Cara Menjadi Konsultan HR Handal untuk Perusahaan

konsultan hr

Human Resources (HR) dalam sebuah organisasi atau perusahaan memiliki tanggung jawab dalam segala aspek yang berhubungan dengan sumber daya manusia (SDM) atau dengan kata lain para karyawan.

Sementara itu, yang dimaksud dengan konsultan HR adalah mereka yang bekerja dan bertanggung jawab untuk menangani sebuah perusahaan dalam mengatasi isu atau masalah besar.

Ada beberapa cakupan tugas yang menjadi tanggung jawab seorang konsultan HR, diantaranya HR Planning, Recruitment, Compensation, Performance Management, Training & Development, Organization Development, dan sebagainya.

Sebagai contoh, konsultan HRD diperlukan oleh sebuah perusahaan baru yang membutuhkan bantuan untuk mengurus administrasi terkait legal hukum, peraturan ketenagakerjaan hingga peraturan perusahaan secara umum.

Bahkan dalam kasus tertentu, konsultan HR dipekerjakan untuk mengubah struktur organisasi sebuah perusahaan. Agar pemahaman Anda mengenai profesi ini lebih jelas, simak ulasan berikut ini.

Apa yang Dilakukan Konsultan HR?

Konsultan dalam bidang HR harus mahir menggunakan komputer, memahami akuntansi, penjualan, pemasaran, keuangan dan tentu saja manajemen sumber daya manusia. Semua kemampuan ini dibutuhkan untuk memahami masalah yang ada sepenuhnya dan mencari solusi terbaik.

Di samping itu, mereka yang mengemban profesi ini juga harus menguasai pengetahuan tentang perundang-undangan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.

Beberapa pekerjaan yang dilakukan antara lain:

  • Memberi saran kepada manajemen mengenai kebijakan dan prosedur pengelolaan sumber daya manusia
  • Menganalisa program HR perusahaan/organisasi klien dan memberikan saran atau solusi
  • Mengembangkan, memperbaiki dan mengimplementasikan peraturan dan prosedur HRD
  • Memastikan program HR sesuai dengan peraturan pemerintah atau UU Ketenagakerjaan
  • Mempersiapkan dan mengurus laporan terkait pekerjaan HRD
  • Membantu pengembangan dan pengkoordinasian workflow yang telah direkomendasikan
  • Mengembangkan metode untuk mengumpulkan dan menganalisis data laporan
  • Melakukan audit aktivitas SDM
  • Mempresentasikan sesi pelatihan yang terkait dengan program SDM tertentu
Baca juga:  6 Kesalahan Rekrutmen Karyawan di Perusahaan

Syarat Menjadi Seorang Konsultan HR

Dalam mengembangkan kemampuan dan pengetahuan, konsultan HR yang baik harus memenuhi beberapa syarat berikut ini:

Percaya Diri

Profesi ini menuntut setiap orang yang menjalankannya agar percaya dan yakin pada diri mereka sendiri untuk bisa menyalurkan pengetahuan mereka kepada orang lain.

Menguasai Pengetahuan Teori dan Praktik

Seorang konsultan HRD harus memiliki pengetahuan tertentu untuk mengerti apa solusi yang dapat diterapkan untuk setiap kasus yang ada.

Mampu Menjelaskan Konsep dan Ide dengan Cara yang Mudah Dimengerti

Tidak hanya menguasai pengetahuan yang dibutuhkan saja, melainkan seorang konsultan HR harus bisa menyampaikan konsep, ide dan penjelasan lain kepada klien agar mudah dimengerti.

Mampu untuk Berimprovisasi

Mengingat dunia kerja selalu berubah dan berkembang, maka konsultan HR juga harus bisa berpikir jauh ke depan dan berimprovisasi menyesuaikan saran yang diberikan dengan kondisi yang ada.

Dapat Menjadi Pendengar yang Baik

Untuk mengerti sepenuhnya tentang permasalahan yang dihadapi klien, konsultan HR harus bisa menjadi seorang pendengar yang baik dengan fokus mendengarkan setiap kebutuhan klien.

Bisa Dipercaya

Konsultan HR harus bisa membangun hubungan yang baik dengan kliennya, oleh karenanya mereka harus mendapat kepercayaan para klien.

Baca juga:  9 Skill Penting Human Resources Management

Cara Menjadi Konsultan HR

Agar bisa menjadi seorang konsultan HR yang sukses, Anda harus mengenyam pendidikan khusus dan memiliki banyak pengalaman. Karir di bidang HR biasanya dimulai dengan kepemilikan gelar Sarjana dalam bidang administrasi bisnis, manajemen bisnis, keuangan, sumber daya manusia atau bidang lainnya yang relevan.

Persaingan yang ketat kemudian mendorong para pemula untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu gelar S2 dengan bidang yang relevan dengan dunia HR.

Jurusan atau bidang yang banyak dipilih adalah Human Resource Management. Jurusan ini akan memberikan Anda pengetahuan mendalam tentang HR, konsep bisnis, keuangan, kepemimpinan, marketing, manajemen dan sebagainya.

Di samping itu, para ahli HR biasanya berupaya untuk mendapatkan sertifikat tertentu seperti:

Human Resource Management Institute (HRMI) – Certified Human Resources Consultant (CHRC)

National Academy of Management Consultants (NAMC) – Certified Resources Analyst, Human Resource Certification

Sumber:
HumanResourcesEdu: How to Become an HR Consultant

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *