Loyalitas, Pengertian, Indikator dan Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Mayoritas pelaku usaha  pasti setuju dengan pendapat bahwa dalam sebuah bisnis, hal yang paling utama  bukanlah tentang meningkatkan penjualan atau  mencapai target yang diinginkan  .

Tapi bisnis adalah tentang mendapatkan pelanggan dan juga menjaga loyalitas dari pelanggan yang dimiliki.  Karena percuma jika hanya mengejar target penjualan semata, Semua perusahaan tentu mampu melakukannya, Tapi untuk urusan menjaga loyalitas, hal itu tentu sudah sangat berbeda.

Menjaga loyalitas jauh lebih berharga dibanding  hanya berfokus pada seberapa banyak produk yang mampu dijual setiap harinya. Karena  dengan menjaga loyalitas pelanggan, itu artinya  kita sedang menjaga bisnis tersebut tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Banner KaryaOne - Software Talent Management TerbaikTugas berat dari membangun sebuah bisnis  adalah menjaga loyalitas pelanggan tetap berada pada level tertinggi. Yaitu dimana mereka akan tetap setia membeli, menggunakan bahkan setia menunggu munculnya produk baru dari  merek dan brand yang telah mereka percayai.

Karena  begitu berharganya loyalitas pelanggan dalam sebuah bisnis . Banyak orang berkata jika loyalitas adalah  sesuatu yang tak ternilai  harganya, karena dia  tidak dapat dibeli dengan uang.

Pengertian Loyalitas

Loyalitas adalah sebuah ungkapan kata yang berasal dari kata “Loyal”  yang merupakan  bahasa Perancis kuno lokal yang berarti mutu dari sikap setia.

Dalam kamus bahasa Inggris Oxford Dictionary, Loyalitas diartikan dengan  The quality of being loyal.  Dimana loyal disini didefinisikan dengan  giving or showing firm constant support or allegiance to a person or institution 

Jika diartikan secara umum dan luas , maka loyalitas berarti sebagai kesetian dan dukungan penuh dan konstan pada sebuah institusi atau pada seseorang secara teguh dan juga terus menerus.

Loyalitas bersifat emosional. Dan  terdapat banyak hal yang mempengaruhi sebuah loyalitas seseorang. Termasuk loyalitas seseorang  sebagai karyawan, dan juga  seorang customer setia sebuah brand atau produk.

Istilah loyalitas biasa dipakai pada bidang bisnis , pemasaran, dan organisasi. Pada bidang bisnis dan pemasaran , arti loyalitas adalah kemauan dari konsumen atau pelanggan untuk terus melakukan pembelian secara kontinyu dan juga konsisten serta menggunakan produk  dari perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Dengan diikuti adanya sikap untuk merekomendasikan kepada orang lain di masa  yang akan datang.

Pengertian Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan adalah aset terbesar dari sebuah  merek, jasa, perusahaan ataupun brand. Karena dengan ini , setiap perusahaan telah memiliki investasi berupa  konsumen setia yang  akan selalu bersedia menunggu produk terbaru yang mereka keluarkan. Bahkan rela mengantri untuk mendapatkan produk  baru yang sedang dirilis.

Dengan memanfaatkan loyalitas pelanggan, sebuah perusahaan juga  memiliki kesempatan meraih  perhatian lebih dari customer setianya. Yaitu sebuah kepercayaan.

Jika  seorang pelanggan telah mempercayai sebuah  produk yang mereka anggap berkualitas dan sesuai harapan. Maka dipastikan mereka  akan tetap setia dan tidak akan berpindah meski  di kemudian hari akan terus bermunculan produk, jasa , atau brand baru yang mungkin jauh lebih baik dari yang sedang mereka gunakan saat ini.

Dimana ini adalah level tertinggi seorang pelanggan dalam melihat sebuah produk  . Sebuah kepercayaan dan loyalitas tanpa batas.

aplikasi smartphone karyaoneIndikator Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan adalah segalanya. Namun dalam kenyataannya tidak mudah untuk menentukan seberapa tinggi loyalitas pelanggan yang sebenarnya. Namun ada beberapa hal yang dapat digunakan  sebagai indikator dalam mengetahui  loyalitas seorang pelanggan diantaranya adalah sebagai berikut

1. Repeat Purchase

Kesetiaan terhadap pembelian produk yang dilakukan secara  berulang ulang

2. Retention

Ketahanan terhadap pengaruh negatif  mengenai perusahaan, brand, ,merek atau jasa yang mereka gunakan

3. Referrals

Mereferensikan secara total  eksistensi Perusahaan, merek, brand produk yang mereka gunakan. Selain ketiga hal utama diatas , masih ada faktor lain yang dapat digunakan untuk acuan indikator loyalitas pada pelanggan.

Indikator di bawah dapat dijadikan acuan seberapa tinggi loyalitas seorang pelanggan pada sebuah produk, jasa maupun  merek tertentu yang mereka gunakan atau mereka beli.  Faktor tersebut diantaranya adalah  sebagai berikut:

4. Satisfaction

Adanya tingkat kepuasan yang tinggi atau satisfaction yang dirasakan oleh pelanggan/konsumen

5. Emotional Bonding

Adanya ikatan emosional atau emotional bonding di antara konsumen dengan produk. Misalkan suatu merek bisa mencerminkan karakteristik dari konsumen.

6. Trust

Adanya kepercayaan atau trust yang tinggi dari konsumen pada merek atau perusahaan untuk melakukan fungsi tertentu.

7. Choice Reduction/Habit

Adanya kemudahan yang dirasakan oleh para konsumen sehingga membuatnya merasa nyaman dan menjadi setia. Seperti kemudahan dalam transaksi. Hal ini disebut juga dengan faktor choice reduction and habit.

8. History of C

Pengalaman dengan perusahaan yang dialami oleh seseorang sehingga mempengaruhi perilaku dari orang tersebut. Saat konsumen mempunyai pengalaman yang menyenangkan dengan perusahaan, sehingga konsumen tersebut cenderung ingin mengulangi pengalaman tersebut. Faktor ini disebut dengan History of C

Sehingga secara garis besar, Loyalitas pelanggan ditentukan pada bagaimana mereka mampu mempercayai sebuah produk , jasa, brand hingga  memenuhi ekspektasi yang mereka harapkan. Dan  ketika harapan dan tujuan mereka dalam penggunaan sebuah produk  telah tercapai. .

Maka secara tidak langsung mereka akan terus membeli bahkan merekomendasikannya pada orang lain. Karena mereka merasakan manfaat , ikatan emosi, hingga  kemudahan yang betul – betul dapat mereka rasakan secara nyata.

Aplikasi cuti dan izin onlineCara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Setelah pada akhirnya memiliki banyak pelanggan yang loyal pada produk yang dimiliki. Tugas selanjutnya adalah mempertahankan mereka agar  tetap pada level yang diinginkan . Dan ini bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan strategi yang  tepat agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Program loyalitas adalah salah satu cara  yang  dapat digunakan untuk mempertahankan pelanggan lama  Berikut beberapa  cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan lama anda tetap terjaga.

1. Memberikan Membership Card

Pemberian membership card  adalah salah satu cara  paling mudah dan efektif  untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Secara tidak langsung membership cad ini  dapat digunakan untuk melacak data seberapa banyak pelanggan setia yang telah dimiliki

Disamping itu, membership card memang memiliki daya tarik tersendiri untuk beberapa orang, karena mereka tahu jika membership card tidak hanya sekedar kartu basa. Selalu kartu ini mereka berpotensi mendapatkan banyak bonus dan juga keuntungan, Seperti potongan harga, dan juga voucher serta hadiah di momen tertentu.

2. Memberikan Spesial Poin

Sama halnya dengan membership card yang menawarkan hal  tertentu, pemberian spesial poin ini juga menjadi salah satu strategi yang ampuh dalam meningkatkan loyalitas setiap pelanggan.

Secara tidak langsung pelanggan akan memahami  bahwa dengan jumlah poin tertentu mereka akan mendapatkan  hadiah atau reward yang telah disiapkan.,   Meea paham jia pin yang didapatkan dapat ditukarkan jika telah mencapai jumlah tertentu.

Hal ini dapat memicu pelanggan untuk membeli lebih demi mendapatkan hadiah yang menjadi incaran mereka.

3. Bonus dan Penawaran Tertentu

Salah satu hal yang tidak dapat ditolak oleh setiap pelanggan  adalah adanya bonus dan diskon  pada apa yang mereka beli dan gunakan.

Karena mereka merasa bahwa ada keuntungan yang mereka dapatkan ketika melakukan pembelian.. Pemberian bonus pada pelanggan baru adalah salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas mereka secara bertahap.

Kemudian berikan juga penawaran khusus pada produk tertentu  untuk pelanggan baru atau konsumen setia, berupa free gift atau produk lain yang dijadikan reward jika mereka membeli dalam jumlah tertentu.

Loyalitas pelanggan adalah aset sekaligus investasi abadi sebuah perusahaan . Karena loyalitas merekalah  yang  menjadi alasan sebuah bisnis tetap berjalan.

Adanya loyalitas yang tinggi dari pelanggan membuktikan jika kualitas dari produk yang dihasilkan betul- betul berguna dan dapat dirasakan manfaatnya. Sehingga  selalu mendapatkan tempat yang spesial dihati setiap konsumennya serta selalu ditunggu kehadirannya.

Referensi : The ultimate guide to customer loyalty

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *