Pengertian Masa Percobaan (Probation) Kerja

masa percobaan kerja

Bagi orang yang sudah berpengalaman di dunia kerja pasti tidak asing lagi dengan istilah masa probation atau masa percobaan kerja.

Namun, tak semua orang mengetahui dengan jelas apa yang dimaksud dengan istilah yang mengacu pada suatu periode waktu tersebut. Berikut ulasannya di bawah ini.

Masa Percobaan Kerja (Probation Period)

Apa yang Dimaksud dengan Masa Percobaan Kerja?

Masa percobaan (probation) adalah sebuah periode waktu di mana terdapat perjanjian atau kesepakatan yang digunakan untuk menilai performa karyawan baru. Biasanya masa probation berlangsung antara satu sampai enam bulan.

Selama masa probation, Anda sebagai karyawan baru harus mampu menunjukkan kemampuan dan performa yang baik. Dengan kata lain, potensi dan kelebihan yang Anda sebutkan ketika wawancara akan diamati dan dinilai.

Kesalahan-kesalahan yang dibuat ketika masa probation bisa saja dijadikan alasan oleh perusahaan untuk memecat karyawan kapan pun diinginkan tanpa perlu takut mengenai tuntutan dari karyawan terkait.

Apa Saya Bisa Resign Tanpa Terkena Tuntutan Saat Masa Probation?

Anda bisa mengajukan resign tanpa harus takut akan dikenakan denda apapun saat berada pada masa probation.

Bagaimana Jika Saya Dipecat Secara Tidak Adil?

Bukan berarti perusahaan dapat melakukan apapun yang mereka inginkan selama masa probation secara semena-mena. Ingat, Anda tentu saja memiliki hak sebagai karyawan dan salah satunya adalah untuk tidak dipecat apalagi dengan alasan seperti usia, orientasi seksual atau bahkan agama.

Baca juga:  Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja

Apakah Saya Menjadi Karyawan Tetap Jika Masa Probation Sudah Selesai?

Masa kerja sebagai karyawan tetap baru akan berlangsung jika sudah ada perjanjian baru mengenai pengangkatan menjadi karyawan tetap, bukan langsung setelah masa probation berakhir.

Walaupun masa percobaan sudah berakhir namun belum ada pengangkatan, maka Anda tetap berhak untuk bekerja di perusahaan tersebut dengan status PKWT.

Apa yang Harus Dilakukan Jelang Review Masa Probation?

Ingat semua kriteria penilaian yang sebelumnya sudah diinformasikan ketika memulai masa probation kerja. Biasanya Anda akan dinilai dan diberikan umpan balik (feedback) mengenai kriteria diangkat menjadi karyawan tetap.

Jaga sikap Anda selama mengikuti proses review dan anggap saja proses tersebut seperti proses ketika Anda melamar kerja.

Bisakah Masa Percobaan Kerja Diperpanjang?

Perusahaan bisa memperpanjang masa probation Anda jika memang terdapat ketentuan tersebut pada surat perjanjian. Misalnya saja jika perusahaan merasa Anda belum menunjukkan performa yang baik dan sesuai dengan keinginan.

Baca dengan baik poin-poin yang tertulis dalam surat perjanjian ketika Anda menerima sebuah pekerjaan. Tanyakan hal-hal yang menurut Anda belum jelas seperti masa perpanjangan ini.

Bagaimana Jika Saya Dipromosikan Lalu Ternyata Saya Gagal dalam Masa Probation?

Keadaan ini tergantung pada seperti apa hasil kerja dan lama waktu Anda telah bekerja. Jika Anda sudah bekerja selama dua tahun misalnya, Anda bisa saja mengajukan klaim tertentu namun tetap sulit karena ada perjanjian yang telah ditandatangani sebelum Anda dipromosikan.

Baca juga:  Daftar UMP 2017 di 34 Provinsi se-Indonesia

Apa Yang Harus Saya Katakan Saat Wawancara Kerja Selanjutnya Jika Saya Pernah Gagal Ketika Masa Probation?

Anda harus selalu jujur dalam semua hal, dan tanyakan sendiri kepada diri sendiri mengapa Anda bisa gagal? Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang gagal ketika masa percobaan kerja. Misalnya, tidak cocok dengan lingkungan kerja atau pekerjaan itu sendiri.

Gunakan kesempatan ini untuk mengklarifikasi dan sedikit membela diri Anda ketika wawancara kerja di perusahaan lain. Sampaikan kemampuan Anda yang belum sempat diperlihatkan di kantor sebelumnya dan kelemahan serta cara Anda mengatasinya.

Apakah Probation Memiliki Keuntungan Bagi Karyawan?

Tentu saja probation bisa memberikan Anda keuntungan. Karyawan dan perusahaan memiliki hak yang sama untuk melepaskan diri dari perjanjian kerja selama masa percobaan.

Hal ini bisa menguntungkan Anda jika memang ternyata Anda tak suka bekerja di sana tanpa harus terkena kompensasi apapun.

Kemudian, seorang karyawan yang sedang mengikuti masa probation biasanya berkesempatan untuk mengikuti pelatihan tertentu untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka.

Hal ini tentu saja menguntungkan apalagi bagi para fresh graduate. Anggap masa probation sebagai kesempatan untuk berkembang, bukan sesuatu yang harus ditakuti.

Sumber:
JobSite: What You Need To Know About Probation Periods

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *