Kenali Penipuan Investasi Berkedok Koperasi Simpan Pinjam

koperasi simpan pinjam

Koperasi tidak hanya melakukan usaha untuk menyediakan barang dan jasa bagi anggotanya. Koperasi juga menyediakan jasa investasi.

Salah satu koperasi yang menyediakan jasa ini adalah koperasi simpan pinjam. Koperasi simpan pinjam melayani investasi yang bisa diikuti oleh siapapun.

Meskipun begitu, Anda harus tetap berhati-hati ketika akan berinvestasi di koperasi simpan pinjam. Dikarenakan saat ini semakin banyak modus penipuan investasi yang berkedok koperasi simpan pinjam.

Untuk menghindari ikut investasi bodong, Anda perlu mengenali ciri-ciri modus penipuan investasi berkedok koperasi simpan pinjam.

Banner KaryaOne - Payroll Software Indonesia

Iming-iming Bunga Tinggi

Ciri-ciri pertama modus penipuan investasi koperasi yang harus Anda waspadai adalah iming-iming bunga yang tinggi.

Iming-iming tersebut biasanya dijanjikan akan didapatkan dalam waktu yang singkat. Banyak sekali masyarakat yang tergiur dengan janji-janji tersebut.

Jika Anda ditawari investasi seperti ini oleh koperasi apapun, jangan langsung percaya. Karena hal ini bukanlah sesuatu yang wajar.

Tidak ada investasi yang menghasilkan bunga yang tinggi hanya dalam waktu yang singkat. Besaran bunga investasi sudah diatur oleh Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika anda ditawari bunga yang tinggi, Anda bisa langsung mengecek di website Bank Indonesia atau di website resmi Otoritas Jasa Keuangan.

Jika bunga yang ditawarkan berjumlah lebih besar daripada yang sudah diatur oleh Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan, maka Anda harus waspada terhadap tawaran investasi tersebut.

Tidak Terdaftar Resmi

Sebelum memutuskan untuk ikut berinvestasi dalam sebuah koperasi simpan pinjam, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah koperasi tersebut sudah terdaftar secara resmi.

Jangan sampai Anda langsung memutuskan ikut investasi tanpa memeriksa terlebih dahulu mengenai koperasi tersebut.

Saat ini semakin banyak pihak yang berkedok sebagai koperasi simpan pinjam untuk mencari korban agar terbujuk ikut investasi bodong.

Oleh karena itu, Anda harus bersikap cerdas supaya tidak tertipu dengan investasi berkedok koperasi simpan pinjam tersebut.

Anda bisa mengecek ijin resmi koperasi tersebut melalui website resmi www.awasikoperasi.depkop.go.id. Kemudian Anda tinggal memasukkan nama koperasi tersebut di website tersebut.

Lalu akan muncul hasilnya, jika ternyata koperasi yang anda masukkan itu sudah terdaftar maka hasilnya akan keluar nama koperasi tersebut.

Tetapi jika koperasi tersebut tidak terdaftar maka hasilnya tidak akan muncul nama koperasi tersebut.

Meminta Transferan Uang

Salah satu trik lainnya dalam modus penipuan ini adalah meminta transfer sejumlah uang. Transferan tersebut akan dijadikan alasan untuk membayar produk investasi yang ditawarkan.

Jika Anda sudah ditawari hal seperti ini maka Anda harus waspada. Karena tidak ada investasi yang meminta transferan sejumlah uang kecuali untuk membayar investasi tersebut.

Jika Anda diminta untuk transfer sejumlah uang, maka Anda tidak perlu melakukannya. Anda bisa langsung menolak tawaran investasi tersebut.

Jangan tergiur dengan tawaran menarik yang ditawarkan saat Anda diminta untuk transfer sejumlah uang tersebut.

Bahkan saat ini tidak sedikit investasi bodong yang meminta sertifikat penting Anda. Jika hal itu menimpa Anda, Anda bisa langsung melaporkannya ke pihak berwajib untuk segera ditangani.

Investasi merupakan suatu tawaran yang sangat menarik. Banyak keuntungan yang didapatkan dari sebuah investasi.

Meskipun begitu, Anda tetap harus waspada dan berhati-hati saat akan melakukan investasi.

Pastikan Anda memilih koperasi simpan pinjam yang sudah terdaftar secara resmi, atau bisa dengan memilih lembaga investasi lainnya yang sudah terpercaya.

Sumber : kompasiana.com

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *