Cara Memotivasi Diri Di Masa Pandemic

memotivasi diri

Memotivasi diri sangat diperlukan untuk membuat Anda tetap semangat dalam menjalani kehidupan di masa yang sulit ini. Karena semangat inilah yang secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan mental.

Masa pandemic ditandai dengan suasana yang mencekam. Berbagai macam ketakutan dirasakan oleh hampir setiap orang. Ketakutan yang tidak termanage inilah yang akan membuat seseorang semakin depresi. Padahal, kondisi semacam ini seharusnya tidak boleh terjadi berlarut-larut.

Ketakutan yang berlebihan bisa mempengaruhi keseluruhan tubuh. Fikiran tidak tenang, dan daya tahan tubuh akan menurun. Akibatnya, masalah kesehatan akan terjadi.

Peran Orang Lain Dalam Memotivasi Diri

Di kala Anda susah untuk menciptakan tawa sendiri, Anda disarankan untuk lebih terbuka. Anda butuh orang lain yang mana bisa menstimulasi hal tersebut.

Meskipun orang lain juga merasakan hal yang sama, Anda tetap bisa menjalin komunikasi dengannya. Setidaknya, Anda bisa berbagi hal-hal yang telah dialami. Bahkan bisa berbagi tentang tips mencegah kebosanan ataupun kecemasan di masa pandemic.

Melihat bahwa orang lain bisa melewati situasi ini dengan santai, Anda tentunya akan tergugah untuk melakukannya sebagai bentuk memotivasi diri. Yakni Anda bisa melakukan berbagai hal yang mana bisa membuat suasananya jauh lebih nyaman dan aman.

Bicara mengenai siapa saja yang bisa Anda hubungi, orang pertama ialah orang tua. Orang tua akan selalu memberikan ketenangan. Melihatnya ataupun mendengarkan nasehat serta dukungannya sangat terasa di hati. Karena merekalah orang yang paling mencintai Anda, sekaligus paling peduli dengan kesehatan anaknya.

Selain orang tua, Anda juga bisa menghubungi teman-teman. Jalin komunikasi sebagaimana mestinya. Kemudian ciptakan suasana obrolan yang seru dengannya. Maka, Anda akan merasakan suasana yang sama seperti hari-hari normal saat Anda berbincang dengannya.

Kemudian yang selanjutnya ialah psikolog. Psikolog bisa menjadi partner yang sangat berguna untuk membantu dalam menyelesaikan sebagian masalah yang dihadapi oleh seseorang. Terutama yang berhubungan dengan kejiwaan.

Seorang psikolog dengan setia mendengarkan keluh kesah Anda. Apapun yang membebani fikiran akan dicerna, lantas diberikan solusi yang tepat untuk meredakannya.

Saat ini, Anda bisa berkonsultasi melalui layanan internet. Sudah banyak tempat yang bisa dimanfaatkan. Anda hanya cukup memilih salah satunya. Lantas, mulai membuat percakapan santai tentang sejumlah masalah.

Dengan menjalin komunikasi dengan orang yang ahli, hati Anda akan dibesarkan. Suasana yang tadinya tidak mengenakkan kini akan kembali normal. Hasilnya, Anda bisa menikmati kehidupan layaknya tidak terjadi sesuatu yang dinilai besar dan penuh beban.

Kiat Mengembalikan Kepercayaan Diri di Kala Pandemi

Sebagai wujud dari menjaga kesehatan tubuh dan mental, kami ajak Anda untuk memotivasi diri dengan menghilangkan rasa khawatir yang berlebihan. Misalnya menghilangkan rasa khawatir akan terjangkit, resah lantaran penghasilan menurun dan lain sebagainya.

Bagaimana cara menghilangkannya? Anda hanya perlu berfikir positif. Diantara beberapa tips untuk membuat Anda berfikir yang positif di masa pandemic adalah sebagai berikut ini.

  1. Percaya Dengan Kapabilitas Tenaga Medis

Wabah covid 19 ini tersebar di seluruh dunia. Setiap negara terus mencoba untuk memerangi virus ini. Dan salah satu pejuang yang berada di garis terdepan ialah petugas medis.

Saat ini, Anda hanya diminta untuk berdiam diri rumah. Ikuti segala macam instruksi dari pemerintah demi mempercepat pemutusan dalam penyebaran virus. Tentunya, sembari tetap menjaga kesehatan dengan olahraga ataupun mengkonsumsi makanan yang sehat.

Sementara itu, Anda juga perlu mempercayai kemampuan tenaga medis yang bekerja di lapangan. Seluruh kemampuannya dikerahkan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Secara, mereka juga ingin segera menikmati kehidupan yang normal seperti sedia kala.

Perlu diingat bahwa kemampuan dari tenaga medis sangatlah baik. Anda bisa melihat bagaimana mereka dalam melakukan perawatan terhadap pasien. Ini dibuktikan dengan semakin banyak pasien yang sembuh di tiap harinya.

Kesembuhan yang didapatkan oleh pasien covid 19 tentunya sudah cukup untuk membuat Anda bisa menghilangkan rasa khawatir yang berlebihan. Setidaknya, virus ini bisa ditangani melalui tangan dari tenaga medis yang ada di lapangan.

  1. Mengenang Momen Indah Yang Pernah Dilalui

Mengubah fikiran yang kalut ke arah yang lebih menyenangkan adalah bentuk dari memotivasi diri. Ini bisa dilakukan dengan cara mengenang berbagai momen indah di masa lalu. Ini menjadi cara terampuh dan paling cepat untuk mengubah mood seseorang.

Kenangan indah seperti berkumpul dengan keluarga, bermain dengan teman sebaya di masa kanak-kanak, atau liburan ke tempat seru di masa lalu sangat pantas untuk dikenang. Setidaknya, mengenangnya bisa sedikit mengusir rasa sepi sekaligus bisa mengembalikan gelak tawa yang selama ini jarang mampir akibat ketakutan corona.

Di sini, Anda bisa berbagi kenangan ataupun mengingatnya kembali dengan orang yang pernah Anda ajak. Misalnya kenangan di masa kanak-kanak, Anda bisa memunculkan cerita ini kembali dengan rekan yang sama di masa kecil.

Mengenang cerita lucu, konyol, ataupun yang menarik akan banyak mengubah suasana hening. Kegelisahan yang selama ini dirasakan perlahan akan memudar. Buahnya, Anda akan lebih bersemangat.face shield visor

  1. Membuat Rencana Liburan Sehabis Pandemi

Memotivasi diri ini akan lebih mudah dan berhasil jika Anda membatasi segala macam pemberitaan terkait wabah covid 19. Meskipun tidak bisa disalahkan juga kalau media pemberitaan juga butuh hal tersebut.

Keseringan melihat berita duka hanya akan membuat perasaan semakin kalut. Ini sangat tidak dibenarkan. Akan lebih baik jika Anda menghilangkan kondisi tersebut.

Caranya dengan menyibukkan diri seperti merancang sejumlah aktifitas seru kedepannya. Meskipun Anda tahu masih dalam masa pandemic, setidaknya mimpi untuk menikmati keseruan di masa mendatang bisa menetralisir kekhawatiran akan wabah.

Pikiran seseorang biasanya akan lebih tertuju pada hal-hal yang membahagiakan. Pikiran seperti ini sekaligus bisa menguatkan mental. Misalnya Anda benar-benar yakin jika Anda bisa melalui masa ini dan bisa merealisasikan liburan yang telah direncanakan.

  1. Yakin Tidak Mengalami Masalah Yang Berarti

Selain menerapkan cara di atas, Anda juga perlu menguatkan diri dengan percaya bahwa Anda tidak akan mengalami masalah. Anda kuat dan bisa berhasil melewati masa pandemic dengan selamat.

Keyakinan ini dibuktikan dengan terus menjaga kesehatan. Mulai dari rajin mengkonsumsi makanan sehat, olahraga, sampai mengikuti arahan pemerintah seperti physical distancing sampai menggunakan masker.

  1. Syukuri Apa Yang Anda Miliki Saat ini

Bersyukur adalah cara paling ampuh untuk mendapatkan kebahagiaan. Setiap orang mengetahuinya. Dan kini saatnya Anda perlu melakukannya.

Rasa syukur erat kaitannya dengan kepuasan dan rasa terimakasih yang mendalam. Ini merupakan bentuk menerima atas apa yang dirasakan selama ini. Khususnya di masa pandemic, Anda masih bertahan serta masih dikaruniai kesehatan.

Begitupun, Anda masih memiliki tempat untuk bernaung, makanan untuk dikonsumsi dan lain sebagainya. Setidaknya, ini penting untuk menjaga asa bahwa Anda masih memiliki banyak hal yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain.

Kesimpulannya, selalu tumbuhkan rasa optimis di dalam diri. Bangun kepercayaan diri, dan teruslah berfikir positif dikala menunggu kondisi stabil. Itulah kurang lebih caranya dalam memotivasi diri.

Referensi : 10 Ways to Reduce Your Stress Level During COVID-19

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *