Tools Produktivitas: Cara Meningkatkan Produktivitas Kinerja Karyawan di Kantor Anda

meningkatkan kinerja

Meningkatkan kinerja karyawan bisa melalui beberapa cara. Selain dengan memotivasi mereka secara verbal, Anda pun dapat memanfaatkan teknologi.

Ya, saat ini sudah ada banyak software maupun aplikasi yang bisa berfungsi sebagai productivity tools. Di bawah ini akan diulas tentang beragam jenis productivity tools serta contoh software yang dapat Anda gunakan.

Aplikasi HR Berbasis Cloud KaryaOne

Communication tools

Bisa dibilang komunikasi adalah dasar dari segalanya. Tanpa adanya komunikasi yang baik, maka akan sulit untuk mewujudkan suatu visi.

Begitu pula dengan pekerjaan, akan banyak sekali masalah yang timbul jika komunikasi tidak dibangun dengan baik. Apa solusinya?

Di samping rutin mengadakan sesi one on one dengan karyawan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mulai menggunakan communication tools. Saat ini sudah ada banyak communication tools yang beredar.

Beberapa bahkan tidak hanya dapat diakses melalui personal computer tetapi juga melalui perangkat smartphone Salah satu communication tools terbaik yang dapat diakses melalui PC sekaligus smartphone adalah Slack.

Slack merupakan alat komunikasi sekaligus kolaborasi. Terdapat fitur channel yang memungkinkan Anda untuk membuka ruang diskusi bagi setiap proyek.

Slack juga menyediakan fitur komunikasi face-to-face. Jadi Anda bisa melakukan voice atau video call. Anda pun bisa membagikan screen kepada anggota lain.

Kelebihan lainnya adalah Slack terintegrasi dengan 1.500 software serta aplikasi lain termasuk Google Drive dan Dropbox.

Project management tools

Jika Anda sedang menangani beberapa proyek yang kompleks dalam waktu bersamaan, communication tools saja mungkin tidak cukup.

Sebagai alternatif, Anda bisa mula mempertimbangkan untuk menggunakan project management tools. Dengan adanya project management tools ini Anda dapat memantau perkembangan proyek sekaligus berkomunikasi dengan tim atau klien.

Ada banyak project management tools yang bisa dipilih. Produk populer yang sering direkomendasikan adalah Asana. Pada dasarnya, Asana merupakan sebuah project management tool berbasis cloud.

Dengan Asana, Anda bisa mengatur sebuah proyek, mulai dari siapa saja pihak yang terlibat, hingga tiap deadline yang harus ditepati oleh tim.

Di samping itu, Asana juga dibekali beberapa fitur untuk meningkatkan kinerja. Fitur terbarunya adalah reporting tool.

Dengan fitur terbaru ini Anda bisa mengetahui apa saja hambatan dari sebuah proyek sekaligus memonitor bagaimana kinerja setiap anggota tim.

Time tracking tools

Waktu adalah elemen penting yang harus selalu diperhatikan dalam pengerjaan proyek. Menyelesaikan proyek tepat waktu tentu akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Namun sayangnya terkadang sulit untuk melacak apakah proyek bisa diselesaikan tepat waktu atau tidak. Hal ini sangat umum terjadi dalam sebuah perusahaan yang menangani banyak proyek kompleks sekaligus.

Untuk itu, Anda memerlukan time tracking tools. Dengan time tracking tools ini Anda dapat membuat perkiraan kapan sebuah proyek akan selesai, mengatur deadline, hingga menyajikan data yang akurat untuk payroll karyawan.

Anda bisa mencoba Clockify. Software yang satu ini memungkinkan Anda untuk memantau apakah tim bekerja secara efisien atau justru sebaliknya. Clockify juga akan menyediakan summary atau rangkuman terkait kinerja karyawan dalam satu hari.

Jika ingin laporan yang lebih detail, Clockify juga menyediakan fitur weekly report atau laporan mingguan.

Social media management tools

Jika perusahaan Anda memiliki banyak media sosial atau justru bidang usaha Anda bergerak dalam bidang manajemen media sosial, tools yang satu ini akan sangat membantu meningkatkan kinerja.

Dengan social media management tools, Anda bisa lebih mudah mengatur akun media sosial.

Bukan hanya itu, social media management tools juga dapat membantu Anda mengatur waktu posting sebuah konten media sosial secara otomatis.

Jadi, tidak akan ada jadwal posting yang terlewat. Kemudahan lainnya adalah Anda bisa mengamati bagaimana engagement pengguna.

Dari situ, Anda bisa lebih mudah menganalisis jenis konten seperti apa yang sebenarnya disukai oleh pengguna.

Salah satu contoh social media management tools yang bisa Anda coba adalah Hootsuite. Dengan Hootsuite, Anda bahkan bisa mengatur beberapa platform social media sekaligus, mulai dari Facebook hingga Instagram.

Memang ada banyak cara untuk meningkatkan kinerja karyawan. Namun dengan berkembangnya teknologi, tidak ada salahnya juga untuk mulai mempertimbangkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan kinerja.

Empat tools yang disebutkan di atas adalah tools esensial yang bisa digunakan untuk berbagai bidang usaha. Anda bisa selalu menambahkan beberapa aplikasi atau software lagi untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Sumber : financesonline.com

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Aplikasi Penggajian Karyawan Terbaik

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *