Setiap perusahaan besar yang sudah mendunia dan dikenal oleh semua orang pada dasarnya memulai kesuksesannya dari nol, sama dengan perusahaan Anda. Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan perusahaan adalah kemampuannya dalam membangun budaya perusahaan yang baik.
Selain kerja keras dan memiliki segudang pengalaman, perusahaan seperti Apple, Google, dan Facebook berhasil mencapai titik keberhasilan mereka karena memiliki budaya organisasi perusahaan yang baik.
Tidak mudah memang membangun dan menerapkan budaya organisasi perusahaan yang baik dan efektif secara konsisten. Untuk membantu Anda, baca enam cara untuk membangun dan menerapkan budaya perusahaan seperti berikut ini:
Daftar Isi
1. Buat Visi dan Misi Perusahaan
Pondasi utama bagi kesuksesan perusahaan adalah visi dan misi perusahaan karena merupakan nilai yang Anda percaya serta tujuan yang ingin dicapai.
Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait ataupun orang kepercayaan ketika membuat visi dan misi perusahaan.
2. Komunikasikan
Setelah menetapkan visi dan misi perusahaan secara final, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengkomunikasikannya kepada semua orang yang bekerja di perusahaan Anda. Sampaikan melalui meeting besar atau newsletter internal.
3. Kembangkan Standar Sikap yang Harus Dilakukan
Setelah semua orang mengetahui visi dan misi perusahaan, Anda harus membuat dan mengembangkan standar sikap yang mendeskripsikan bagaimana cara visi dan misi tersebut diterapkan.
Misalnya saja misi yang akan dilakukan adalah menjadi penyedia layanan jasa asuransi berkelas dunia, maka bagaimana caranya hal itu bisa dicapai? Apakah dengan pendekatan langsung secara tatap muka? Atau melalui telepon dan email?
Mungkin Anda mengira semua karyawan yang Anda rekrut tahu bagaimana cara bersikap dan menghadapi sesuatu, namun sebenarnya tidak.
Cara terbaik untuk mendapat sikap yang perusahaan inginkan secara konsisten adalah dengan membuat standar secara tertulis dan bisa diukur.
Sebagai contoh, wajib menyapa klien dengan senyuman, memperlihatkan hasil final produk sebelum dibeli atau dibayar oleh klien dan melakukan follow up kepada calon klien minimal satu kali.
4. Mengimplementasikan Pelatihan
Setelah standar sudah ditetapkan secara tertulis, langkah selanjutnya adalah pelatihan bagi semua karyawan untuk mencapai ekspektasi yang diinginkan.
5. Pemberian Reward dan Konsekuensi
Walaupun Anda sudah memiliki standar sikap yang harus diikuti, tapi tidak menutup kemungkinan masih ada saja karyawan yang tidak menaatinya.
Untuk menghindari hal ini Anda bisa memberikan reward bagi karyawan yang konsisten menerapkan sikap dan peraturan yang sudah ditentukan. Di sisi lain, karyawan yang tidak bekerja dan bersikap sesuai standar akan menerima konsekuensi tertentu.
6. Adakan Review Performa
Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam membangun budaya perusahaan adalah memasukan elemen penilaian sikap ketika mengadakan review performa dan kinerja karyawan. Cara ini memungkinkan Anda untuk menilai kesesuaian antara performa sekaligus sikap yang selama ini mereka tunjukkan dengan visi misi perusahaan.
Sumber:
Entrepreneur: The 6 Steps From Startup to Thriving Company Culture
__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.
Tinggalkan Balasan