12 Makanan untuk Berbuka Puasa di Kantor

makanan berbuka puasa di kantor

Seringkali kita terlalu sibuk di kantor hingga tidak sempat menyiapkan menu untuk berbuka puasa, sedangkan tubuh sudah terlalu lemas. Namun ada juga yang sudah mempersiapkan diri dan membawa bekal buka puasa dari rumah.

Sebaliknya, ada banyak orang yang lebih memilih berbuka puasa dengan makanan yang ringan, dan setelah itu makan makanan yang berat bersama keluarga atau teman.

Untuk memudahkan Anda berbuka puasa di kantor, Karyaone telah membuat daftar makanan yang tepat dan praktis. Berikut ulasannya.

1. Snack Bar

Rasanya manis dan legit, ada yang memiliki tekstur renyah, ada juga yang liat. Makanan kecil ini tentu tidak bisa menggantikan makanan berat seperti nasi dan mie.

Namun, snack bar sering digunakan untuk menahan rasa lapar karena kandungannya yang padat energi. Jenis snack bar ada banyak antara lain chocolate bar, protein bar, fruit bar, nut bar, oat bar.

Anda dapat membelinya di mini market atau super market terdekat. Untuk kenyang yang lebih lama, pilihlah kombinasi nut dan oat bar.

2. Buah Apel dan Pisang

Dua jenis buah ini adalah buah yang paling praktis untuk dimakan. Anda hanya perlu mencuci bersih buah apel dan mengupas kulit pisang untuk menikmati kedua buah ini.

Walaupun buah-buah ini praktis tapi mereka memiliki banyak manfaat. Apel kaya akan nutrisi, jika dikonsumsi dengan rajin dapat menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, kanker dan mengobati asma.

Pisang mengandung nutrisi yang baik untuk memperlancar peredaran darah, memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan mata.

3. Pasta

Pasta adalah makanan Italia kesukaan semua orang. Banyak restoran menyediakan makanan ini, Anda pun dapat dengan mudah membuatnya di rumah.

Pasta dapat bertahan dari pagi hingga waktu berbuka. Makanan ini dapat menjadi menu yang mengenyangkan untuk Anda berbuka.

Ada aneka macam jenis pasta antara lain yaitu fusili, penne, lasagna, spageti, macaroni, vermicelli, ravioli dan cavatelli.

Dengan bahan dasar pasta ini, Anda dapat berkreasi dengan berbagai toping seperti tuna saus putih, bolognaise atau saus keju,

4. Roti

Roti tawar, roti sobek, roti manis, roti isi daging dan roti gandum. Roti terbuat dari tepung terigu atau tepung gandum yang baik untuk kesehatan.

Baca juga:  4 Keunggulan Kompetitif Talent Management

Jenis makanan ini sungguh praktis karena Anda tidak perlu memasak, Anda hanya perlu membuka bungkusnya dan roti siap dimakan.

Anda dapat membeli roti di supermarket, mini market, toko roti kesayangan Anda maupun membuat sendiri di rumah.

Ada orang yang cukup kenyang hanya dengan makan roti, namun sebagian besar orang Indonesia hanya kenyang setelah makan nasi. Oleh sebab itu, roti hanya dianggap sebagai pengganjal perut bukan makanan utama.

5. Kue Bolu

Sama halnya seperti roti, kue bolu adalah jenis makanan praktis siap santap yang akan cukup mengganjal perut Anda saat berbuka puasa di kantor.

Di mini market, supermarket, toko kue dekat rumah bahkan toko kelontong, kue bolu mudah dibeli di mana saja. Jika ada waktu Anda pun dapat membuat kue bolu kesukaaan di rumah bersama keluarga.

6. Brownies

Brownies adalah jenis kue bolu berbahan dasar coklat yang padat, memiliki banyak pori, basah, tebal dan lembut. Ada yang mengatakan bahwa brownies merupakan kue bolu gagal, ia tercipta dari sebuah kegagalan.

Teksturnya yang padat dan rasa cokelat yang pekat, brownies adalah makanan yang akan membuat Anda cukup kenyang hingga Anda dapat menikmati makanan berat.

Anda dapat membeli kue brownies di supermarket, toko kue andalan maupun memesannya secara online. Tidak hanya cokelat, kue brownies juga memiliki berbagai variasi rasa seperti keju, stroberi dan tiramisu.

7. Kurma

Apakah Anda tahu bahwa buah kecil ini memiliki banyak manfaat? Berikut adalah manfaat dari buah khas bulan puasa. Kurma memiliki kandungan kalsium yang dapat menguatkan tulang.

Jika Anda makan 5 buah kurma per hari, proses buang air kecil akan lebih lancar. Serat tinggi pada kurma, akan membantu Anda menangani gangguan pada usus. Untuk Anda yang ingin menaikan berat badan, kurma adalah buah yang cocok untuk Anda.

8. Gorengan

Siapa yang tidak menyukai gorengan. Cemilan pengganjal perut ini adalah makanan yang selalu ada di semua penjaja makanan untuk buka puasa.

Baca juga:  Inilah pentingnya Efikasi Diri Pada Karyawan

Makanan ini sungguh populer di Indonesia hingga orang-orang berharap Kemenpar menetapkannya sebagai salah satu makanan khas Indonesia.

Gorengan yang paling populer adalah gorengan tahu, pisang, tempe dan bakwan. Selain keempat gorengan itu ada juga risoles, lumpia, cireng, singkong dan ubi. Harga murah, rasa kriuk gurih dan manis adalah daya tarik tersendiri dari gorengan.

9. Mie Cup

Tidak ada salahnya menyediakan mie cup di kantor untuk berbuka puasa. Anda hanya perlu membuka bungkusnya, menyeduhnya dengan air panas dan tunggu beberapa menit hingga matang, mie cup siap disantap.

Demi menjaga gizi selama bulan puasa, Anda dapat menambahkan telur rebus yang dibawa dari rumah atau, keju ke dalam mie cup Anda.

Di minimarket maupun supermarket, ada berbagai macam rasa mie cup yang tersedia. Tidak hanya produk lokal Anda dapat juga mencoba mie cup impor yang harganya lebih mahal agar tidak bosan.

10. Cokelat

Seperti snackbar, coklat adalah salah satu pilihan makanan yang menarik untuk berbuka puasa. Cokelat memiliki kandungan flavanoids yang dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung.

Kandungan polyphenols dalam coklat hitam dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Selalu pilih cokelat hitam jika Anda ingin makan cokelat yang menyehatkan. Namun sekali waktu makan cokelat susu juga bukan merupakan hal yang buruk.

11. Oatmeal

Makanan sehat yang biasa disantap untuk sarapan ini, dapat juga Anda nikmati saat berbuka puasa. Saat ini telah ada oatmeal siap saji yang cara memasaknya sama seperti mie cup.

Anda dapat menyiapkan buah-buah kering, susu kental manis, mesyes atau kacang-kacangan sebagai penambah rasa untuk oatmeal tersebut..

12. Jus Buah

Rasanya yang menyegarkan mulut, membuat jus buah menjadi penunda lapar yang cocok untuk menu bulan puasa. Anda dapat membeli jus buah di dekat kantor Anda jika ada, atau membawa dari rumah.

Jus buah memiliki serat tinggi yang membuat Anda akan kenyang lebih lama. Pilih buah kesukaan Anda untuk diminum saat berbuka puasa nanti.

Sumber: 13 Ide Makanan Praktis untuk Berbuka Puasa di Kantor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *