10 Kualitas yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

kualitas pemimpin

Bukan hal yang mudah untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang baik. Banyak dan beratnya tanggungjawab yang harus dilakukan seorang pemimpin belum tentu bisa dijalani oleh setiap orang.

Dibutuhkan sosok pekerja keras yang wajib memiliki tanggung jawab, kualitas tinggi dan jiwa kepemimpinan untuk menjadi seorang pemimpin. Setidaknya ada beberapa kualitas yang wajib dimiliki seorang pemimpin:

1. Fokus

Tim Ferris seorang penulis buku mengatakan, untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, Anda tidak bisa menjadi mayoritas dalam hal minoritas. Sebaiknya Anda tidak terlalu diperhatikan oleh pesaing (bisnis) Anda.

Untuk mengatasi masalah yang kritis, seorang pemimpin yang baik harus fokus untuk mengembangkan pilihan-pilihan yang ada dan tidak terganggu faktor luar lainnya. “Jika tidak maka Anda akan tenggelam,” kata Ferris.

2. Percaya Diri

Seorang pemimpin menanamkan rasa percaya dirinya dengan memiliki visi yang jelas, menunjukkan empati dan menjadi panutan yang kuat. Tunjukkan penampilan yang tegas namun tidak angkuh dan tetap mementingkan kemurahan hati. Hal itu akan memberikan Anda rasa hormat dari orang lain.

3. Transparansi

Untuk mendapatkan kepercayaan dari tim atau kelompok, maka Anda harus bersikap transparan. Jangan menutupi hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan sehingga secara tidak langsung memberikan Anda kebebasan dan konsistensi untuk memimpin.

Baca juga:  7 Cara Menjadi Pemimpin Perusahaan yang Baik

Karyawan juga dengan leluasa mengetahui apa yang akan mereka dapatkan atau harus dilakukan sebagaimana mestinya.

4. Integritas

Karyawan dapat dikatakan sebagai cerminan dari nilai-nilai yang dilakukan pemimpinnya. Jika Anda memimpin dan bekerja dengan integritas yang baik, maka Anda akan mendapat tim yang berkualitas.

5. Inspirasi

Refleksikan diri dan belajar dari orang lain yang menginspirasi Anda dalam bidang serupa. Minta nasehat dan kiat-kiat dari mereka untuk menumbuhkan semangat dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda. Setelah beberapa waktu, Anda kemudian bisa menjadi inspirasi pula bagi orang lain dan karyawan Anda.

6. Passion

Anda harus mencintai apa yang Anda lakukan. Untuk berhasil dalam sesuatu, Anda harus terobsesi untuk mencapai tujuan tersebut. Jangan pernah kehilangan semangat dan gairah walaupun bisnis Anda sudah sukses. Selain itu jangan pernah puas untuk terus meningkatkan dan memperluas bisnis Anda.

7. Inovasi

Inovasi diperlukan tidak hanya untuk sebuah kesuksesan, namun juga kelangsungan hidup perusahaan Anda. Semua usaha dan sistem membutuhkan inovasi setiap waktunya, baik inovasi pemikiran, teknologi ataupun struktur organisasi.

8. Kesabaran

Pada dasarnya, kesabaran adalah sebuah keberanian yang akan menguji komitmen Anda terhadap tujuan yang telah ditetapkan. Tidak ada jalan pintas untuk menuju kesuksesan, namun seorang pemimpin yang baik akan mengerti semua halangan dan rintangannya, serta apa yang harus ia lakukan untuk mengatasi itu.

Baca juga:  Cara Memberikan Reward Kepada Karyawan

9. Tahan Banting

Semua orang pernah mengalami hari buruk dalam hidupnya, termasuk Anda. Baik itu berhubungan dengan keuangan, kegagalan tak terduga, pesaing dan lain sebagainya. Pemimpin yang “tahan banting” akan menerima dengan baik atau bahkan mengantisipasinya terlebih dulu sehingga tidak akan panik.

Latih diri dan pikiran Anda untuk mempertimbangkan skenario atau kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada bisnis Anda dan pelajari cara mengatasinya.

10. Otentik

Setiap pemimpin besar di dunia memiliki keaslian dalam pekerjaan dan kemampuannya masing-masing. Silakan belajar dari orang lain dan otobiografi sosok pemimpin favorit Anda, namun ingat untuk tidak pernah kehilangan suara, opini dan keputusan yang Anda buat sendiri.

Sumber:
Entrepreneur: 22 Qualities That Make a Great Leader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *