7 Manfaat Talent Management Bagi Perusahaan

manfaat talent management system

Mengelola berbagai proses dalam lingkup human resources (HR) bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Misalnya, perekrutan karyawan, proses onboarding karyawan baru, penilaian hasil kinerja dan masih banyak lagi tugas yang harus dilakukan.

Dalam kesibukan ini, menggunakan talent management system adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Manajemen bakat (Talent Management) adalah sistem yang dirancang untuk mampu menghasilkan penilaian yang tepat mengenai masing-masing karyawan.

Sistem ini akan memberikan penilaian mengenai apakah seorang karyawan mampu memberikan kontribusinya dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Ada banyak manfaat talent management bagi perusahaan dan karyawan, berikut tujuh di antaranya:

1. Data Terintegrasi dan Mudah Diakses

Talent management yang baik dapat berintegrasi dengan proses HR yang ada di perusahaan Anda. Jika pada human resource information system (HRIS) data yang terkumpul sulit untuk dianalisa, data pada talent management system terintegrasi dan mudah untuk diakses.

Hal ini memungkinkan Anda untuk memahami data apa saja yang ada dan berguna untuk kemajuan perusahaan. Data tersebut kemudian bisa membantu Anda untuk menyusun strategi dan mengambil keputusan terbaik.

2. Proses Perekrutan yang Lebih Efektif

Talent management membantu Anda untuk merekrut kandidat yang berkualitas dan profesional. Kemampuannya untuk menjelaskan tentang job description, tracking data pelamar dan pengelolaan para pelamar membuat talent management system memperlancar proses perekrutan.

Baca juga:  Perbedaan Visi & Misi Perusahaan Beserta Contoh

3. Mengembangkan Pengalaman Onboarding

Proses onboarding yang efisien dan terancang dengan baik bisa didapatkan melalui talent management system. Anda bisa membuat informasi mengenai profil karyawan berisi data lengkap yang sebelumnya didapat ketika proses perekrutan berlangsung.

Mengotomatisasi berkas atau dokumen karyawan (dari fisik menjadi sistem) bisa menghemat waktu Anda dan karyawan baru. Hal ini memungkinkan Anda dan karyawan baru untuk memfokuskan diri ke hal lain termasuk proses onboarding.

4. Mempertahankan Karyawan Terbaik

Perusahaan tentu ingin mempertahankan karyawan terbaik mereka, dan dengan adanya platform yang menampung seluruh informasi karyawan, Anda bisa memantau kinerja kerja, pencapaian, kemampuan, hingga aspirasi dalam berkarir dari setiap karyawan.

Hal itu kemudian memberikan Anda informasi mengenai aspek apa saja yang bisa membuat mereka bertahan dan tetap senang bekerja di perusahaan Anda.

Inilah manfaat talent management yang mampu menyimpan semua data untuk mempermudah Anda dalam menganalisa ataupun membuat laporan tertentu.

5. Pengembangan SDM

Salah satu manfaat talent management yakni menyediakan pilihan program pendidikan dan pengembangan SDM. Seperti kursus, pengembangan keterampilan atau kelas bersertifikat yang relevan dengan bidang karyawan yang tersebut.

Baca juga:  Kapan Waktu yang Tepat untuk Menambah Pegawai?

Selain itu, talent management juga dapat mengumpulkan data mengenai keterampilan setiap karyawan, memungkinkan HR untuk merancang pelatihan tertentu.

6. Menambah Pengalaman Karyawan

Turnover karyawan yang tinggi merupakan masalah bagi hampir setiap perusahaan. Sementara itu, sistem yang mampu mengintegrasikan banyak informasi termasuk payroll, dapat menambah pengalaman karyawan dalam menjalankan pekerjaan mereka.

Dengan talent management, karyawan bisa mengakses slip gaji, pengajuan cuti ataupun izin tidak masuk. Selain itu, karyawan juga bisa melihat struktur perusahaan sehingga lebih memperjelas posisi mereka.

7. Meningkatkan Engagement Antara Karyawan dan Manajer

Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan engagement di perusahaan Anda, maka talent management system adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan.

Profil karyawan bisa membantu karyawan dan manajer saling berinteraksi misalnya ketika membicarakan tentang progres karir karyawan tersebut.

Talent management system mendorong setiap pihak untuk berkontribusi terhadap perusahaan melalui pekerjaan yang dilakukan setiap harinya demi mencapai tujuan perusahaan maupun personal.

Sumber:
ElmoTalent: Benefits Of Having a Talent Management System

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *