Apa, Mengapa dan Bagaimana Cara Mengukur Brand Awareness?

cara mengukur brand awareness

MENGUKUR BRAND AWARENESS – Anda memiliki bisnis, entah online maupun offline? Berapa banyak orang yang tahu tentang bisnis Anda? Makin banyak berarti makin bagus brand awareness orang-orang akan bisnis Anda.

Sebaliknya, bagaimana jika masih sedikit yang tahu? Bukankah tidak masalah selama Anda selalu mendapat penjualan?

Jika Anda ragu-ragu apakah brand awareness penting atau tidak, apa itu brand awareness sebenarnya dan bagaimana cara mengukur brand awareness yang tepat jika sudah menjalankannya, simak ulasan kami berikut ini.

Aplikasi HR Berbasis Cloud KaryaOne

Apa yang dimaksud Brand Awareness?

Brand Awareness (kesadaran merek) adalah istilah pemasaran yang menggambarkan seberapa besar tingkatan pengakuan konsumen terhadap produk dengan nama yang diberikan.

Brand awareness ini cukup penting, khususnya saat Anda mempunyai produk baru yang ingin dipasarkan.

Benarkah?

Ya, mempromosikan produk baru ataupun menghidupkan kembali merek yang sudah lama mati merupakan langkah terbaik untuk menciptakan kesadaran merek tersebut.

Kesadaran merek ini mencakup seberapa besar kualitas yang membedakan produk yang Anda miliki dengan produk lain yang ada di pasar. Selain itu, layanan juga bisa mempertahankan tingkat kesadaran merek.

Kebanyakan konsumen lebih memilih membeli produk yang terkenal dibanding yang tidak mereka kenal sebelumnya.

Sebut saja dari kasus air mineral di masyarakat yang sudah terkenal, yakni Aqua. Masyarakat terkadang menyebut air mineral dengan Aqua, seperti saat membeli di warung bertanya, “Ada Aqua?”

Mengapa Brand Awareness Penting?

Brand awareness sangat penting bagi bisnis apapun karena tidak hanya mengundang konsumen untuk membeli dari bisnis anda untuk pertama kalinya, brand awareness juga membuat konsumen untuk terus membeli dari bisnis Anda.

Orang-orang akan lebih membeli barang atau memakai jasa dari nama yang mereka percaya dan mudah dikenali, misalnya dari logo dan tagline bisnis anda.

Berikut adalah penjelasan manfaat lain brand awareness:

Mengapa dengan brand awareness, meningkatkan pengenalan produk baru menjadi lebih mudah?

Bila brand Anda sudah melekat di ingatan masyarakat, ketika ada produk baru, mereka akan lebih penasaran. Kemudian mereka pun lebih ingin mencoba produk baru tersebut.

Untuk brand yang kurang terkenal mereka lebih takut mencoba. Perusahaan masih perlu mengeluarkan biaya edukasi masyarakat untuk produk tersebut jika ingin produk terjual lebih banyak..

Brand awareness mempermudah perusahaan memperkenalkan produk baru mereka kepada masyarakat.

Apakah Lebih Efektif dalam Membangun Loyalitas Konsumen?

Tentu saja! Karena…

Saat Anda berhasil meyakinkan konsumen dan bisa membuatnya mau membeli produk yang Anda tawarkan, Anda mulai berhasil masuk selangkah ke titik loyalitas konsumen.

Konsumen yang loyal tidak akan pergi dan membeli produk lain selama Anda masih memberikan apa yang mereka harapkan dari apa yang Anda jual.

Seorang penggemar kopi merek tertentu yang menyukai aroma dan rasanya kemanapun dia pergi akan berusaha membeli kopi merek yang sudah disukainya, bahkan tidak ragu untuk merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.

Membantu memperoleh konsumen baru, seperti ini penjelasannya…

Dengan meningkatkan brand awareness, produk Anda tak hanya akan diketahui oleh konsumen. Tapi juga diketahui teman-teman konsumen Anda.

Pasalnya, konsumen yang telah menggunakan produk atau jasa Anda akan merekomendasikan produk yang telah dibeli kepada teman-teman mereka.

Karena itu, Anda harus memastikan bahwa brand awareness Anda cukup kuat dan positif, agar konsumen mau merekomendasikan kepada teman-temannya.

Memudahkan Jalan Membangun Relasi dengan Perusahaan Lain

Brand yang terkenal juga akan memudahkan segala urusan bisnis Anda, termasuk untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lain dalam bidang bisnis yang sama ataupun tidak.

Dengan begitu, diharapkan kedua belah pihak bisa sama-sama saling menguatkan dan mengembangkan unit bisnis yang dimiliki.

Bagaimana Cara Mengukur Brand Awareness?

Untuk mengetahui apakah strategi marketing yang dijalankan sudah tepat atau belum, tentunya dibutuhkan beberapa metode yang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan.

Anda bisa mengukurnya dengan beberapa metode di bawah ini:

Cara Mengukur Menggunakan Survey

Survey adalah salah satu cara yang sering digunakan untuk mengukur brand awareness.

Untuk survey, mereka memilih beberapa konsumen untuk ditanyakan mengenai pengetahuan mereka tentang sebuah brand atau kategori.

  • Unaided recall tests. Tes ini biasa digunakan untuk mengukur brand recall. Konsumen hanya diberikan satu kategori produk dan diminta untuk menyebutkan brand yang muncul di benak mereka sebanyak yang mereka mampu.
  • Aided recall tests. Tes ini biasa digunakan untuk mengukur brand recognition. Konsumen diberikan sebuah nama brand dan diminta untuk menyebutkan apa yang pernah mereka lihat atau dengar mengenai brand tersebut. Mereka juga akan diminta untuk menjelaskan apa yang mereka tahu tentang brand tersebut, misalnya menjelaskan warna, logo, packaging produk, serta hal-hal spesifik lainnya mengenai brand tersebut.

Apa itu Brand Mention?

Seberapa sering sebuah merek disebutkan secara online? Melacaknya dengan cara ini dapat mengukur seberapa dikenalnya brand Anda dan seberapa sering digunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jika suatu brand memiliki nama yang unik, melacaknya akan lebih mudah. Ada beberapa alat yang bisa digunakan, yaitu Google Alert yang bisa digunakan secara gratis. Cukup ketikkan apa yang ingin Anda lacak, lalu klik buat (create).

Pencarian Merek di Mana?

Anda dapat melacak Pencarian Merek dengan mudah melalui kata kunci yang terlihat pada traffic di Google Analytic. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Trends.

Cukup masukkan nama merek yang ingin Anda lacak di kotak ‘Cari’ dan pilih filter yang Anda inginkan.

Di sini Anda dapat melihat seberapa banyak peningkatan pencarian dari suatu brand.

Anda juga bisa menggunakan fitur dari website search analitik seperti keyword planner dari google ads, keywordtool.io, atau ubersuggest.

Berikut contoh hasil pencarian dari brand KaryaOne

cara mengukur brand awareness dengan pencarian brand melalui semrush

Pada hasil analisa tersebut bisa dilihat brand KaryaOne dicari sebanyak 720 sampai 1.500 per bulan.

Anda bisa mengamati grafik tersebut, disaat pencarian turun, evaluasi strategi marketing Anda.

Cara Mengukur dengan Media Sosial

Indikator lainnya adalah konten yang diposting di media sosial. Metode ini dapat mengukur keberhasilan brand campaign.

Ada beberapa tools yang dapat membantu Anda mengukur brand awareness, Anda bisa mencoba tools seperti Tailwind, Buffer dan Shared Count.

Dengan tools tersebut, Anda dapat memonitor social media dan menganalisis berapa banyak orang yang membagikan dan menyukai konten Anda.

Tips Meningkatkan Brand Awareness

Menumbuhkan dan meningkatkan brand awareness memang bukan proses yang mudah dilakukan.

Namun keberhasilan proses ini akan memberikan dampak jangka panjang yang baik bagi bisnis.

Untuk itu KaryaOne merangkum tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan brand awareness.

Aktif di Media Sosial Populer

Aktif di media sosial populer seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube atau mungkin Tik tok juga membantu lebih dekat dengan konsumen.

Kegiatan ini termasuk contoh brand awareness yang tepat untuk dilakukan. Pasalnya masyarakat zaman sekarang aktif menggunakan sosial media.

Memperkenalkan merek di platform ini akan lebih mudah sampai dan terbaca, kesempatan untuk dikenal luas pun terbuka lebih lebar.

Membangun Website yang Informatif

Langkah membangun brand awareness lainnya secara online adalah dengan membangun website yang informatif.

Hal ini terbilang efektif karena selain aktif di media sosial, masyarakat zaman sekarang juga aktif mengakses informasi di website.

Membuat website yang informatif dan konten yang berkualitas menjadi kunci penting untuk meningkatkan brand awareness sebuah bisnis.

Melakukan Co-Branding

Opsional lain yang patut dicoba adalah dengan melakukan co-branding, yakni bekerjasama dengan merek lain untuk melakukan brand awareness.

Seperti yang dilakukan oleh Chitato dengan Indomie yang menghadirkan varian rasa keripik kentang unik yakni rasa Indomie goreng yang ternyata disambut baik oleh masyarakat.

Membangun brand awareness bisa dilakukan dengan banyak cara, yakni seperti yang disebutkan di atas.

Melalui deretan contoh brand awareness tersebut silahkan memilih yang dirasa cocok untuk diterapkan pada produk atau jasa bisnis Anda.

Menggunakan Influencer

Yang dimaksud dengan influencer disini adalah orang-orang yang memiliki banyak followers di social media dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers mereka seperti blogger, youtuber, selebgram, dan lain sebagainya.

Influencer biasanya sangat dipercaya oleh followersnya, sehingga produk atau jasa apapun yang digunakan bisa jadi inspirasi tersendiri untuk mereka.

Sehingga bila Anda mempromosikan produk melalui influencer, para pengikut influencer akan terpapar merek dan mungkin memiliki keinginan untuk menggunakan produk yang sama dengan idolanya.

Aktif Mengikuti Event

Membangun brand awareness tidak melulu hanya bisa dilakukan online, bisa juga secara offline.

Salah satu contoh brand awareness offline ini adalah dengan aktif mengikuti event seperti pameran di pusat perbelanjaan.

Keikutsertaan Anda tampil di ruang publik akan membantu masyarakat luas mengenal merek dan ciri khas produk atau jasa Anda.

 

Banner KaryaOne - Aplikasi Penggajian Karyawan Terbaik

 

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *