Cara Memberikan Reward Kepada Karyawan

cara memberikan reward karyawan

Memberikan reward atau apresiasi kepada karyawan pasti akan membuat mereka merasa senang, merasa pekerjaannya dihargai dengan baik di perusahaan. Namun, masih banyak para atasan yang lupa akan pentingnya hal ini.  Lalu apa pentingnya reward itu sendiri?

Pemberian penghargaan (reward) sangat penting bagi perusahaan dan karyawan itu sendiri. Bagi perusahaan, menghargai karyawan menunjukkan upaya untuk mempertahankan aset sumber daya manusia yang dapat menciptakan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang.

Sedangkan bagi karyawan sendiri perasaan dihargai dan lingkungan yang nyaman akan meningkatkan produktivitas dan motivasi mereka dalam bekerja.

Reward dapat berupa imbalan material dan non-material. Material bisa diberikan dengan cara penyesuaian gaji atau bonus-bonus terhadap karyawan yang memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan. Kemudian reward non-material bisa diberikan misalnya melalui pujian dan rasa simpati.

Berikut keterangan mendetail mengenai cara memberikan reward kepada karyawan:

Pujian

Berikan pujian secara personal atau di depan karyawan lain apabila karyawan tersebut berhasil menyelesaikan tugas yang memenuhi ekspektasi perusahaan. Pujian harus dilakukan secara spesifik, bukan hanya mengatakan “Good Job”. Anda bisa mengatakan, “Saya perhatikan kamu sangat produktif sekali menulis artikel setiap harinya dengan topik tulisan yang berbobot, jelas dan mudah dipahami, saya sangat menghargai apa yang telah kamu lakukan tersebut.” Pujian tersebut akan menimbulkan pengulangan tingkah laku produktivitas karyawan.

Baca juga:  7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik di Perusahaan

Ucapan Terima Kasih

Menghargai karyawan dengan memberinya ucapan terima kasih, tolong, dan maaf. Karyawan akan merasa dirinya dihargai dan “dimanusiakan”.

Employee Of The Month

Memajang foto karyawan untuk karyawan yang berhasil memenuhi target perusahaan atau yang selalu datang tepat waktu di tempat yang mudah terlihat karyawan lainnya. Hal tersebut akan memacu karyawan lain untuk melakukan tindakan yang lebih baik dalam pekerjaannya.

Training

Berikan karyawan training yang dapat mengembangkan potensi dirinya sesuai dengan bidang kerja. Karyawan merupakan aset perusahaan, sehingga perkembangan skill karyawan akan memajukan perusahaan.

Tugas Baru

Berikan tugas baru apabila karyawan tersebut sudah berhasil mengerjakan tugas sebelumnya. Pada beberapa karyawan, tugas baru yang diberikan mencerminkan anggapan bahwa ia dipercaya dan dirasa mampu melaksanakan tanggung jawab lainnya.

Rayakan Ulang Tahun

Catat tanggal ulang tahun karyawan dan berikan ucapan selamat ulang tahun kepada mereka. Apabila anda memiliki budget lebih, Anda bisa memberikan hadiah sesuai dengan apa yang diinginkan karyawan.

Simpati

Apabila ada keluarga inti karyawan yang meninggal dunia, tunjukkan kepedulian simpati Anda dengan datang ke rumah duka untuk berbelasungkawa.

Baca juga:  10 Kualitas yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Kebersamaan

Apabila ada karyawan yang mengundang Anda ke acara pernikahan (misalnya) karyawan tersebut, hadirlah bersama karyawan lainnya menunjukan sukacita dan kebersamaan.

Event Khusus

Pada momen-momen hari besar keagamaan seperti Natal dan bulan Ramadhan, siapkan waktu khusus untuk mengadakan acara bersama. Misalnya saja acara tukar kado atau buka puasa bersama di luar kantor untuk mempererat hubungan semua karyawan.

Percakapan Santai

Sesekali ajaklah karyawan makan siang bersama dan ciptakan obrolan makan siang yang ringan. Misalnya saja Anda bisa membicarakan perihal kabar keluarga. Ingat, obrolan makan siang tidak hanya urusan pekerjaan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *