Manfaat Liburan Bagi Karyawan dan Perusahaan

manfaat liburan bagi karyawan

Semua orang membutuhkan liburan, terlebih lagi bagi seorang pekerja yang banyak menghabiskan waktunya di ruang lingkup profesinya. Ada banyak manfaat liburan bagi karyawan yang bisa didapatkan misalnya, tubuh menjadi lebih bugar, pikiran yang jernih, menghilangkan stress dan lainnya.

Di samping itu, manfaat liburan bagi karyawan ternyata tidak hanya menguntungkan mereka, namun juga perusahaan. Apa saja manfaat liburan bagi karyawan dan perusahaan? Berikut ulasannya.

Memulihkan Kondisi Karyawan

Liburan memberikan karyawan kebebasan dari hari-hari kerja yang penuh tekanan. Bisa tidur dengan waktu yang lebih lama tanpa harus terganggu oleh bunyi alarm yang mengingatkan untuk segera bangun dan bekerja bisa memberikan efek yang menyegarkan kondisi karyawan.

Studi menunjukkan bahwa manajer, pemilik bisnis dan karyawan yang memiliki kesempatan untuk berlibur mengalami peningkatan produktivitas ketika kembali bekerja. Hal ini tentu saja juga memberikan dampak positif bagi rekan kerja lainnya.

Memberikan Inspirasi dan Pandangan Baru

Pergi berlibur ke tempat baru bisa membuat karyawan memiliki inspirasi dan pandangan yang baru, apalagi jika tempat tersebut benar-benar jauh dari rumah sehingga memberikan suasana yang sangat berbeda.

Baca juga:  5 Tipe Rekan Kerja yang Baik dan Profesional

Mencoba kuliner baru, bertemu dengan orang baru dan merasakan sesuatu yang jauh berbeda dari rutinitas sehari-hari bisa memberikan Anda ide-ide baru yang mungkin saja tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Banyak pengusaha yang mengaku mendapatkan inspirasi dari pengalaman liburan mereka.

Bertemu dan Menghasilkan Prospek dengan Orang Baru

Ketika menemui orang baru, seringkali pertanyaan yang sama-sama diajukan adalah “Apa pekerjaan Anda?” atau “Anda bekerja di mana?”. Pertanyaan ini bisa menciptakan jaringan prospek yang menjanjikan karena Anda tidak pernah tahu siapa yang akan Anda temui ketika berlibur.

Menghasilkan Retensi Karyawan

Kebijakan perusahaan untuk memberikan cuti berbayar bisa menghasilkan retensi karyawan dan menarik perhatian para kandidat atau pencari kerja.

Manfaat liburan bagi karyawan lainnya adalah terciptanya keseimbangan kehidupan kerja dan personal yang baik. Pasalnya, karyawan bisa mengistirahatkan mental dan fisik mereka dari kegiatan kerja sejenak dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Bermanfaat Bagi Perusahaan

Ada banyak sekali job title atau posisi yang berbeda-beda pada setiap perusahaan, dan terkadang memberikan kesempatan cross-job title adalah cara yang efektif untuk mengembangkan karyawan dan perusahaan.

Menjernihkan pikiran dan merasakan pengalaman baru tidak hanya bisa dilakukan dengan mengambil cuti liburan. Melainkan, manager bisa mendelegasikan tugas tertentu ke karyawan lain secara sementara.

Baca juga:  Inilah pentingnya Efikasi Diri Pada Karyawan

Misalnya seorang videografer bertukar tugas dengan desainer, atau sales berganti peran dengan sekretaris dan sebagainya. Dengan begini, karyawan bisa merasakan pengalaman atau lingkungan kerja yang baru dan tidak menutup kemungkinan untuk memberikan masukan bagi perusahaan atas pengalaman yang telah dialaminya.

Sumber:
HRPayrollSystems: Why Vacations Are Good for Business

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *