6 Cara Menentukan Segment Market yang Tepat

menentukan segment market

MENENTUKAN SEGMENT MARKET – Segmentasi pasar merupakan proses membagi calon konsumen yang potensial ke dalam suatu segmen atau kelompok, berdasarkan karakteristik yang berbeda.

Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda atau heterogen menjadi suatu kelompok pasar yang homogen.

Di mana setiap kelompok tersebut bisa menjadi target untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, lokasi, ataupun karakteristik pembeli.

Apa Saja Jenis Segmentasi Market?

Sebelum menentukan seperti apa segmentasi pasar yang tepat, sebaiknya memahami jenis-jenis segmentasi pasar terlebih dahulu, sehingga Anda memiliki dasar pembagian segmentasi pasar yang tepat.

Berikut ini adalah jenis segmentasi pasar yang perlu Anda pahami.

Segmentasi Pasar Berdasarkan Geografi

Segmentasi pasar ini dikelompokan berdasarkan letak geografis seperti negara, wilayah, kota dan desa. Daerah yang dipandang memiliki potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi untuk menjual suatu produk.

  • Daerah : Hawai, Pegunungan, Alaska, Barat Daya
  • Ukuran Kota : Kota Besar, Kawasan Metropolitan besar, Kota Kecil
  • Kepadatan Daerah : Pedesaan, Pinggir Kota, Kota lama, Kota
  • Iklim : Lembab, Panas, Sedang, Berhujan

Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi

Segmentasi pasar berdasarkan demografi artinya kelompok ini dibagi dan diklasifikasikan dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi atau tingkat pendidikan konsumen.

  • Umur : Dibawah 13, 13-18, 18-35, 35-45, 55-65, 65+
  • Jenis Kelamin : Pria, Wanita
  • Status Perkawinan : Lajang, Kawin, Cerai, Hidup Bersama, Janda/Duda
  • Pendapatan : Dibawah Rp5.000.000, Rp5.000.000 – Rp10.000.000, Rp10.000.000 – Rp20.000.000, Rp20.000.000 – Rp50.000.000, Rp50.000.000 – Rp100.000.000, lebih dari Rp100.000.000
  • Pendidikan : Pernah Sekolah Menengah, Lulus Sekolah Menengah, Pernah Kuliah, Sarjana, Pascasarjana
  • Pekerjaan : Profesional, Pertanian, Militer, dll

Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikologis

Karakteristik Psikologis merujuk ke sifat-sifat konsumen serta dibagi berdasarkan motivasi, kepribadian, persepsi, pengetahuan, sikap.

  • Motivasi Kebutuhan : Rasa Harga Diri, Keselamatan, Kasih Sayang, Tempat Berlindung, Keamanan
  • Kepribadian : Kurang Dogmatis, Pencari Hal Baru, Terbuka, Agresif,
  • Persepsi : Resiko Tinggi, Resiko Sedang, Resiko Rendah
  • Sikap : Sikap Negatif, Sikap Positif

Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografi

Yang dimaksud dengan segmentasi psikografi disini ialah segmentasi didasarkan pada kepribadian atau gaya hidup.

Penentuan gaya hidup itu didasarkan pada kegiatan analisis, minat dan opini (activities, interest, opinion).

  • Segmentasi (Gaya Hidup) : Suka Berhemat, Penggemar Acara TV, Penggemar Alam Terbuka, Pencari Status

Segmentasi Pasar Berdasarkan Sosial Budaya

Segmentasi pasar ini memiliki variabel sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) serta dibagi ke dalam segmen :

  • Budaya : Orang Amerika, Orang Cina, Orang Itali, Orang Prancis, Orang Pakistan
  • Subbudaya (Ras/etnis) : Afrika-Amerika, Kaukasia, Asia, Spanyol
  • Agama : Katolik, Protestan, Yahudi, Muslim, lainnya
  • Siklus Hidup Keluarga : Lajang, Nikah Muda, Keluarga dengan anak-anak masih kecil, Keluarga yang ditinggalkan anak-anak karena sudah berumah tangga

Segmentasi Pasar Berdasarkan Pemakaian

Jenis Segmentasi ini sangat efektif di dalam mengelompokkan konsumen menurut karakteristik produk, jasa, atau pemakaian merek.

Seperti tingkat kesetiaan terhadap merek, tingkat kesadaran dan tingkat pemakaian.

  • Tingkat Pemakaian : Bukan Pemakai, Pemakai Ringan, Pemakai Sedang, Pemakai Berat
  • Keadaan Kesadaran : Antusias, Tertarik, Sadar, Tidak Sadar
  • Kesetiaan pada Merek : Tidak Ada, Beberapa, Banyak

Segmentasi Pasar Berdasarkan Situasi Pemakaian

Para marketer mengakui bahwa situasi atau kesempatan tertentu sering menentukan apa yang akan dibeli atau dikonsumsi para konsumen.

Karena alasan tersebut, mereka fokus pada situasi pemakaian sebagai variabel segmentasi.

  • Waktu : Senggang, kerja, Terburu-buru, Pgi, Malam
  • Tujuan : Pribadi, Pemberian, Makanan Kecil, Kesenangan, Pencapaian
  • Lokasi : Rumah, Tempat Kerja, Rumah Teman, Toko
  • Orang : Diri Sendiri, Anggota Keluarga, Teman, Atasan, Teman Sekerja

Segmentasi Pasar Berdasarkan Manfaat

Para marketer dan agensi periklanan selalu berusaha mengenali manfaat terpenting produk dan jasa yang akan sangat berarti bagi para konsumen.

Sebagai contoh, manfaat yang umumnya digunakan diantaranya yaitu jaminan keuangan, kesehatan, kenyamanan, kemudahan, tahan lama dan ekonomis.

Mengapa Anda Perlu Menentukan Segment Market?

Segmentasi penting sekali dilakukan karena sangat luasnya karakteristik yang terdapat di pasar. Inilah manfaat yang Anda dapatkan jika mengetahui cara menetapkan segmen market :

  • Strategi pemasaran menjadi lebih jelas dan terarah.
  • Kondisi pasar akan lebih mudah untuk dibedakan
  • Pelayanan lebih jelas
  • Kemungkinan untuk menemukan peluang baru.
  • Mengetahui kompetitor dengan model segmentasi yang sama
  • Bisa digunakan sebagai bahan evaluasi, rencana bisnis dan target kedepan.

Seperti Apa Contoh Segmentasi Pasar yang Dapat Diterapkan dalam Sebuah Bisnis?

Jika Anda seorang pengusaha yang baru saja terjun ke dalam bisnis produk kecantikan, dan langsung menjual produk baru ke pasar tanpa menetapkan segmentasi terlebih dulu.

Hasil yang Anda dapatkan dipastikan tidak maksimal, mengapa demikian?

Saat ini, meskipun umumnya produk kecantikan dibuat untuk konsumen perempuan, masing-masing produk memiliki target tersendiri.

Misalnya, produk kecantikan dengan kandungan khusus kulit berjerawat, untuk perempuan yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, produk khusus remaja, dan lain sebagainya.

Begitu juga sebuah perusahaan yang menjual makanan bergizi pasti sebagian besar memasarkan produknya pada orang tua.

sementara restoran makanan cepat saji menargetkan demografi kepada konsumen muda seperti anak sekolah atau kuliahan dan juga pekerja.

Contoh lainnya, perusahaan produk olahraga membagi pasar mereka berdasarkan olahraga yang target konsumennya lakukan.

Hal tersebut bisa membantu perusahaan memasarkan produk olahraga khusus kepada market yang tepat.

6 Cara Menentukan Segment Market yang Tepat

Setelah mengetahui hal hal dasarnya, mari kita lanjut ke bagian utama, yaitu cara untuk menentukan segmen market yang tepat.

Menentukan Target Pasar

Langkah pertama dan terрentіng dalam menentukan segmentasi adalah mengidentifikasi target pasar.

Lakukan riset pasar untuk mengetahuі siapa уang harus anda masukkan ke dalam segmen уang sama.

Рaѕtіkan segmen individu atau target pasar tersebut memіlіkі keѕamaan. Рeremрuan dan laki-lakі tіdak daрat dіmaѕukkan dalam satu segmen karena mereka memіlіkі kebutuhan dan harapan уang berbeda.

Demikian halnya dengan kоnѕumen uѕіa muda dan tua, рekerјa dan mahasiswa, dan lain ѕebagaіnуa.

Ketahui Masalah dan Kebutuhan Konsumen

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu semua kebutuhan calon konsumen, lalu sesuaikan dengan produk yang Anda jual.

Untuk bisa mendapatkan informasinya, Anda bisa bertanya langsung kepada calon konsumen atau dengan melakukan serangkaian tes produk.

Jika Anda telah mengetahui masalah konsumen, Anda dapat melakukan klasifikasi keinginan, kebutuhan dan juga masalah konsumen.

Hal ini berguna untuk acuan dalam membuat road map strategi bisnis dan juga evaluasi produk.

Mencari Tahu Perilaku Konsumen

Selanjutnya Anda dapat mengamati dan menganalisis perilaku konsumen. Anda dapat memperhatikan bagaimana konsumen menggunakan produk, keadaan sebelum dan sesudah menggunakan produk, dan juga pola tren yang berkaitan dengan produk tersebut.

Menganalisa dan mengolah data

Selanjutnya anda akan menentukan bagaimana produk Anda bisa diterima atau tidak oleh para pelanggan.

Pelajarilah hal yang menjadi aktivitas, keinginan tindakan dan hal yang dilakukan oleh pelanggan.

Dengan begitu hal-hal kecil yang membuat terhambatnya perkembangan bisnis Anda bisa segera ditangani secepatnya oleh tim Anda.

Menentukan strategi pemasaran produk

Setiap segmen pasti memiliki strategi pemasaran yang berbeda, apalagi jika target pasarnya berbeda. Jadi sesuaikan target pasar sesuai dengan strategi pemasarannya.

Anda dapat menerapkan jenis strategi pemasaran dengan merujuk segmentasi pasar. Misalnya, merujuk pada segmentasi demografis; tools Apa yang sesuai dengan konsumen perempuan?

Evaluasi respon pasar

Jika strategi pasar sudah berjalan dan menghasilkan penjualan, Anda perlu tahu respon dari konsumen terutama mengenai kekurangan dari produk yang Anda miliki, catat semua masukan yang diberikan konsumen kepada Anda dan segera perbaiki.

Kesimpulan

Agar bisa menentukan segmen market yang tepat, Anda harus mengetahui jenis jenis segmentasi, mengetahui kebutuhan, permasalahan dan perilaku konsumen. Kemudian temukan hal-hal yang membuat produk bisa diterima dengan baik sehingga bisnis Anda bisa berkembang.

Tentukan juga strategi pemasaran yang tepat, Anda bisa menggunakan pemasaran online melalui Google, Facebook, dll. Mereka menyediakan fitur yang dapat menentukan segmentasi dengan mudah.

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan evaluasi terlebih produk yang dipasarkan sudah merasa terjual baik ataupun tidak.

Bagaimana, apakah Anda siap untuk menentukan segment market terhadap produk atau layanan Anda?

Kira-kira jenis segmentasi pasar manakah yang dapat digunakan untuk bisnis Anda dan bagaimana Anda akan menerapkannya?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *