Cara Memilih KPI yang Tepat untuk Bisnis Anda

Back to Pos

KPI (Key Performance Indicator) atau indikator kinerja utama menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Ini dikarenakan KPI dapat menunjukkan peningkatan kinerja perusahaan, termasuk efektivitas strategi pemasaran, tingkat penjualan, hingga aspek-aspek bisnis lainnya.

Masing-masing bisnis memiliki fokus yang berbeda-beda. Oleh sebab tiu, memilih KPI untuk bisnis harus kembali memperhatikan banyak faktor.

Agar tidak salah langkah, berikut panduan lengkap yang dapat membantu Anda memilih KPI dengan tepat.

Banner KaryaOne - Software Talent Management Terbaik

Memilih KPI yang terkait langsung dengan tujuan bisnis

KPI adalah pengukuran kuantitatif atau titik data yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan secara relatif terhadap beberapa tujuan.

Misalnya, KPI dapat dikaitkan dengan tujuan bisnis dalam meningkatkan penjualan, meningkatkan laba atas investasi dari strategi pemasaran, atau meningkatkan layanan pelanggan.

Dengan demikian, sebelum memilih KPI pastikan Anda sudah memahami tujuan bisnis perusahaan Anda.

Hal ini penting dilakukan agar Anda tahu betul bagian apa saja yang membutuhkan peningkatan atau optimalisasi.

Letakkan fokus pada beberapa metrik utama

Salah satu keunggulan pemasaran inbound adalah sebagai pebisnis Anda dapat mengukur semuanya dengan metrik yang sangat rinci.

Mulai dari jumlah tampilan, klik, konversi, dan sebagainya. Namun ketika Anda mulai memilih KPI untuk bisnis, sangat disarankan untuk hanya berfokus pada beberapa metrik utama daripada banyak metrik untuk diukur dan dilaporkan.

Pasalnya, semakin banyak metrik yang ingin dilacak, maka semakin sulit bagi Anda untuk mengukur pencapaian KPI itu sendiri.

Pertimbangkan tahap pertumbuhan bisnis Anda

Memilih KPI yang tepat untuk bisnis juga dapat dilakukan dengan mempertimbangkan tahap pertumbuhan bisnis tersebut.

Pada tahap awal bisnis berjalan, umumnya pebisnis akan fokus pada metrik yang terkait dengan validasi model bisnis.

Sementara itu, ketika bisnis sudah mulai mapan, maka fokus akan bergeser pada metrik lain, seperti biaya per akuisisi dan nilai masa pakai pelanggan.

Meski terlihat sepele, ternyata mempertimbangkan tahap pertumbuhan bisnis dalam memilih KPI memiliki dampak yang sangat besar.

Identifikasi indikator kinerja yang tertinggal dan lebih unggul

Sering kali tidak disadari, indikator kinerja utama tidak selalu lebih baik dibandingkan dengan indikator yang tertinggal. Ini juga berlaku sebaliknya, sehingga Anda harus menyadari perbedaan antara keduanya.

Secara sederhana, indikator kinerja tertinggal mengukur output dari sesuatu yang telah terjadi. Jenis pengukuran ini cocok digunakan untuk mengukur hasil murni, karena hanya fokus pada output.

Sebaliknya, indikator utama justru mengukur input, kemajuan, dan kemungkinan tercapainya tujuan di masa mendatang atau berfungsi sebagai prediktor.

Ingat, setiap model industri membutuhkan KPI yang berbeda!

Satu lagi hal penting yang harus diperhatikan ketika Anda memilih KPI untuk bisnis. KPI yang dipilih harus kembali disesuaikan dengan model bisnis yang dijalankan, termasuk dipengaruhi oleh bidang industri yang digeluti.

Misalnya, bisnis software B2B mungkin lebih berfokus pada akuisisi dan churn pelanggan, sedangkan perusahaan ritel bahan-bahan bangunan justru fokus pada penjualan atau pengeluaran rata-rata pelanggan.

Dengan demikian, pastikan Anda selalui memilih KPI yang tepat dan sesuai dengan model industri yang digeluti.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat Anda perhatikan ketika akan memilih KPI untuk bisnis. Pastikan KPI yang diterapkan dapat secara akurat mengukur kemajuan bisnis menuju target yang akan akan dicapai secara menyeluruh.

Alih-alih memilih puluhan KPI sekaligus, sebaiknya Anda hanya berfokus pada empat hingga sepuluh KPI yang akan dituju.

Artinya, Anda lebih mudah dalam mengukur dan mengevaluasi setiap pencapaian.

____________

KaryaOne adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

Banner KaryaOne - Aplikasi Manajemen Kinerja Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos