5 Manfaat Mesin Absensi Sidik Jari Biometrik

Back to Blog
manfaat mesin sidik jari biometrik

Kecanggihan teknologi saat ini mampu memudahkan berbagai aspek kehidupan, begitu juga dalam kehidupan bisnis.

Salah satunya mesin absensi sidik jari yang berguna untuk mencatat kehadiran karyawan. Pesatnya perkembangan zaman membuat mesin absensi manual perlahan terganti dengan mesin tersebut.

Apa saja manfaatnya? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Hemat biaya operasional

Teknologi biometrik dalam mesin absensi sidik jari dapat mengidentifikasi ciri khas dan bentuk sidik jari manusia yang berbeda dengan lainnya.

Berbeda dengan mesin absensi karyawan manual yang masih menggunakan kartu, mesin absensi sidik jari biometrik jauh lebih unggul karena Anda dapat menghemat kertas dan menekan biaya operasional.

Prosesnya pun cepat dan mudah sehingga juga menghemat waktu dan tenaga. Cukup input data sidik jari karyawan pada mesin absensi.

Setelah terdaftar, karyawan dapat langsung memindai sidik jari di atas sensor mesin absensi. Tak perlu lagi mencetak kartu kehadiran.

2. Pengolahan data mudah

Selain menekan biaya operasional, kehadiran mesin absensi sidik jari juga akan membuat tim HRD dapat mengolah data laporan lebih akurat dan juga proses yang mudah.

Manfaat dan keunggulan dari teknologi ini yaitu dapat digunakan untuk menyediakan informasi dan data yang lengkap secara otomatis sehingga menghemat waktu secara signifikan.

Bahkan tak hanya hemat waktu, tapi juga hemat tenaga. Scan sidik jari para karyawan akan langsung tersimpan pada mesin absensi sehingga dapat diolah menjadi laporan yang lebih detail dan presisi, termasuk waktu kehadiran. Hal ini tentunya mampu meminimalisir human error.

3. Akses kontrol

Akses kontrol merupakan aplikasi yang mengatur perihal akses seseorang terhadap ruangan atau pintu tertentu dalam perusahaan.

Fitur ini akan membuat Anda dapat mengontrol siapa saja yang bisa masuk ke ruangan dan mendata berapa kali orang tersebut keluar masuk melalui pintu tersebut.

Mesin absensi sidik jari biomterik juga dapat digunakan untuk kontrol akses pintu secara otomatis. Saat karyawan melakukan verifikasi pada mesin absensi yang sudah terhubung dengan kontrol akses pintu, maka mesin akan mengirimkan sinyal untuk membuka atau menutup pintu (door lock).

Hal ini adalah salah satu properti keamanan yang penting selain kamera CCTV.

4. Data lebih aman

Dengan mesin absensi sidik jari biometrik, data kehadiran karyawan yang diunduh dengan flash disk dapat terenskripsi secara otomatis.

Keamanan data bisa lebih terjaga karena data akan berubah menjadi kode-kode yang rumit untuk menghindari terjadinya kasus manipulasi data.

Mesin ini juga dapat mengatasi terjadinya kecurangan pada karyawan seperti titip absen dan lainnya sehingga karyawan akan terpacu untuk jadi lebih disiplin.

Selain dapat mencegah terjadinya tindakan indisipliner karyawan, data algoritma biometrik pada sistem verifikasi dari mesin absensi berupa kode-kode ini juga hanya akan dapat dibuka dengan aplikasi tertentu sehingga data akan terjamin keamanannya.

Hak akses menu pada mesin absensi sidik jari juga dapat diatur sedemikian rupa sehingga hanya admin saja yang bisa mengatur menu dalam mesin absensi.

Contohnya seperti sistem KaryaONE yang dapat diintegrasikan dengan mesin Fingerprint Scanner dan kartu akses RFID sehingga data akan terekap secara otomatis dari alat.

5. Lebih efisien

Manfaat mesin absensi sidik jari lainnya yaitu meningkatkan efisiensi sistem manajemen. Bila perusahaan Anda punya banyak kantor cabang, layanan cloud yang terdapat dari mesin absensi sidik jari dapat dimanfaatkan.

Fungsinya untuk menyimpan data secara otomatis kehadiran karyawan di berbagai lokasi kantor cabang sehingga dapat dipantau hanya dengan menggunakan satu komputer.

Hal ini tentu akan membuat kinerja perusahaan dan manajemen jadi lebih efisien. Tidak mengherankan teknologi ini sangat digemari dan telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan, instansi, gedung, sekolah, hingga universitas.

Dengan mengetahui manfaat yang didapat dari kehadiran mesin absensi sidik jari, Anda dapat menggunakan mesin absensi dengan teknologi biometrik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan .

Seperti Fingerprint Scanner Magic MP-5900, Fingerprint Scanner Magic M-100, dan Fingerprint Scanner UA yang bisa Anda dapatkan di KaryaONE.

Mesin yang ditawarkan KaryaOne ini berteknologi tinggi, mudah di-install dan bergaransi sehingga Anda tak perlu repot lagi memonitor absensi karyawan. Yuk, beralih dari absensi manual ke teknologi sidik jari biometrik!

Sumber:
AdvanceSystemInc: 10 Benefits of Biometric Fingerprint Time Clock

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog