11 Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

tips manajemen waktu

Banyaknya pekerjaan yang menumpuk bisa menjadi masalah tersendiri bagi setiap orang, apalagi jika tidak memiliki kemampuan untuk mengatur waktu kerja dengan baik.

Sebenarnya semua tugas bisa selesai dengan baik dan tepat waktu, jika Anda mampu mengelola dan tahu cara manajemen waktu agar lebih porduktif.

Kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik sangat dibutuhkan oleh semua orang, termasuk bagi mereka yang berkecimpung di bisnis kecil.

Pasalnya, bisnis atau perusahaan kecil umumnya menugaskan karyawan untuk mengerjakan beberapa hal sekaligus mengingat keterbatasan karyawan yang dimiliki.

Agar kegiatan Anda lebih teratur, rapi, produktif dan mampu menyelesaikan pekerjaan yang ada, lakukan tips manajemen waktu berikut ini:

1. Sadar Bahwa Manajemen Waktu Adalah Hal yang Penting

Semua orang hanya memiliki waktu selama 24 jam sehari dan Anda harus menyadari hal itu. Pahami bahwa Anda harus mampu memilah pekerjaan prioritas dan tentu saja waktu pribadi Anda sendiri. Atur dengan baik semua pekerjaan yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mengerjakan hal lainnya.

2. Lihat Hal Apa Saja yang Bisa Membuang Waktu

Sering kali kita tidak sadar bahwa kita melakukan hal-hal tidak penting yang malah membuat waktu berharga terbuang percuma.

Misalnya, browsing internet, bermain game, chatting di grup atau bergosip di kantor. Menyadari berapa waktu yang terbuang adalah salah satu langkah awal untuk menuju ke manajemen waktu yang lebih baik.

Baca juga:  Inilah 7 Alasan, Mengapa Kita Harus Bekerja?

3. Tetapkan Tujuan Mengatur Waktu Kerja

Fokus dalam mengatur waktu adalah mengubah kebiasaan Anda, bukannya mengubah waktu. Setelah menyadari dan mengeliminasi hal-hal tidak penting yang sering dilakukan, coba untuk menetapkan tujuan yang ingin Anda capai misalnya komitmen untuk tidak menggunakan handphone selama bekerja.

4. Implementasikan Rencana Manajemen Waktu

Fokus untuk mengubah kebiasaan Anda yang menghabiskan waktu untuk mencapai tujuan tertentu, seperti meningkatkan produktivitas dalam bekerja atau mengurasi stress yang berasal dari pekerjaan yang menumpuk.

Setelah mengetahui tujuan yang ingin didapat, implementasikan rencana untuk mewujudkannya dan ingat untuk selalu mengukur pencapaian Anda.

5. Gunakan Tool untuk Mengatur Waktu

Untuk memudahkan Anda mengerjakan banyak hal berbeda secara tepat waktu, gunakan tool seperti alarm ataupun software. Tool tersebut akan membantu Anda untuk melihat apa yang harus dikerjakan selanjutnya, kapan harus berhenti melakukan sesuatu dan sebagainya.

6. Atur Prioritas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus membuat daftar prioritas pekerjaan paling penting yang harus dilakukan setiap harinya dan menetapkan tolak ukur kerja Anda.

7. Belajar untuk Meminta Tolong Kepada Orang Lain

Tidak semua orang bisa mempercayakan pekerjaan yang harus dilakukannya kepada orang lain. Namun untuk menjalankan sebuah bisnis, Anda harus menyadari bahwa tentu Anda tidak bisa mengerjakan semuanya seorang diri.

Belajar untuk bisa percaya kepada karyawan atau rekan kerja Anda dan minta bantuan mereka jika Anda kewalahan mengerjakan suatu tugas tertentu.

Baca juga:  5 Tips Pelatihan dan Pengembangan SDM

8. Buat Jadwal Rutinitas

Agar terbiasa dengan jadwal pengaturan yang baru, buat jadwal rutinitas harian yang harus Anda lakukan dan ikuti dengan baik. Anda bisa misalnya membuat mulai dari bangun tidur, olahraga, sarapan, perjalanan menuju kantor, meeting harian dan selanjutnya.

9. Biasakan Batasi Waktu untuk Melakukan Sesuatu

Dari semua hal yang telah disebutkan sebelumnya bukan berarti Anda dilarang untuk melakukan hal lain. Anda tetap bisa sedikit bersantai dengan mengobrol atau bermain media sosial agar tidak terlalu stress dengan pekerjaan. Namun ingatkan diri Anda sendiri untuk membatasi waktunya.

10. Pastikan Keperluan Pekerjaan Anda Tersimpan dengan Baik

Mencari satu di antara ratusan file di komputer akan menghabiskan banyak waktu Anda. Untuk itu, sisihkan waktu khusus untuk merapikan semua file dan kertas-kertas yang menumpuk di meja Anda. Dengan begini Anda bisa dengan mudah mendapatkan data yang diperlukan suatu waktu nanti.

11. Jangan Membuang Waktu dengan Menunggu

jangan menunggu mulainya meeting atau pertemuan dengan klien hanya dengan berdiam diri. Manfaatkan teknologi untuk tetap aktif dan produktif melakukan sesuatu misalnya membalas email, memeriksa laporan atau merencanakan kampanye marketing bagi tim Anda.

Sumber:
TheBalance: 11 Time Management Tips That Work

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *