Manfaat HRIS dan Penerapannya pada Perusahaan

Back to Pos
manfaat hris

Setiap divisi dalam setiap perusahaan memiliki perannya masing-masing, tak terkecuali pada divisi HR (Human Resource). Divisi ini merupakan pendukung perusahaan dalam mencari dan menyediakan calon kandidat terbaik yang bisa berkontribusi dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Mengingat banyaknya tugas yang harus dikerjakan oleh HR, mulai dari proses perekrutan hingga pengembangan karyawan, sebaiknya Anda mempertimbangkan penggunaan HRIS (Human Resource Information System).

HRIS merupakan sebuah software atau sistem yang dapat membantu para HRD untuk meningkatkan produktivitas mereka dalam bekerja. Lalu pertanyaannya, mengapa perusahaan Anda membutuhkan HRIS? Apa saja keuntungan dan manfaat HRIS bagi perusahaan?

banner_karyaone

Meningkatkan Produktivitas HR

Salah satu manfaat HRIS yang paling utama adalah meningkatkan produktivitas HR secara keseluruhan. HRIS dirancang untuk mempercepat berbagai macam proses administrasi dan pekerjaan HR.

Misalnya, HRIS membantu untuk menyederhanakan proses pengumpulan CV dan pemeriksaan informasi kandidat dalam proses perekrutan. Selain itu, HRIS juga dapat digunakan untuk peningkatan produktivitas manajemen keuangan seperti payroll system.

HRIS dapat mempersingkat dan mempemudah semua proses dan waktu pengerjaan tugas-tugas tersebut sehingga tak lagi memakan banyak waktu dan tenaga.

Mengurangi Kesalahan

Banyak kepentingan HR yang berkaitan dengan regulasi pemerintah, sehingga kesalahan kecil sekalipun dapat mengakibatkan masalah hukum dan bahkan kerugian finansial bagi perusahaan.

Agar masalah atau kesalahan tidak terjadi, gunakan HRIS sebagai pedoman untuk dapat menghindari jenis masalah atau eror tersebut. Pasalnya hampir semua administrasi HR dapat dilakukan oleh sistem pada HRIS.

Mengawasi Jalannya Perusahaan

Bersambung dari manfaat sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan fungsi HRIS yang dilengkapi dengan program yang dirancang untuk mengawasi proses operasi perusahaan agar sesuai dengan peraturan tertentu. HRIS akan memastikan perusahaan Anda mematuhi UU yang berlaku sehingga mampu menjaga reputasi perusahaan.

Menganalisa Performa

Alasan lain mengapa perusahaan Anda harus menggunakan HRIS adalah karena kemampuannya untuk menganalisa performa dan metrik yang berkaitan dengan banyak aspek pendukung pengambilan keputusan.

Misalnya saja, HR bertanggung jawab untuk menganalisa biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk proses perekrutan atau perhitungan tingkat turnover perusahaan.

Hasil perhitungan ini kemudian dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang penting serta pengembangan strategi untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan menggunakan HRIS, divisi HR dapat mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam waktu singkat untuk selanjutnya dianalisis.

Penerapan HRIS pada Perusahaan

Penerapan aplikasi HRIS mencakup semua pekerjaan HRD mulai dari absensi, data karyawan, penggajian, hingga talent management.

Semua pekerjaan yang semula dikerjakan dan diinput manual menggunakan excell, sekarang diproses secara otomatis oleh aplikasi.

Apa saja dan bagaimana cara penerapan nya? Berikut ulasan kami tentang penerapan HRIS pada perusahaan

1. Manajemen Absensi & Kehadiran

Data kehadiran karyawan adalah hal yang penting bagi perusahaan karena jumlah mempengaruhi jumlah gaji yang harus dibayarkan untuk karyawan yang bersangkutan.

Selain itu kehadiran juga merupakan indikator kinerja dan kedisiplinan karyawan.  

Jika dulu perusahan menggunakan kertas/buku/kartu untuk mendata kehadiran karyawan, sekarang perusahaan hanya perlu menarik data kehadiran menggunakan aplikasi dari mesin absensi seperti fingerprint scanner dan Radio-frequency identification (RFID). Tidak perlu lagi input manual satu per satu.

Penggunaan aplikasi absensi terutama yang berbasis web sangat memudahkan proses pengambilan data karena database-nya terpusat.  

Untuk perusahaan yang memiliki banyak cabang, departemen HR pusat harus mengontak HR Cabang satu per satu saat ingin mengolah laporan karyawan secara nasional.  

Manajemen absensi dan kehadiran ini akan menghemat biaya penggunaan buku/kertas/kartu yang biasa diperlukan untuk absensi karyawan.

2. Cuti dan Izin

Pengajuan dan persetujuan cuti atau izin bisa diproses secara mudah melalui aplikasi. Karyawan bisa secara langsung mengajukan cuti atau izin tanpa harus meminta dan mengisi formulir fisik terlebih dahulu yang akan memakan waktu.

Departemen HR juga tidak perlu menginput data cuti dan izin dari formulir ke program komputer.  Jika perusahaan memiliki banyak karyawan, staf HR yang bertanggung jawab atas cuti harus lembur hanya untuk meng-input data cuti.

Atasan karyawan tidak perlu ada di kantor untuk memberikan persetujuan cuti dan izin, karena proses ini dapat dilakukan melalui aplikasi selama terhubung dengan jaringan internet.

Begitu juga dengan karyawan yang ingin mengajukan cuti dan izin.  Dalam keadaan tertentu, karyawan tidak dapat ke kantor untuk mengisi form cuti dan izin.  Dengan menggunakan aplikasi HRIS online, karyawan yang bersangkutan dapat mengajukan cuti atau izin melalui smartphone atau tablet-nya.

3. Multi Shift

Terkadang perusahaan memiliki shift yang berbeda untuk karyawannya.  Bagian security, IT Support dan karyawan back office bisa saja memiliki shift kerja yang berbeda.

Aplikasi HRIS yang bagus pasti dapat mengakomodir situasi ini, sehingga staf HRD tidak perlu mendata kehadiran karyawan secara manual.

Jika perusahaan Anda menggunakan multi shift, dengan menerapkan HRIS, Anda bisa membuat jadwal shift pada aplikasi.

Setelah selesai dibuat, jadwal shift akan terlihat langsung oleh karyawan.  Dengan adanya informasi tersebut karyawan yang bersangkutan dapat lebih nyaman mengatur waktu.

Perusahaan dapat menentukan jam kerja berdasarkan hari, jam masuk dan pulang, kapan dimulainya jam istirahat dan durasi jam istirahat tersebut.

Tidak ada batasan jumlah untuk shift yang dibuat. Waktu kerja dalam shift akan tersinkronisasi dengan skema lembur (overtime scheme) dan absensi.

4. Skema Lembur

Jika biasanya Anda menginput karyawan yang lembur manual ke excell, dengan menerapkan HRIS, karyawan dapat mengajukan lembur langsung melalui aplikasi secara online.

Keseluruhan data ini kemudian bisa Anda gunakan untuk beragam keperluan, termasuk penggajian.

Perusahaan akan menghemat waktu menghitung biaya lembur karyawan, dan mengurangi human error.

5. Penggajian, BPJS & PPh 21

Aplikasi HRIS memiliki berbagai fitur yang akan mempercepat dan memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan penggajian pegawai.

Laporan detail gaji seluruh pegawai dapat diunduh sesuai periode tertentu dan tersedia template import rekap gaji yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pembayaran gaji melalui beberapa aplikasi keuangan perbankan.

Selain itu, BPJS dan PPh 21 gaji pegawai dihitung dengan menggunakan metode perhitungan sesuai peraturan perpajakan yang berlaku serta tersedia template untuk import ke aplikasi e-SPT PPh 21.

Gaji yang diterima karyawan setiap bulan dipengaruhi oleh kehadiran, lembur, jabatan, peraturan mengenai bonus dan tunjangan, peraturan BPJS dan PPh 21.  Dengan menggunakan software HR, perhitungan gaji akan lebih cepat, mudah dan akurat.

6. Talent Management

Yang terakhir adalah talent management.  Setiap perusahaan selalu membutuhkan tenaga kerja untuk posisi tertentu.  Department HR akan terbantu dengan adanya Talent Management karena mereka bisa memantau ringkasan penting untuk mengetahui kinerja karyawan, melihat kelebihan karyawan, menemukan karyawan yang potensial untuk mengisi jabatan tertentu, dan melakukan manajemen KPI.

Anda bisa bayangkan akan menjadi seberapa mudah pekerjaan HRD jika bisa mengurus berbagai macam administrasi seperti absensi, izin, cuti, lembur, shift, talent management hingga payroll dengan menggunakan satu aplikasi saja.

Kesimpulan

HRIS meningkatkan produktivitas perusahaan, mengurangi kesalahan yang terjadi karena human error, mengawasi jalannya perusahaan dan membantu analisa performa karyawan.

Tidak hanya untuk korporasi, kini Anda pun dapat menggunakan aplikasi HRIS yang memiliki fitur lengkap dengan harga yang cukup ekonomis. KaryaOne sangat cocok untuk semua kalangan mulai dari UKM, Startup hingga perusahaan besar.

Sistem KaryaOne sudah teruji dan benar-benar siap dipakai. Tidak percaya? Silahkan buktikan dengan mencoba KaryaOne selama satu bulan untuk 10 karyawan secara gratis! Undang Demo Sekarang.

Sumber:
HRPayrollSystems: What are the Benefits of HRIS?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos