Apa Manfaat Keberagaman di Tempat Kerja?

Back to Blog
manfaat keberagaman di tempat kerja

Saat Anda memikirkan keberagaman di tempat kerja, apa yang muncul dalam pikiran Anda? Hal umum yang biasanya orang pikirkan adalah perbedaan usia, jenis kelamin, ras, latar belakang budaya dan lain-lain.

Jika itu yang Anda pikirkan, maka Anda memaknai keberagaman dengan benar. Namun masih ada banyak makna keberagaman lainnya di tempat kerja. Keberagaman tersebut dapat mencakup perbedaan kepribadian maupun perbedaan tahapan karir.

Keberagaman di tempat kerja mampu menciptakan lingkungan yang positif dengan segala perbedaan yang dibawa masing-masing orang. Mempekerjakan orang-orang dengan kepribadian dan kreativitas yang berbeda-beda membantu perusahaan mendapat berbagai perspektif dan ide baru.

Agar bisa dimengerti secara jelas, beberapa hal di bawah ini menunjukkan pentingnya keberagaman di tempat kerja.

1. Menghadirkan bakat, keterampilan & pengalaman

Individu dari berbagai latar belakang mampumenghadirkan talenta, skill dan pengalaman yang berbeda. Hal ini tentu bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan dan performa kerja karyawan itu sendiri.

Skill dan pengalaman yang bervariasi tsb. akan memberikan wawasan baru bagi setiap anggota tim. Namun Anda tetap harus memastikan bahwa skill yang dimiliki relevan dengan kebutuhan perusahaan.

Baca juga:  10 Hal yang Menjadi Dasar Penyesuaian Gaji Karyawan

2. Menciptakan inovasi

Bekerja dengan orang yang memiliki latar belakang, pengalaman dan cara kerja yang berbeda dapat mendorong terciptanya berbagai macam ide, pendapat dan umpan balik.

Contohnya, seorang karyawan memiliki ide-ide baru dan menarik, sementara karyawan lainnya memiliki pengalaman yang dibutuhkan untuk mewujudkan inovasi tersebut.

Dari sini dapat dipahami bahwa menggunakan kemampuan masing-masing secara maksimal dan mengkombinasikannya adalah hal yang penting.

3. Keterampilan berbahasa asing

Keterbatasan bahasa dan perbedaan budaya sering menjadi hambatan untuk mengembangkan bisnis, khususnya pada skala internasional.

Tetapi dengan memiliki karyawan yang bisa berbahasa asing dengan baik memungkinkan perusahaan untuk melebarkan bisnis. Karyawan bisa menjadi representasi perusahaan Anda sebagai pihak yang akan berinteraksi lintas negara dan bahasa.

4. Menumbuhkan bakat karyawan

Perusahaan yang menghargai keragaman akan menarik lebih banyak orang untuk melamar dan bekerja di tempat tersebut. Pasalnya perusahaan akan dipandang sebagai organisasi yang progresif dan akan menarik bagi individu dari semua lapisan masyarakat.

Mengingat jumlah pelamar untuk setiap lowongan meningkat, peluang untuk menemukan kandidat yang hebat juga akan meningkat.

Hal ini kemudian membantu perusahaan dalam retensi karyawan karena orang ingin bekerja di lingkungan yang mau menerima perbedaan dan meninggikan kesetaraan.

Baca juga:  3 Cara Mempercepat Proses Rekrutmen Karyawan

5. Meningkatkan kinerja kerja

Karyawan lebih suka bekerja di lingkungan yang menyenangkan dan membuatnya merasa nyaman. Kesetaraan dalam lingkungan kerja sangat penting untuk mendorong kepercayaan diri karyawan untuk mememberikan kemampuan terbaik mereka.

Sumber:
TheUndercoverRecruiter: What Are the Benefits of Diversity in the Workplace?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog