya ada banyak keunggulan talent management yang bisa didapatkan oleh perusahaan.

Memperbaiki dan mengembangkan praktik talent management merupakan strategi yang akan menangani tantangan pada beberapa sektor di bawah ini:

1. Rekrutmen

Langkah awal untuk mengembangkan talent management system di setiap perusahaan adalah mengevaluasi proses perekrutan. Dua hal yang harus diperhatikan dalam sektor ini adalah:

  • Apa iklan lowongan pekerjaan yang dipasang sudah berhasil mencapai kandidat terbaik sesuai dengan keinginan perusahaan?
  • Apakah proses seleksi sudah memiliki standar dan apakah para manajer sudah memiliki alat atau bahan pelatihan bagi karyawan baru?

Mempekerjakan karyawan yang kompeten dan termotivasi yang sesuai dengan budaya perusahaan adalah hal yang sangat penting. Semua orang bisa mencari orang untuk bekerja, namun dibutuhkan cara, alat dan keahlian khusus untuk mampu mendapatkan kandidat terbaik yang bisa membantu perusahaan mencapai tujuan.

Baca juga:  Kebahagiaan Karyawan, Mengapa Begitu Penting?

2. Pengembangan Bakat Karyawan

Jangan membiarkan karyawan Anda tidak memiliki tujuan atau kesempatan untuk mempelajari sesuatu karena merekalah aset perusahaan. Jawab pertanyaan berikut ini:

  • Apakah para manajer memiliki teknologi atau alat yang tepat untuk mengelola dan mengukur performa, tujuan dan juga aktivitas pembelajaran yang dilakukan karyawan?
  • Apakah para manajer senior memiliki metrik kinerja karyawan untuk melihat perkembangan yang ada dan membuat program kerja baru?
  • Apakah karyawan memiliki jenjang karir dan rencana pengembangan?

Saling berbagi informasi, keterampilan dan pengelolaan kegiatan antara manajer dan karyawan penting untuk diberdayakan. Ingat, setiap kemampuan dan keterampilan yang dimiliki setiap karyawan harus diterapkan dalam pekerjaan dan tanggung jawabnya.

3. Kepemimpinan

Salah satu tugas seorang manajer adalah membantu setiap karyawan untuk sukses mengerjakan tugas-tugasnya. Manajer dapat dikatakan sukses ketika karyawan mereka juga sukses dan begitu pula sebaliknya.

Untuk mencapai hal itu, banyak perusahaan yang mengadakan pelatihan tidak hanya untuk karyawan atau staff, namun untuk para manajer. Namun memiliki kemampuan kepemimpinan dan menjadi manajer biasa adalah hal yang berbeda, perhatikan beberapa hal ini:

  • Apakah para manajer dan supervisor menyadari kemampuan kepemimpinan mereka masing-masing?
  • Sudahkah para manajer dan supervisor mengikuti pelatihan kepemimpinan?
Baca juga:  10 Jenis Profesi yang Penuh Tekanan Saat Ini

4. Komunikasi Vertikal

Komunikasi vertikal antara atasan dan bawahan adalah hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan. Hal ini termasuk pemberian feedback dua arah dari masing-masing pihak.

  • Apakah penggunaan survei mengenai perusahaan atau atasan membantu manajemen dalam pembuatan keputusan tertentu?
  • Apakah ada strategi khusus yang dijalankan untuk menggunakan ide dan pendapat karyawan (staff)?

Kesimpulan

Sebuah keterampilan tidak akan bisa berkembang tanpa adanya upaya tertentu, padahal setiap keterampilan perlu diidentifikasi, dikembangkan dan dioptimalkan.

Perusahaan yang dapat melakukan upaya tersebut kepada karyawannya akan menikmati hasil maksimal yang akan didapatkan.

Sumber:
Capterra: Gaining Competitive Advantage by Using Talent Management

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *