Inilah 7 Alasan, Mengapa Kita Harus Bekerja?

Setelah lulus dari bangku sekolah atau kuliah, sebagai generasi muda kita harus menentukan arah jalan hidup. Apa yang akan kita lakukan selanjutnya, apakah langsung Menikah? Meneruskan usaha orangtua? Membangun bisnis sendiri? Atau bekerja di perusahaan impian??

Jika jawabannya adalah bekerja, mengapa? Ada banyak sekali alasan yang melatarbelakangi keputusan seseorang untuk memilih bekerja di perusahaan yang sesuai dengan passion mereka.

Berikut ini adalah 7 alasan mengapa kita harus bekerja dan apa tujuannya.

Mencari Pendapatan

Tujuan bekerja yang dapat dibilang paling dasar adalah mencari pendapatan atau nafkah untuk menjalani kehidupan yang layak. Ajukan nominal atau besaran gaji sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sedangkan bagi perusahaan, berikan penawaran gaji sesuai dengan beban kerja yang akan dilakukan karyawan.

Mencari Pengalaman

Bagi beberapa orang, tujuan bekerja bagi mereka adalah mencari pengalaman. Mereka tak berfokus pada pendapatan sehingga tak segan untuk meminta pekerjaan tambahan atau bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugas baru.

Pengalaman-pengalaman yang didapat di dalam perusahaan juga dapat digunakan untuk menunjang CV yang baik bagi karir mereka selanjutnya.

Memenuhi Kebutuhan Sosial

Ada karyawan yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan sosial dengan cara menjalin relasi kerja. Karyawan dengan tujuan bekerja seperti ini juga menganggap bahwa relasi kerja merupakan investasi jangka panjang yang besar kemungkinan berguna di masa depan.

Baca juga:  Pengertian dan Penyebab Turnover Karyawan

Karyawan seperti ini sangat senang apabila dapat menjalin hubungan dan berbaur dengan karyawan lain yang berasal dari berbagai latar belakang.

Bekerja Adalah Ibadah

Untuk karyawan yang memiliki keyakinan bekerja adalah ibadah, mereka menganggap bahwa apa yang dikerjakan dapat memberikan mereka pahala.

Dalam menjalankan pekerjaannya karyawan dengan tujuan ini akan berusaha agar tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain atau berbuat curang. Ia juga akan berhati-hati dalam bekerja agar tidak menimbulkan dosa.

Mencari Pengakuan Diri

Tujuan bekerja lainnya bagi sebagian orang adalah untuk mendapat pengakuan atas kemampuannya. Pekerjaan dapat diartikan sebagai identitas diri dan menimbulkan kepuasan diri apabila pekerjaan tersebut diakui dan dihargai oleh orang-orang yang berada di sekelilingnya.

Mencari Modal Usaha

Ada karyawan yang bekerja hanya dalam jangka waktu pendek. Pasalnya, ia sudah menetapkan diri akan berapa lama ia akan bertahan di dalam perusahaan.

Tujuannya hanya satu yaitu mengumpulkan upah yang ia terima dan memahami sistem bisnis dalam perusahaan sebagai bekal untuk modal usahanya.

Setelah itu ia akan segera resign dari perusahaan dan membuka usaha sendiri berbekal modal dan pemahaman bisnis yang telah dipelajari.

Baca juga:  Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Paling Umum

Mencari Karir dan Jabatan

Dalam bekerja ada karyawan yang berambisi dalam mengejar peningkatan karir dan jabatan. Pada umumnya orang bekerja mulai dari level bawah dulu yaitu menjadi Staff, lalu meningkat menjadi posisi yang lebih baik di perusahaan.

Seiring berjalannya waktu, skill yang dimiliki pun semakin bertambah sehingga karyawan bisa mendapatkan kepercayaan sebagai Manajer yang memiliki bawahan. Karyawan tersebut biasanya akan berusaha lebih aktif dan bekerja secara maksimal agar mendapatkan peningkatan karir dan jabatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *