Pentingnya Laporan Absensi Karyawan

Back to Pos

Laporan absensi adalah laporan yang berkaitan dengan kehadiran karyawan di perusahaan. Laporan ini memuat kapan karyawan hadir dan kapan karyawan absen bekerja.

Di samping itu, laporan absensi karyawan juga memuat informasi tentang waktu hadir dan pergi karyawan. Termasuk mencatat informasi tentang kerja lembur.

Namun sayangnya, masih banyak perusahaan yang belum membuat laporan tersebut dengan tepat. Laporan seringkali dibuat seadanya dengan data yang tidak akurat.

Padahal, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari membuat laporan absensi karyawan dengan tepat. Berikut ini ulasan tentang pentingnya laporan absensi karyawan.

Aplikasi HR Berbasis Cloud KaryaOne

Membantu memastikan kegiatan operasional perusahaan

Penting bagi perusahaan untuk selalu memastikan bahwa kegiatan operasional perusahaan berjalan sebagaimana mestinya.

Ada banyak hal yang bisa digunakan untuk mengecek keefektifan kegiatan operasional perusahaan, namun laporan absensi telah terbukti efektif untuk memastikan kegiatan operasional perusahaan berjalan lancar atau tidak.

Dari laporan absensi karyawan Anda bisa mengetahui berapa jumlah karyawan yang hadir setiap harinya, hari dengan tingkat kehadiran paling rendah, hingga berapa jumlah karyawan yang melakukan kerja lembur.

Laporan tersebut akan membantu Anda apakah kegiatan operasional sudah sesuai atau justru memerlukan evaluasi.

Melacak SDM yang sesuai dengan perusahaan

Ada kalanya karyawan yang sudah bekerja di perusahaan memiliki kinerja yang di luar ekspektasi Anda saat merekrut mereka.

Namun hal tersebut pun kadang tidak bisa diidentifikasi secara gamblang. Ada banyak indikator yang bisa dijadikan pertimbangan untuk menentukan apakah seorang karyawan sedang under performance atau tidak. Nah, laporan absensi karyawan adalah salah satunya.

Laporan absensi karyawan memuat data tentang daftar karyawan yang absen, baik itu dengan alasan maupun tidak. Di samping itu, juga berisi informasi tentang waktu datang dan pergi karyawan.

Artinya, Anda bisa tahu siapa saja karyawan yang datang tepat waktu. Ketepatan waktu bisa menjadi indikator apakah karyawan memang bekerja sesuai dengan porsinya atau tidak.

Pertimbangan untuk promosi

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, laporan absensi juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk promosi karyawan. Anda tentu menginginkan karyawan terbaik untuk menduduki posisi strategis di perusahaan.

Memilih karyawan yang underperformed untuk dipromosikan jelas akan memengaruhi performa perusahaan secara keseluruhan.

Karyawan underperformed bisa diidentifikasi lewat laporan absensi. Semakin banyak absen maka semakin besar kemungkinan karyawan untuk underperformed.

Bukan hanya itu, laporan absensi juga bisa menjadi indikator tanggung jawab karyawan. Karyawan yang rajin dan datang tepat waktu berarti berhasil menunjukkan tanggung jawabnya terhadap perusahaan.

Karyawan yang tanggung jawab terhadap tugasnya berhak atas promosi kenaikan jabatan.

Payroll yang lebih akurat

Gaji adalah hak karyawan dan merupakan kewajiban perusahaan. Sebagai sebuah hak, gaji harus diberikan dengan nominal sesuai dengan ketentuan yang disepakati oleh kedua belah pihak (karyawan dan perusahaan).

Agar gaji yang diberikan kepada karyawan tetap selaras, Anda bisa berpedoman pada laporan absensi. Karyawan yang sering absen tanpa alasan jelas tentu tidak berhak atas gaji penuh seperti karyawan lainnya.

Begitu pula dengan karyawan yang mengambil kerja lembur, jelas harus diberi tunjangan yang sesuai. Dengan begitu, payroll yang diberikan pun bisa lebih akurat.

Ternyata laporan absensi karyawan bukan sebatas daftar kehadiran saja. Dari laporan absensi karyawan, Anda bisa mendapatkan banyak informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan perusahaan, mulai dari masalah gaji hingga kemungkinan promosi.

Tanpa adanya laporan absensi yang baik, informasi tersebut tentu akan sulit didapat. Untuk itu, pastikan Anda melakukan pengelolaan laporan absensi dengan baik di perusahaan.

Sumber : mitrefinch.com

____________

KaryaOne adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

Banner KaryaOne - Solusi Manajemen Absensi, Penggajian dan Manajemen Kinerja Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos