5 Hal yang Harus Dilakukan Manajer HR untuk Sukses

manajer hr sukses

Sebagai manajer HR pekerjaan Anda pasti tidak mudah. Apalagi jika Anda bekerja di sebuah perusahaan yang mempekerjakan ratusan hingga ribuan karyawan.

Pasalnya, seorang Manajer HR berperan penting dalam mengawasi perekrutan, mewawancarai, dan mempekerjakan karyawan baru, serta bertindak sebagai penghubung antara manajemen perusahaan dengan karyawannya.

Tips-tips berikut akan membuat pekerjaan Anda semakin efisien ke depannya.

1. Menetapkan aturan dan standar kerja

Menjadi seorang manajer HR yang sukses dapat diawali dengan menetapkan peraturan-peraturan serta standar kerja yang harus dipatuhi oleh seluruh karyawan, termasuk diri Anda sendiri.

Penetapan peraturan dan standar kerja ini tentunya harus didahului dengan diskusi bersama setiap divisi yang ada di perusahaan agar kebijakan yang dibuat nantinya tidak menyulitkan atau memberatkan salah satu pihak.

Setelah itu, informasikan peraturan dan standar kerja yang akan diberlakukan ini kepada seluruh karyawan tanpa terkecuali.

Jangan sampai nantinya ada karyawan yang melakukan pelanggaran dengan dalih belum ada pemberitahuan terkait peraturan tersebut.

Jangan lupa, Anda wajib menjadi contoh yang baik dengan mendisiplinkan diri untuk selalu menaati peraturan dan standar kerja yang berlaku di perusahaan tersebut.

2. Melakukan upaya komunikasi efektif

Artinya, sebagai manajer HR Anda harus dapat mengupayakan komunikasi yang efektif antara pihak karyawan dan seluruh atasan di perusahaan sehingga tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.

Baca juga:  3 Cara Mempercepat Proses Rekrutmen Karyawan

Dengan hubungan komunikasi yang baik, maka suasana kerja di perusahaan pun secara otomatis akan menjadi lebih menyenangkan dan nyaman bagi siapa saja yang ada di dalamnya.

Karyawan akan bekerja dengan rileks namun tetap memenuhi standar kerja yang ada.

3. Jadilah pendengar yang baik

Jika di sekolah dulu Anda mungkin mendengar istilah Bimbingan Konseling untuk menangani keluhan-keluhan siswa, maka di dalam dunia kerja hal tersebut menjadi tanggung jawab bagian HR.

Tentu saja, Anda yang saat ini menjabat sebagai seorang manajer HR pun wajib menjadi pendengar yang baik untuk seluruh karyawan.

Segala keluhan yang disampaikan sebaiknya didengarkan secara seksama agar Anda dapat membantu mereka menemukan solusi terbaik.

4. Mencari solusi jangka panjang

Anda adalah pihak yang akan dituju apabila perusahaan mengalami berbagai permasalahan terkait produksi, distribusi, atau bahkan hubungan intern antar karyawan.

Oleh sebab itu, seorang manajer HR hendaknya mampu menerima perubahan yang ada dan mampu membuat kebijakan untuk bisa mengatasi masalah yang datang.

Namun, Anda juga perlu mencari solusi jangka panjang yang akan membuat berbagai masalah yang sering muncul tidak terulang lagi di masa yang akan datang.

Baca juga:  Perbedaan Visi & Misi Perusahaan Beserta Contoh

Mulailah dengan mencari tahu dan mengatasi akar permasalahan, bukan hanya sekadar menyelesaikan permasalahan yang timbul di permukaan.

5. Kenali dan motivasi karyawan

Sudah seharusnya seorang manajer HR memotivasi seluruh karyawannya agar terus aktif bekerja demi keberlangsungan perusahaan itu sendiri. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua karyawan berorientasi pada uang.

Untuk itu, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi motivasi dari para karyawan. Bisa jadi, mereka lebih termotivasi dengan penghargaan yang diberikan oleh perusahaan untuk prestasi yang telah mereka capai.

Menjadi manajer HR yang sukses memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Namun, bukan berarti kesuksesan menjadi hal yang tidak mungkin untuk Anda dapatkan.

Beberapa tips tadi semoga dapat menginspirasi Anda untuk menjadi seorang manajer HR yang lebih baik di masa mendatang. Selamat mencoba!

Sumber:
SHRM 10 Things Every HR Professional Needs to Do to Succeed

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *