4 Cara Meningkatkan Kreativitas Karyawan di Tempat Kerja

meningkatkan kreativitas karyawan

Perkembangan pengelolaan sumber daya manusia di sebuah perusahaan sekarang semakin canggih. Jika dulu penilaian kinerja karyawan hanya bisa dilihat apakah target mereka tercapai atau tidak, sekarang lebih detail lagi.

Mulai dari absensi, kemampuan kerja sama, penilaian antar karyawan, sampai apakah karyawan bisa berkontribusi lebih kepada perusahaan atau tidak. Nah, semua aspek penilaian tersebut akan sangat bergantung dengan kreativitas.

Daya kreativitas yang dimiliki oleh karyawan ini akan menentukan apakah sang karyawan tersebut bahagia bekerja, semangat dalam bekerja, sampai mengetahui apakah karyawan tersebut cocok dengan budaya perusahaan Anda.

Tentu Anda ingin setiap karyawan yang dimiliki bisa berperan penting dalam kemajuan perusahaan Anda. Oleh karena itu, sekarang simak bagaimana empat cara agar karyawan Anda makin kreatif berikut ini.

1. Tanamkan budaya perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki budaya yang berbeda-beda, semua tergantung pada daerah tempat tinggal, pemilik perusahaan, sampai tradisi yang sudah ada dari turun temurun.

Kita ambil contoh bagaimana tradisi di sebuah perusahaan startup besar yang mempunyai kebijakan karyawannya harus pulang tepat waktu setiap hari jumat di akhir bulan.

Baca juga:  Inilah 6 Hal yang Diinginkan Karyawan di Tempat Kerja

Budaya ini harus Anda tanamkan di setiap karyawan sehingga mereka mengerti dan melestarikan budaya tersebut.

Selain itu, budaya perusahaan ini juga bisa menjadi sarana penyaringan apakah karyawan tersebut bisa cocok bekerja sama dengan Anda. Jika karyawan Anda ternyata bisa mengikuti budaya perusahaan yang Anda buat, tentu itu jadi nilai plus bagi Anda.

2. Sediakan fasilitas yang layak

Sebaru apapun perusahaan yang Anda bikin, Anda harus benar-benar memperhatikan fasilitas untuk menunjang pekerjaan mereka.

Misalnya Anda harus menyiapkan ruangan yang cukup, meja, AC, dan juga fasilitas internet. Cara ini tidak hanya membuat karyawan Anda akan betah, tetapi fasilitas tersebut juga bisa meningkatkan kreativitas.

Jika karyawan Anda mempunyai permintaan penambahan fasilitas, Anda harus benar-benar mempertimbangkan matang-matang. Apabila ternyata fasilitas tersebut bisa berguna untuk orang banyak, kenapa tidak?

3. Coba biarkan karyawan Anda memecahkan masalahnya sendiri

Sebagai pemimpin perusahaan, Anda tidak serta merta harus turun tangan untuk memecahkan masalah yang ada di dalam perusahaan.

Ketika Anda sedang melakukan meeting mingguan atau bulanan, Anda harus memberikan ruang sebesar-besarnya kepada para karyawan untuk mengutarakan pendapatannya.

Baca juga:  10 Jenis Pekerjaan Terbaik untuk Seorang Ekstrovert

Dengan begini, karyawan akan memulai berpikir kreatif bagaimana menghadapi masalah yang ada.
Walaupun begitu, Anda harus tetap melakukan monitoring setiap langkah yang karyawan Anda lakukan.

Jika memang ternyata masalah yang baru saja diselesaikan dengan cara yang berbeda lebih baik, Anda bisa memprioritaskan solusi tersebut di kemudian hari.

4. Pastikan selalu mengaktifkan kolaborasi

Kolaborasi adalah hal kunci untuk membuat karyawan Anda selalu kreatif. Kolaborasi ini tidak hanya selalu berada di level tertinggi, misalnya Anda sebagai pemilik perusahaan berkolaborasi dengan para investor.

Tetapi kolaborasi harus terjadi di level bawah, misalnya kolaborasi antar departemen atau Anda mengajak karyawan untuk bekerja sama dengan mitra.

Bertemu dengan orang lain dan bersosialisasi akan menambah tingkat kreativitas karyawan Anda. Itulah empat cara yang Bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kreativitas para karyawan Anda.

Untuk memperlancar menumbuhkan daya kreativitas para karyawan Anda, coba lakukan research & development setiap bulannya untuk mengetahui cara yang benar-benar pas yang diterapkan di perusahaan. Semoga berhasil.

Sumber:
Inc: 8 Powerful Ways to Make Your Employees Super Creative

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *