5 Keuntungan Menggunakan Cloud HRIS dalam Perusahaan

Back to Blog
cloud hris

Divisi HRD pada setiap perusahaan memegang beberapa tugas penting seperti rekrutmen, onboarding, manajemen kinerja (performance management), manajemen data karyawan dan sebagainya. Untuk memudah pekerjaan dan mempersingkat waktu, kini perusahaan mulai menggunakan Human Resource Information System (HRIS).

Ada sejumlah jenis HRIS yang bisa Anda pilih, namun jenis HRIS yang menjadi favorit adalah cloud HRIS. Apa alasannya?

Meningkatkan Fungsi Rekrutmen

Salah satu fungsi utama dalam divisi HRD adalah menjalankan rekrutmen dan juga onboarding untuk karyawan baru. Proses ini termasuk memeriksa CV, menjadwalkan wawancara, mengumpulkan feedback dan penilaian user hingga mempersiapkan bahan pelatihan.

Untuk menghindari eror dan meningkatkan keefektivitasan fungsi rekrutmen maka Anda patut mempertimbangkan penggunaan cloud HRIS. Software berbasis cloud ini dirancang untuk dapat diakses dari berbagai macam perangkat atau dengan kata lain secara online.

Di samping itu, cloud HRIS juga memungkinkan Anda untuk mendapat analisis data berkualitas. Misalnya, membandingkan data gaji atau pendidikan para kandidat untuk digunakan dalam bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan.

Meningkatkan Kepuasan Karyawan dan Efisiensi Bisnis

Kelebihan lain dari cloud HRIS adalah kemampuannya untuk mengotomatisasikan berbagai macam proses pengelolaan data. Sebut saja seperti data absen, izin, cuti, lembur, penilaian karyawan, data karyawan, kontrak dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Cara Memilih Aplikasi Penggajian Perusahaan Besar

Cloud HRIS memungkinkan Anda untuk mempersingkat semua pekerjaan tersebut, mengurangi pemakaian kertas, memperkecil tingkat eror dan kesalahan data. Lebih dari itu, penggunaan cloud HRIS juga otomatis menekan biaya pengeluaran yang tentu saja akan menguntungkan perusahaan.

Memperkuat Brand dan Reputasi Perusahaan

Terus berkembangnya sektor bisnis mengharuskan Anda mengupayakan berbagai macam hal agar dapat dikenal (brand awareness) oleh pasar dibandingkan kompetitor lainnya. Di sisi lain, pengimplementasian cloud HRIS untuk perusahaan Anda menunjukkan perbedaan dan kelebihan Anda.

Pertama, Anda memberi “signal” kepada investor, pelanggan, vendor dan juga publik bahwa Anda adalah brand yang patut diperhitungkan karena perusahaan Anda telah mengantongi visi untuk semakin berkembang di masa mendatang.

Kedua, penggunaan cloud HRIS merupakan indikasi yang menunjukkan kemampuan brand Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Update Software Otomatis

Memungkinkan Anda untuk terus mengikuti perkembangan yang ada. Umumnya perusahaan akan memperbarui kebijakan mereka setiap tahunnya, sehingga tentu saja perlu dilakukan penyesuaian dengan HRIS yang digunakan.

Dibandingkan HRIS biasa, cloud HRIS otomatis akan terupdate secara berkala, termasuk dalam penyesuaiannya dengan kebijakan terbaru.

Baca juga:  Cara Menghitung ROI dari Sistem Payroll Anda

Data Lebih Aman

Mungkin pernah terpikirkan oleh Anda mengenai keamanan data perusahaan ketika baru pertama kali memutuskan penggunaan HRIS. Pada kenyataannya data-data Anda akan lebih aman dalam penggunaan cloud HRIS.

Software ini dirancang untuk memberikan keamanan penuh dalam aspek penyimpanan data. Perlu diingat, data yang terenkripsi juga akan dikirim berdasarkan kebutuhan Anda.

Tidak semua orang bisa mengakses data perusahaan yang menggunakan cloud HRIS karena mengharuskan penggunaan ID dan kunci akses.

Sumber:
GetHppy: 5 Benefits Of Cloud-Based Solutions For The HR Industry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog