Mayoritas pelaku usaha pasti setuju dengan pendapat bahwa dalam sebuah bisnis, hal yang paling utama bukanlah tentang meningkatkan penjualan atau mencapai target yang diinginkan .
Tapi bisnis adalah tentang mendapatkan pelanggan dan juga menjaga loyalitas dari pelanggan yang dimiliki. Karena percuma jika hanya mengejar target penjualan semata, Semua perusahaan tentu mampu melakukannya, Tapi untuk urusan menjaga loyalitas, hal itu tentu sudah sangat berbeda.
Menjaga loyalitas jauh lebih berharga dibanding hanya berfokus pada seberapa banyak produk yang mampu dijual setiap harinya. Karena dengan menjaga loyalitas pelanggan, itu artinya kita sedang menjaga bisnis tersebut tetap berjalan sebagaimana mestinya.
Tugas berat dari membangun sebuah bisnis adalah menjaga loyalitas pelanggan tetap berada pada level tertinggi. Yaitu dimana mereka akan tetap setia membeli, menggunakan bahkan setia menunggu munculnya produk baru dari merek dan brand yang telah mereka percayai.
Karena begitu berharganya loyalitas pelanggan dalam sebuah bisnis . Banyak orang berkata jika loyalitas adalah sesuatu yang tak ternilai harganya, karena dia tidak dapat dibeli dengan uang.
Daftar Isi
Pengertian Loyalitas
Loyalitas adalah sebuah ungkapan kata yang berasal dari kata “Loyal” yang merupakan bahasa Perancis kuno lokal yang berarti mutu dari sikap setia.
Dalam kamus bahasa Inggris Oxford Dictionary, Loyalitas diartikan dengan The quality of being loyal. Dimana loyal disini didefinisikan dengan giving or showing firm constant support or allegiance to a person or institution
Jika diartikan secara umum dan luas , maka loyalitas berarti sebagai kesetian dan dukungan penuh dan konstan pada sebuah institusi atau pada seseorang secara teguh dan juga terus menerus.
Loyalitas bersifat emosional. Dan terdapat banyak hal yang mempengaruhi sebuah loyalitas seseorang. Termasuk loyalitas seseorang sebagai karyawan, dan juga seorang customer setia sebuah brand atau produk.
Istilah loyalitas biasa dipakai pada bidang bisnis , pemasaran, dan organisasi. Pada bidang bisnis dan pemasaran , arti loyalitas adalah kemauan dari konsumen atau pelanggan untuk terus melakukan pembelian secara kontinyu dan juga konsisten serta menggunakan produk dari perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Dengan diikuti adanya sikap untuk merekomendasikan kepada orang lain di masa yang akan datang.
Pengertian Loyalitas Pelanggan
Loyalitas pelanggan adalah aset terbesar dari sebuah merek, jasa, perusahaan ataupun brand. Karena dengan ini , setiap perusahaan telah memiliki investasi berupa konsumen setia yang akan selalu bersedia menunggu produk terbaru yang mereka keluarkan. Bahkan rela mengantri untuk mendapatkan produk baru yang sedang dirilis.
Dengan memanfaatkan loyalitas pelanggan, sebuah perusahaan juga memiliki kesempatan meraih perhatian lebih dari customer setianya. Yaitu sebuah kepercayaan.
Jika seorang pelanggan telah mempercayai sebuah produk yang mereka anggap berkualitas dan sesuai harapan. Maka dipastikan mereka akan tetap setia dan tidak akan berpindah meski di kemudian hari akan terus bermunculan produk, jasa , atau brand baru yang mungkin jauh lebih baik dari yang sedang mereka gunakan saat ini.
Dimana ini adalah level tertinggi seorang pelanggan dalam melihat sebuah produk . Sebuah kepercayaan dan loyalitas tanpa batas.
Indikator Loyalitas Pelanggan
Loyalitas pelanggan adalah segalanya. Namun dalam kenyataannya tidak mudah untuk menentukan seberapa tinggi loyalitas pelanggan yang sebenarnya. Namun ada beberapa hal yang dapat digunakan sebagai indikator dalam mengetahui loyalitas seorang pelanggan diantaranya adalah sebagai berikut
1. Repeat Purchase
Kesetiaan terhadap pembelian produk yang dilakukan secara berulang ulang
2. Retention
Ketahanan terhadap pengaruh negatif mengenai perusahaan, brand, ,merek atau jasa yang mereka gunakan
3. Referrals
Mereferensikan secara total eksistensi Perusahaan, merek, brand produk yang mereka gunakan. Selain ketiga hal utama diatas , masih ada faktor lain yang dapat digunakan untuk acuan indikator loyalitas pada pelanggan.
Indikator di bawah dapat dijadikan acuan seberapa tinggi loyalitas seorang pelanggan pada sebuah produk, jasa maupun merek tertentu yang mereka gunakan atau mereka beli. Faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
4. Satisfaction
Adanya tingkat kepuasan yang tinggi atau satisfaction yang dirasakan oleh pelanggan/konsumen
5. Emotional Bonding
Adanya ikatan emosional atau emotional bonding di antara konsumen dengan produk. Misalkan suatu merek bisa mencerminkan karakteristik dari konsumen.
6. Trust
Adanya kepercayaan atau trust yang tinggi dari konsumen pada merek atau perusahaan untuk melakukan fungsi tertentu.
7. Choice Reduction/Habit
Adanya kemudahan yang dirasakan oleh para konsumen sehingga membuatnya merasa nyaman dan menjadi setia. Seperti kemudahan dalam transaksi. Hal ini disebut juga dengan faktor choice reduction and habit.
8. History of C
Pengalaman dengan perusahaan yang dialami oleh seseorang sehingga mempengaruhi perilaku dari orang tersebut. Saat konsumen mempunyai pengalaman yang menyenangkan dengan perusahaan, sehingga konsumen tersebut cenderung ingin mengulangi pengalaman tersebut. Faktor ini disebut dengan History of C
Sehingga secara garis besar, Loyalitas pelanggan ditentukan pada bagaimana mereka mampu mempercayai sebuah produk , jasa, brand hingga memenuhi ekspektasi yang mereka harapkan. Dan ketika harapan dan tujuan mereka dalam penggunaan sebuah produk telah tercapai. .
Maka secara tidak langsung mereka akan terus membeli bahkan merekomendasikannya pada orang lain. Karena mereka merasakan manfaat , ikatan emosi, hingga kemudahan yang betul – betul dapat mereka rasakan secara nyata.
Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Setelah pada akhirnya memiliki banyak pelanggan yang loyal pada produk yang dimiliki. Tugas selanjutnya adalah mempertahankan mereka agar tetap pada level yang diinginkan . Dan ini bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan strategi yang tepat agar mendapatkan hasil yang memuaskan.
Program loyalitas adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempertahankan pelanggan lama Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan lama anda tetap terjaga.
1. Memberikan Membership Card
Pemberian membership card adalah salah satu cara paling mudah dan efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Secara tidak langsung membership cad ini dapat digunakan untuk melacak data seberapa banyak pelanggan setia yang telah dimiliki
Disamping itu, membership card memang memiliki daya tarik tersendiri untuk beberapa orang, karena mereka tahu jika membership card tidak hanya sekedar kartu basa. Selalu kartu ini mereka berpotensi mendapatkan banyak bonus dan juga keuntungan, Seperti potongan harga, dan juga voucher serta hadiah di momen tertentu.
2. Memberikan Spesial Poin
Sama halnya dengan membership card yang menawarkan hal tertentu, pemberian spesial poin ini juga menjadi salah satu strategi yang ampuh dalam meningkatkan loyalitas setiap pelanggan.
Secara tidak langsung pelanggan akan memahami bahwa dengan jumlah poin tertentu mereka akan mendapatkan hadiah atau reward yang telah disiapkan., Meea paham jia pin yang didapatkan dapat ditukarkan jika telah mencapai jumlah tertentu.
Hal ini dapat memicu pelanggan untuk membeli lebih demi mendapatkan hadiah yang menjadi incaran mereka.
3. Bonus dan Penawaran Tertentu
Salah satu hal yang tidak dapat ditolak oleh setiap pelanggan adalah adanya bonus dan diskon pada apa yang mereka beli dan gunakan.
Karena mereka merasa bahwa ada keuntungan yang mereka dapatkan ketika melakukan pembelian.. Pemberian bonus pada pelanggan baru adalah salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas mereka secara bertahap.
Kemudian berikan juga penawaran khusus pada produk tertentu untuk pelanggan baru atau konsumen setia, berupa free gift atau produk lain yang dijadikan reward jika mereka membeli dalam jumlah tertentu.
Loyalitas pelanggan adalah aset sekaligus investasi abadi sebuah perusahaan . Karena loyalitas merekalah yang menjadi alasan sebuah bisnis tetap berjalan.
Adanya loyalitas yang tinggi dari pelanggan membuktikan jika kualitas dari produk yang dihasilkan betul- betul berguna dan dapat dirasakan manfaatnya. Sehingga selalu mendapatkan tempat yang spesial dihati setiap konsumennya serta selalu ditunggu kehadirannya.
Referensi : The ultimate guide to customer loyalty
__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.
Tinggalkan Balasan