Indikator Kinerja Karyawan dan Berbagai Cara Untuk Meningkatkannya

Indikator Kinerja Karyawan dan Berbagai Cara Untuk Meningkatkannya

Kinerja karyawan merupakan tingkat kemampuan dan berbagai jenis hasil yang mampu dicapai oleh karyawan pada sebuah perusahaan.

Bekerja sebagai seorang karyawan tentu merupakan sebuah pekerjaan yang banyak diidamkan. Namun, tak semua karyawan memiliki tingkat kemampuan dan kinerja yang benar-benar mumpuni.

Setiap perusahaan tentu memiliki cara dan strateginya masing-masing untuk selalu meningkatkan kinerja para karyawannya.

Pada periode tertentu, perusahaan wajib memberikan tunjangan khusus atau reward-reward tertentu untuk semua karyawan.

Bahkan kenaikan gaji juga wajib diberikan secara berkala untuk seluruh karyawan. Dengan reward layak yang diberikan oleh perusahaan, diharapkan kinerja karyawan akan mengalami peningkatan.

Sedangkan mengenai standar yang ditetapkan pemerintah dalam hal peningkatan kesejahteraan karyawan juga sudah tertuang dalam UU ketenagakerjaan dimana setiap karyawan juga berhak atas berbagai fasilitas dengan hak yang akan diterima oleh setiap karyawan dan berbagai kewajiban yang tentunya harus dipenuhi oleh seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Untuk memastikan agar kinerja para karyawan mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat diterapkan oleh setiap perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawannya.

software untuk mengukur kinerja karyawan

Perjelas Aturan Perusahaan

Untuk memastikan agar karyawan memahami apa saja yang menjadi kewajiban dan juga apa yang menjadi haknya, sebaiknya setiap perusahaan memperjelas aturan yang berlaku selama masa kerja dengan karyawan berlangsung.

Bahkan perusahaan juga dapat menuangkan hal ini ke dalam berbagi aturan tambahan untuk para karyawannya.

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat digunakan perusahaan untuk memastikan agar para karyawan telah memahami apa saja yang menjadi aturan dari perusahaan tersebut.

Gunakan Sistem Kontrak

Gunakan Sistem Kontrak

Agar para karyawan mengetahui aturan apa saja yang harus dipatuhi dan dilakukan, sebaiknya perusahaan menerapkan sistem kontrak sehingga setiap poin yang harus dilakukan dapat dipahami dengan baik oleh para karyawan.

Pada penjelasan dari kontrak tersebut silahkan memperjelas setiap poin yang diinginkan oleh perusahaan dari para karyawan.

Jenjang Karir Seperti Apa yang Akan Diperoleh Karyawan

Jenjang Karir Seperti Apa yang Akan Diperoleh Karyawan

Dalam setiap jenjang karir yang akan dijalani oleh para karyawan, tentu karyawan berhak mendapatkan peningkatan karir yang jelas untuk setiap periode waktu tertentu.

Pada tahap ini sebaiknya pihak perusahaan memastikan bahwa para karyawan telah setuju dengan aturan mengenai gaji dan kenaikan pangkat yang akan didapatkan oleh setiap karyawan.

Sistem Reward and Punishment

Sistem Reward and Punishment

Untuk setiap langkah yang diambil oleh para karyawan dalam pekerjaan, pihak perusahaan sebaiknya menerapkan sistem reward untuk siapapun karyawan yang memiliki prestasi yang baik dalam hal kinerja.

Namun bilamana karyawan melanggar satu atau lebih poin perjanjian yang berlaku, maka pihak perusahaan berhak memberlakukan hukuman baik berupa pemotongan gaji ataupun pemotongan jatah cuti yang dimiliki oleh karyawan yang bersangkutan.

Cara ini merupakan salah satu langkah yang paling tepat untuk memastikan agar karyawan bekerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Bila aturan dan perjanjian telah disepakati, diharapkan kinerja karyawan akan menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Perusahaan yang baik tentu merupakan perusahaan yang memanusiakan karyawannya.

Meskipun begitu, aturan dan kejelasan untuk setiap poin perjanjian harus tetap diberlakukan untuk seluruh karyawan pada perusahaan tersebut.

Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia

Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia

Pelatihan dan peningkatan potensi sumber daya manusia merupakan bentuk dukungan kepada karyawan untuk memajukan dan meningkatkan kemampuan karyawan dalam berbagai hal.

Sebuah perusahaan wajib melakukan hal ini secara berkala kepada para karyawan dengan kinerja yang bagus.

Pelatihan seperti ini akan membuat karyawan menjadi lebih berpengalaman dan meningkatkan kemampuan dalam mengatur perusahaan sehingga para karyawan diharapkan mampu bersaing serta menjadi lebih produktif untuk perusahaan tersebut.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui metode pelatihan ialah:

Seminar dan Workshop

Seminar dan Workshop

Seminar dan workshop merupakan salah satu cara yang paling sering diberikan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Agar karyawan memperoleh sertifikat serta bekal kemampuan lain terkait dengan pekerjaan, maka sebaiknya perusahaan rutin memberikan pelatihan kepada para karyawannya.

Bila para karyawan memiliki kemampuan yang bagus dalam banyak bidang, diharapkan produktivitas karyawan tersebut untuk perusahaan juga akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Team Building

Team Building

Ada pepatah yang mengatakan bahwa tim yang solid akan membuahkan hasil yang maksimal. Nampaknya hal ini sangat tepat untuk diterapkan pada sebuah perusahaan.

Bila ingin memiliki karyawan dengan kinerja yang terus meningkat maka perusahaan tersebut sebaiknya melakukan berbagai kegiatan tim building secara rutin untuk seluruh karyawannya.

Tujuannya adalah supaya seluruh karyawan mampu menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik setelah menjalankan kegiatan team building.

Selain itu, cara ini juga sangat efektif untuk membuat para karyawan menjadi lebih solid karena kekompakan yang terbentuk antara satu karyawan dan karyawan yang lain.

Diharapkan dengan memiliki tim yang solid maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan dengan karyawan yang sangat produktif dan sehat secara jasmani dan rohani.

Evaluasi Berkala Untuk Semua Karyawan

Evaluasi Berkala Untuk Semua Karyawan

Cara lain untuk meningkatkan kinerja seluruh karyawan pada sebuah perusahaan ialah dengan memberikan langkah evaluasi untuk seluruh karyawan.

Evaluasi yang dimaksud ialah dengan memberikan penilaian kinerja kepada karyawan dan memberikan nilai-nilai tertentu berdasarkan apa saja hal yang sudah dicapai oleh karyawan tersebut.

Beberapa keuntungan mengadakan evaluasi secara berkala untuk para karyawan ialah:

Perkembangan Karyawan

Perkembangan Karyawan

Salah satu keuntungan yang akan diperoleh dengan melakukan evaluasi berkala ialah melihat apakah karyawan mengalami perkembangan ataukah penurunan kinerja selama periode tersebut.

Dari evaluasi tersebut juga dapat dilihat apakah karyawan tersebut layak mendapatkan reward berupa hadiah atau peningkatan gaji dari pihak perusahaan.

Dasar Pengambilan Keputusan

Dasar Pengambilan Keputusan

Bila sebuah perusahaan secara rutin melakukan evaluasi kepada para karyawannya, hal ini juga dapat menjadi sebuah dasar pengambilan keputusan untuk perusahaan.

Pengambilan keputusan dapat berupa banyak hal, yaitu diantaranya adalah keputusan kenaikan pangkat ataukah perpanjangan kontrak yang biasa dilakukan oleh perusahaan setiap periode tertentu. Sangat disarankan bagi perusahaan untuk selalu memantau kinerja karyawan.

Bukan hanya sebatas melihat apa saja yang dikerjakan oleh para karyawan namun juga terus melihat apakah para karyawan tersebut telah memenuhi kriteria yang ditetapkan perusahaan.

Bila karyawan mengalami peningkatan kemampuan yang signifikan, tak ada salahnya bagi perusahaan untuk memberikan reward yang layak untuk para karyawan guna memberikan motivasi lebih bagi mereka untuk kembali meningkatkan kemampuannya di masa mendatang.

Perusahaan yang baik tentu merupakan perusahaan yang mampu memberikan ruang bagi para karyawannya untuk memberikan kemampuan terbaiknya.

Bila karyawan ingin mengembangkan kemampuannya, perusahaan wajib memberikan ruang untuk itu.

Selain itu, kinerja karyawan juga akan menjadi lebih baik bila ada dukungan yang konsisten dari pihak perusahaan untuk mereka mengembangkan

kemampuannya secara berkala dan menjadikan perusahaan tersebut semakin besar dan produktif.

 

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *