Apa Itu Manajemen Keuangan? Ini Dia Definisi, Peran Penting, Fungsi, dan Contohnya

Back to Blog

Manajemen keuangan memiliki peran penting dalam jalannya sebuah perusahaan. Baik berprofesi sebagai seorang pemimpin atau pekerja dalam sebuah bisnis, Anda perlu tahu apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan beserta peran penting, fungsi, dan contohnya. Hal ini untuk menjaga kelancaran bisnis yang dilakukan serta meningkatkan keuntungan.

banner payroll karyaone

Definisi manajemen keuangan

Manajemen keuangan memiliki beberapa definisi menurut para ahli. Pada intinya, ini adalah studi tentang keuangan. Jika mengikuti teori dari Solomon, manajemen keuangan adalah bagaimana menentukan cara yang efektif dalam penggunaan dana modal untuk dijadikan sumber daya ekonomi.

Ada lagi pandangan dari Howard dan Upton tentang manajemen keuangan, yaitu bagaimana menerapkan prinsip-prinsip umum manajerial dalam pengambilan keputusan keuangan.

Weston dan Brigham memiliki pendapat bahwa manajemen keuangan adalah tentang pengambilan keputusan keuangan, serta menyelaraskan tujuan individu dan perusahaan.

Dari semuanya, definisi yang sering dipakai adalah dari S.C Kuchhal. Manajemen keuangan memiliki kaitan dengan pengadaan dana dan pemanfaatannya secara efektif dalam menjalankan bisnis.

Peran penting manajemen keuangan

Manajemen keuangan memiliki banyak peran penting dalam kelancaran urusan bisnis. Berikut lima di antaranya:

  1. Perencanaan keuangan: peran penting utama dari manajemen keuangan adalah perencanaan keuangan perusahaan. Ini berkaitan dengan kebutuhan keuangan setiap urusan bisnis. Semua kredit untuk mencapai kesuksesan bisnis bergantung pada perencanaan keuangan yang tepat.
  2. Menjaga atau melindungi dana: manajemen keuangan juga bisa diterapkan untuk melindungi keuangan demi mencapai tujuan bisnis. Anda harus menentukan bidang mana saja pada bisnis yang membutuhkan dana. Jangan sampai ada pengeluaran yang berlebihan pada satu poyek karena bisa berpengaruh pada proyek lainnya.
  3. Alokasi dana: alokasi dana yang tepat agar kemampuan operasional meningkat berawal dari manajemen keuangan yang dilakukan. Jika alokasi dana perusahaan tepat, maka dapat mengurangi biaya bisnis dan meningkatkan estimasi modal.
  4. Peluang investasi: jika Anda pandai mengelola keuangan, hal tersebut akan membuka peluang berinvestasi. Investasi akan membantu Anda mendapatkan keuntungan yang besar. Contoh investasi yang banyak dilakukan adalah emas, saham, reksadana, tanah, dan properti. Pelajari benar-benar cara investasi agar tidak merugi dan bisa meminimalkan risiko.
  5. Keputusan keuangan: pentingnya manajemen keuangan adalah untuk menentukan keputusan terkait keuangan. Setiap pilihan keuangan yang sudah dibuat dan dilakukan, tidak akan bisa ditarik kembali. Keputusan keuangan ini berpengaruh pada seluruh operasi bisnis. Maka dari itu, Anda haruslah berhati-hati sebelum diputuskan.

Melihat bagaimana pentingnya manajemen keuangan, Anda bisa mencoba fitur payroll, BPJS, & PPh 21 dari KaryaOne untuk mempercepat serta memudahkan pekerjaan sehubungan dengan penggajian pegawai.

Fungsi manajemen keuangan

Dari banyaknya fungsi manajemen keuangan, ada lima yang utama, yaitu:

  1. Fungsi likuiditas: setiap manajer keuangan memiliki tugas untuk mengumpulkan dana dari berbagai sumber untuk perusahaan dan memperkirakan arus kas. Perusahaan harus tahu perhitungan sumber dana dan kas masuk dari klien untuk digunakan pembayaran pemasok dan pemberi pinjaman.
  2. Estimasi kebutuhan modal: estimasi kebutuhan modal bergantung pada laba, biaya yang ditargetkan, kebijakan aturan, serta rencana program di masa depan. Estimasi menjadi bagian yang krusial, harus dibuat dengan tepat agar potensi penghasilan meningkat.
  3. Komposisi modal: untuk mengetahui komposisi modal, Anda harus melibatkan analisis ekuitas utang jangka pendek dan panjang. Sebagian besar bergantung pada dana tambahan dari pihak eksternal dan proporsi modal ekuitas milik perusahaan.
  4. Memilih sumber dana: untuk menjalankan perusahaan, ada berbagai macam sumber dana dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Misalnya saja surat utang dan saham.
  5. Kontrol harga: kontrol harga dilakukan untuk melakukan pengawasan pada pengeluaran perusahaan. Informasi ini disimpan pada sistem perangkat lunak untuk menyoroti fakta penting tugas dan aktivitas yang akan dilakukan.

Contoh manajemen keuangan

Contoh mudah dari manajemen keuangan adalah misalkan saja Anda mengambil pinjaman bisnis untuk perluasan ruang kantor bisnis.

Anda membutuhkan seorang penasihat real estate untuk menimbang apakah dua puluh tahun ke depan harga membeli lebih tinggi dari pada menyewa atau tidak.

Konsultasi pada bagian keuangan juga bisa membantu menentukan apakah dengan menginvestasikan 20% dana pada uang muka dan mengambil pinjaman 80% bisa memberikan pengembalian investasi atau tidak.

Pasalnya, terkadang menyewa bisa lebih menghemat daripada membeli. Jadi, jangan paksakan diri jika memang kondisi keuangan perusahaan belum memungkinkan untuk melakukan pembelian.

Mengingat pentingnya manajemen keuangan perusahaan, tentunya dibutuhkan suatu sistem yang dapat mempermudah pengelolaannya. Sebaiknya jangan mengandalkan cara manual karena risiko human error-nya cukup besar.

Di era digital seperti sekarang, Anda sudah bisa memanfaatkan software khusus seperti KaryaONE yang memungkinkan Anda menganalisis kondisi keuangan secara cepat dan tepat melalui informasi yang disajikan. Anda pun akan lebih hemat waktu sehingga bisa menggunakannya untuk hal-hal lain yang lebih krusial.

Sumber : Wikifinancepedia

banner_karyaone

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog