Marketing Job Description – Hal yang Perlu Anda tahu

marketing job description

Dalam suatu perusahaan, setiap karyawan sudah memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Hal tersebut biasanya disebut dengan job description. Job description adalah suatu pernyataan secara tertulis yang menjelaskan tentang tugas, peran dan wewenang seorang karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya.

Dengan adanya job description akan memudahkan karyawan menjalankan tugasnya dan mencapai tujuan perusahaan.

Ada banyak yang menjadi faktor kesuksesan suatu perusahaan salah satunya adalah dalam hal penjualan. Ketika perusahaan mampu mencapai tingkat penjualan yang tinggi tentu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Biasanya dibutuhkan tiga bagian untuk mewujudkan hal tersebut yakni marketing, sales dan account executive. Ketiga posisi itu mempunyai peran untuk menghubungkan pelanggan, karyawan dan perusahaan.

banner face shieldMeskipun sama-sama berada di bagian penjualan namun bagian marketing memiliki tanggung jawab yang lebih besar.  Marketing menjadi salah satu peran penting dalam kemajuan dan kemunduran perusahaan. Marketing juga dekat dalam kehidupan sehari-hari karena mereka di tugaskan langsung ke lingkungan masyarakat.

Pasti kita pernah kan melihat seorang marketing mempromosikan produknya di sekitar kita? Orang-orang yang bekerja di bidang marketing seperti itu memang sangat berkompeten dan mampu menarik perhatian masyarakat dengan gaya bahasa dan taktik penjualannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan marketing job description dalam perusahaan:

Marketing adalah posisi di suatu perusahaan yang memiliki tanggung jawab secara menyeluruh seperti merencanakan suatu produk, menetapkan harga penjualan, melakukan promosi hingga proses distribusi. Dalam marketing job description, Marketing bertujuan untuk menarik calon pelanggan agar tertarik untuk membeli produk yang di pasarkan. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa tugas dari seorang karyawan  Marketing:

1.Merencakan Suatu Produk

Karyawan yang ada pada bagian marketing harus bisa untuk merencanakan produk yang akan di jual. Bagian marketing bisa masuk ke pasar untuk mengamati keadaan pasar. Dengan begitu akan memudahkan untuk mengetahui apa saja yang menjadi minat masyarakat terhadap produk tertentu. Hal ini sangat bagus untuk mengetahui informasi dan mulai memproduksi barang yang diperkirakan akan laris di pasaran.

2.Menentukan Harga

Jika sudah memiliki produk untuk di pasarkan, langkah selanjutnya adalah menentukan harga jual. Bagian marketing bisa mencari tahu terlebih dahulu berapa kisaran harga yang cocok untuk di jual di lingkungan masyarakat entah harga yang sama dengan produk lainnya atau yang mendekati harga rata-rata produk di pasaran. Strategi yang bagus adalah menjual dengan harga rendah dulu agar menarik minat pelanggan, ketika produk tersebut sudah laris dan memiliki tingkat penjualan tinggi tentu tidak masalah jika menaikkan harga, toh pasti akan tetap laku.

webinar hrd

3. Merencanakan Promosi Produk

Agar produk perusahaan bisa di kenal oleh banyak orang, tentu harus melakukan promosi. Zaman sekarang ada banyak cara untuk mengenalkan produk ke masyarakat mulai dari iklan televisi, media cetak ataupun di internet. Selain itu, produk yang diberi diskon, voucher atau hadiah lainnya akan lebih menarik perhatian masyarakat untuk membeli.

4.Merencanakan Distribusi

Bagian marketing juga bertugas untuk melakukan proses distribusi produk ke pelanggan. Karena itu harus di rencanakan bagaimana proses distribusinya. Semakin cepat produk sampai ke pelanggan tentu, tentu tidak akan membuatnya kecewa. Feedback yang bagus dari pelanggan akan menambah citra perusahaan menjadi semakin baik.

5.Melayani Pelanggan dengan Baik

Sebagai orang yang berada di bagian marketing harus memiliki sikap yang ramah kepada semua orang. Pelayanan yag baik adalah hal utama agar bisa menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk yang di pasarkan.

Agar bisa melayani pelanggan dengan baik, seorang marketing bisa mempelajari beberapa tips untuk melayani pelanggan seperti menyapa dengan cara yang ramah, membantu permasalahan pelanggan dan berbagai lainnya yang bisa di pelajari sendiri.

Beberapa tugas tersebut terdapat dalam marketing job description. Dengen mengetahui marketing job description, anda akan tahu lebih banyak tentang pekerjaan di bidang yang satu ini.

Hal lain yang terdapat di marketing job description adalah skill. Orang yang menjadi marketing harus memiliki kemampuan untuk menjalankan tugasnya. Berikut adalah  beberapa skill wajib yang harus di miliki oleh orang seorang marketing.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia1. Komunikasi

Sesuai dengan tugasnya yakni mempromosikan produk perusahaan, tentu seorang karyawan bagian marketing harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus. Marketing yang memiliki komunikasi yang baik akan dengan mudah menjelaskan produk dan layanan perusahaan kepada pelanggan. Orang yang berada di bagian ini harus menjadi komunikator handal agar dapat meyakinkan pelanggan sehingga tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa yang di tawarkan.

Untuk melatih kemampuan komunikasi bisa di lakukan dengan belajar bahasa non-verbal seperti tersenyum, ekspresi hingga gerakan tangan yang bisa menjadi isyarat kepada pelanggan yang menjadi lawan bicara. Dengan begitu pasti akan mudah di mengerti oleh pelanggan.

2. Membangun Strategi Pemasaran

Kondisi pemasaran selalu berubah-ubah dan tidak menentu. Karena itu seorang marketing harus bisa membangun strategi pemasaran yang tepat. Hal ini berguna agar nantinya tidak terjadi kesalahan setelah di terapkan. Strategi pemasaran yang bagus juga memiliki peluang untuk berhasil.

3. Kreatif

Biasanya orang yang berada di bagian marketing memiliki sifat kreatif. Ya, sifat kreatif akan membuatnya lebih mudah dalam menciptkan inovasi dan strategi pemasaran. Terlebih kini persaingan semakin ketat, jadi seorang marketing juga harus memiliki ide-ide bagus untuk mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

4. Berani

Sebagai orang marketing harus memiliki sikap berani untuk terjun ke lapangan. Dengan keberanian akan memudahkan dalam mencari pelanggan. Masyarakat memiliki beragam sikap yang berbeda karena itu walau bagaimanapun keadaannya harus berani untuk melakukan pendekatan pemasaran.

5. Berpenampilan Menarik

Tidak harus memiliki paras rupawan, dengan memakai pakaian rapi saja sudah membuat penampilan terlihat lebih menarik. Seorang marketing harus bisa membuat pelanggan merasa nyaman melihat penampilannya. Selain penampilan, attitude (sikap) juga harus di jaga agar menciptakan kesan yang baik kepada  pelanggan.

6. Memastikan kepuasan pelanggan

Orang dibagian marketing juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan kepuasan pelanggan. Marketing juga harus menjamin kepuasan pelanggan dengan memberikan produk yang bagus dan sesuai dengan apa yang di promosikan. Jika pelanggan sudah puas dan produknya sudah sesuai dengan harapannya, itu artinya target pasar sudah tercapai.

Hal ini berbeda jika produk yang di tawarkan tidak sesuai dengan apa yang di promosikan tentu akan membuat pelanggan kecewa sehingga bisa membuat citra perusahaan menjadi buruk. Intinya marketing memiliki banyak tujuan termasuk membuat citra perusahaan menjadi bagus dengan selalu menjaga kepuasan pelanggan.

Itulah serangkaian penjelasan tentang marketing job description. Penjelasan singkat ini sangat bagus sebagai edukasi bagi anda yang ingin memulai jenjang karir di bidang marketing dalam perusahaan. Tentunya akan membuat jalan anda lebih mudah jika sudah memahami marketing job description.

Referensi: The Key Things to Know About Marketing

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *