5 Cara Menjadi Manajer HRD yang Baik

manajer hrd

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam dunia HRD (Human Resource Department) para manajer HRD tak selalu benar-benar bekerja secara profesional dalam lingkup manajemen sumber daya manusia/SDM untuk mencapai tujuan perusahaan.

Seharunya tugas HRD mengatur hubungan antar karyawan dengan perusahaan berjalan dengan baik, akan tetapi bagian HRD terkadang malah fokus kepada pembatasan risiko perusahaan. HRD ingin agar perusahaan “selamat” dan melupakan tugas utamanya yang berhubungan langsung dengan karyawan.

Seorang manajer HRD yang baik harus terus menemukan cara untuk mengerjakan tugasnya, sekaligus menjadi pemimpin yang bijaksana. Mulai dari proses perekrutan, menyusun peraturan perusahaan, hingga memenuhi hak-hak setiap karyawan.

Salah satu departemen penting dalam setiap perusahaan ini harus bisa membuat suasana kantor menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja.

Oleh karena itu, berikut lima cara menjadi manajer HRD yang baik bagi perusahaan dan juga karyawan.

1. Berhenti Menghitung

Hentikan kebiasaan Anda menghitung berbagai hal seperti jam, hari, jadwal, rekomendasi dan sebagainya. Mulailah membiasakan diri untuk berkomunikasi terbuka dengan sesama rekan kerja.

Cari tahu apa kebutuhan dan kepentingan karyawan, apa yang harus dilakukan seorang manajer untuk memimpin dan hal lainnya yang bisa meningkatkan efektivitas kerja.

Baca juga:  Langkah Onboarding Karyawan Baru yang Efektif

2. Mendengarkan

Seorang manajer HRD yang baik adalah mereka yang mau banyak mendengarkan, namun sayangnya masih sedikit yang melakukan hal ini. Jika Anda tidak tahu cara melakukannya, coba ikut pelatihan atau berlatih dengan teman dan keluarga sambil mendengarkan sendiri dialog Anda.

Cara ini akan membuat Anda mengetahui masalah-masalah karyawan yang mungkin belum pernah tersampaikan sebelumnya.

3. Belajar Diam

Hal ini merupakan bagian yang tak bisa terpisahkan dari poin sebelumnya. Dengar apa yang orang lain katakan, dengarkan seberapa sering mereka mengulang perkataan orang lain, kata apa yang digunakan dan lainnya.

Anda juga harus melihat mimik wajah lawan bicara ketika menyampaikan suatu hal. Cara ini nantinya akan membantu Anda untuk menemukan calon pemimpin yang tepat, misalnya untuk promosi demi kesehatan perusahaan.

4. Amati Tanda-Tanda Non Verbal

Banyak orang yang lebih mampu berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh dan ekspresi mereka dibandingkan dengan kata-kata. Perhatikan bahasa tubuh atau tanda-tanda non verbal yang dilakukan karyawan.

Misalnya, bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain, siapa orang yang pertama kali berbicara, siapa yang meringis, siapa yang memalingkan mata, berapa jarak mereka ketika berkomunikasi dan lainnya. Cobalah menjadi lebih peka dengan keadaan sekitar.

Baca juga:  5 Hal yang Diinginkan dari Iklan Lowongan Kerja

5. Jangan Menjadi Teman, Jadilah Pemimpin

Banyak manajer HRD yang memilih untuk menjadi seorang teman sambil menjadi pemimpin. Namun sebaiknya Anda melakukan peran tersebut dalam keadaan yang saling berbeda satu sama lain.

Pada intinya, seorang manajer HR harus memiliki akal sehat, inovasi dan rasa kemanusiaan. Anda harus bertindak seperti karyawan lainnya dan bersosialisasi.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi para profesional HR untuk bisa berpikir solutif dalam menyelesaikan masalah di perusahaan.

Sumber:
Forbes: 5 Ways To Rock Star HR Leadership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *