Keuntungan dan Manfaat HRIS Bagi Perusahaan

manfaat hris

Setiap divisi dalam setiap perusahaan memiliki perannya masing-masing, tak terkecuali pada divisi HR (Human Resource). Divisi ini merupakan pendukung perusahaan dalam mencari dan menyediakan calon kandidat terbaik yang bisa berkontribusi dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Mengingat banyaknya tugas yang harus dikerjakan oleh HR, mulai dari proses perekrutan hingga pengembangan karyawan, sebaiknya Anda mempertimbangkan penggunaan HRIS (Human Resource Information System).

HRIS merupakan sebuah software atau sistem yang dapat membantu para HRD untuk meningkatkan produktivitas mereka dalam bekerja. Lalu pertanyaannya, mengapa perusahaan Anda membutuhkan HRIS? Apa saja keuntungan dan manfaat HRIS bagi perusahaan?

Meningkatkan Produktivitas HR

Salah satu manfaat HRIS yang paling utama adalah meningkatkan produktivitas HR secara keseluruhan. HRIS dirancang untuk mempercepat berbagai macam proses administrasi dan pekerjaan HR.

Misalnya, HRIS membantu untuk menyederhanakan proses pengumpulan CV dan pemeriksaan informasi kandidat dalam proses perekrutan. Selain itu, HRIS juga dapat digunakan untuk peningkatan produktivitas manajemen keuangan seperti payroll system.

HRIS dapat mempersingkat dan mempemudah semua proses dan waktu pengerjaan tugas-tugas tersebut sehingga tak lagi memakan banyak waktu dan tenaga.

Baca juga:  4 Alasan Anda Harus Menggunakan Aplikasi Absensi Karyawan

Mengurangi Kesalahan

Banyak kepentingan HR yang berkaitan dengan regulasi pemerintah, sehingga kesalahan kecil sekalipun dapat mengakibatkan masalah hukum dan bahkan kerugian finansial bagi perusahaan.

Agar masalah atau kesalahan tidak terjadi, gunakan HRIS sebagai pedoman untuk dapat menghindari jenis masalah atau eror tersebut. Pasalnya hampir semua administrasi HR dapat dilakukan oleh sistem pada HRIS.

Mengawasi Jalannya Perusahaan

Bersambung dari manfaat sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan fungsi HRIS yang dilengkapi dengan program yang dirancang untuk mengawasi proses operasi perusahaan agar sesuai dengan peraturan tertentu. HRIS akan memastikan perusahaan Anda mematuhi UU yang berlaku sehingga mampu menjaga reputasi perusahaan.

Menganalisa Performa

Alasan lain mengapa perusahaan Anda harus menggunakan HRIS adalah karena kemampuannya untuk menganalisa performa dan metrik yang berkaitan dengan banyak aspek pendukung pengambilan keputusan.

Misalnya saja, HR bertanggung jawab untuk menganalisa biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk proses perekrutan atau perhitungan tingkat turnover perusahaan.

Hasil perhitungan ini kemudian dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang penting serta pengembangan strategi untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan menggunakan HRIS, divisi HR dapat mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam waktu singkat untuk selanjutnya dianalisis.

Baca juga:  Cara Memilih Aplikasi Penggajian Perusahaan Besar

Kesimpulan

Perusahaan dapat menikmati banyak sekali manfaat yang didapatkan dari penggunaan HRIS. Untuk itu, pilihlah HR software atau aplikasi HRIS yang memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan. KaryaONE menjadi satu-satunya HRIS di Indonesia dengan fitur paling lengkap.

Tertarik menggunakan KaryaONE? Anda bisa mencoba aplikasi HRIS KaryaONE dengan paket harga ekonomis untuk setiap karyawannya.

Sumber:
HRPayrollSystems: What are the Benefits of HRIS?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *