Pengertian Marketing, Marketing Mix, Digital Marketing dan Penerapannya

4p marketing mix

Marketing – Anda tidak bisa mulai berbisnis tanpa melakukan pemasaran. Marketing adalah kata yang sangat luas. Setiap pemilik bisnis menjalankan pemasaran dengan cara yang berbeda, sesuai dengan konsep dan strategi bisnisnya.

Lalu bagaimana dengan bisnis Anda? Sebagai pemilik bisnis tentunya Anda perlu menyusun strategi pemasaran yang tepat. Langkah awalnya adalah dengan mengetahui definisi marketing dan apa saja yang perlu Anda pertimbangkan dalam marketing.

Apa itu Marketing?

Yang dimaksud dengan marketing adalah proses atau teknik mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk atau layanan perusahaan kepada konsumen.

Promosi adalah aktivitas untuk mendorong seseorang melakukan pembelian atau tindakan yang diinginkan pembuat promosi.

Distribusi adalah menyalurkan produk dari produsen hingga ke pembeli.  Pada pelaksanaannya proses distribusi ini bisa cukup panjang. Contohnya petani menjual ke distributor, lalu dari distributor dijual ke distributor di kota lain, kemudian distributor itu menjual ke toko grosir, dari toko grosir dijual lagi ke toko-toko kelontong, barulah bisa dibeli oleh konsumen retail.

Dalam marketing ada banyak strategi untuk mempromosikan, strategi menjual dan strategi distribusi. Anda perlu memilih strategi apa yang terbaik untuk Anda.

Bagaimana cara menentukannya? Anda bisa menonton video dari ActionCoach Jakarta di bawah ini sebagai sumber inspirasi:

Apa yang dimaksud dengan 4P Marketing Mix?

Dalam menjalankan bisnis maupun sebuah perusahaan, peran divisi pemasaran atau marketing sangat penting.

Marketing adalah pekerjaan yang dapat dikatakan sebagai ujung tombak keberlangsungan bisnis.

Mengapa demikian? Karyawan marketing lah yang memiliki tanggungjawab untuk mencari klien atau memasarkan produk.

Jika kinerjanya tidak baik, perusahaan yang akan mendapat imbasnya.

Banner KaryaOne - Aplikasi Absensi Geo-tagging location

Mengapa 4P  Marketing Mix Sangat Penting untuk Perusahaan?

Seperti disebutkan pada paragraf pembuka, marketing memiliki peranan yang penting dalam sebuah perusahaan.

Selain menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan, marketing memiliki fungsi vital lainnya. Misalnya, menciptakan image baik perusahaan kepada customer.

Jika kepercayaan terbangun, bukan tidak mungkin mereka akan setia pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Marketing juga merupakan divisi yang memiliki banyak strategi untuk memajukan perusahaan, mendulang keuntungan, dan mendatangkan banyak rekanan dan konsumen.

Dengan demikian, tanggungjawabnya dapat dikatakan salah satu yang terberat dari semua divisi yang ada di sebuah korporasi.

Aspek Penting dalam 4P Marketing Mix

Berbicara tentang pemasaran, pelaku marketing harus memahami prinsip 4P yang digagas Neil Borden pada 1950-an, yaitu product, price, place, dan promotion.

Ke-empat unsur itu harus terpenuhi agar dapat secara maksimal dalam menjalankan tugasnya, seperti memasarkan produk atau layanan perusahaan yang lain.

Produk (Product)

Istilah produk mengacu pada barang yang ditawarkan kepada konsumen. Sebuah produk yang baik adalah produk yang tidak banyak dijumpai di masyarakat, sehingga tingkat penjualannya akan semakin tinggi.

Meski begitu, suatu produk harus memenuhi unsur permintaan yang dibutuhkan pasar. Bisa juga, memenuhi demand konsumen untuk jumlah yang lebih besar dari produk yang sudah beredar.

Sebelum menyiapkan kegiatan promosi, pelaku marketing harus memahami dengan baik produk apa yang sedang dijual, apa yang menjadi kelebihan dari pesaing, serta apakah produk tersebut juga bisa dipasangkan dengan produk sekunder, dan apakah ada produk pengganti di pasar.

Harga (Price)

Definisi harga mengacu pada besaran nominal nilai dari produk yang akan dijual. Saat menentukan harga barang, perusahaan harus mempertimbangkan harga satuan, biaya pemasaran, dan biaya distribusi.

Perusahaan juga harus mempertimbangkan harga produk yang bersaing di pasar, apakah harga yang diusulkan cukup bisa dijangkau oleh konsumen.

Tempat (Place)

Dalam dunia pemasaran, istilah tempat atau place mengacu pada distribusi sebuah produk. Pertimbangan utama dalam proses distribusi adalah termasuk apakah perusahaan akan menjual produknya melalui toko fisik, online, atau melalui keduanya.

Saat dijual di toko fisik, cara penempatan produk sangat menunjang dalam keberhasilannya. Begitu juga ketika dijual secara daring, jenis penempatan produk digital ditentukan dengan desain dan value yang diangkat.

Promosi (Promotion)

Huruf P terakhir dalam prinsip 4P adalah promosi, yang mengacu pada kegiatan komunikasi. Dalam hal ini, termasuk periklanan, public relations, direct marketing, dukungan sponsor, and guerrilla marketing (pemasaran gerilya).

Cara promosi yang variatif sangat bergantung pada siklus perputaran produk. Pelaku marketing harus memahami bahwa konsumen akan menghubungkan harga dan distribusi suatu produk dengan kualitasnya.

Apa itu Digital Marketing?

Sebagaimana peran pentingnya dalam sebuah perusahaan, pelaku marketing perlu mengetahui berbagai dinamika yang terjadi di sekitar untuk menyesuaikan gaya pemasarannya.

Saat ini, trend yang sedang dilakukan banyak pelaku marketing adalah dengan digital marketing. Yaitu, marketing yang lebih menitikberatkan pada aktivitas Online di dunia maya.

Cakupan digital marketing itu cukup luas dari teknik agar tampil di halaman pertama mesin pencari, pemasaran berbayar dengan klik, pemasaran berbayar melalui sosial media, pemasaran melalui media online hingga pemasaran melalui e-mail.

Dengan bertumbuhnya pasar Online, tidak ada salahnya mengikuti cara baru untuk memaksimalkan promosi pemasaran melalui daring. Mengapa ini lebih efektif?

Dengan menggunakan promosi daring, Anda lebih memiliki banyak waktu untuk menjaring banyak calon pelanggan.

Ini tentu berbeda dengan gaya lama pemasaran yang door to door atau face to face yang mana membutuhkan banyak waktu hanya untuk memasarkan produk atau jasa kepada satu orang atau kelompok.

Referensi : Investopedia

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *