Mengapa Anda Belum Diangkat Menjadi Karyawan Tetap?

Back to Blog
menjadi karyawan tetap

Ada banyak sekali masyarakat di Indonesia yang tidak mengerti masalah perundang-undangan ketika dirinya bekerja. Mulai dari perundang-undangan masalah kontrak kerja, gaji, bahkan sampai hal remeh seperti cuti.

Padahal pemerintah di Indonesia sudah mengatur semuanya di perundang-undangan dan jika Anda melihat ada yang tidak beres, Anda bisa melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

Sebelum kita membahas mengapa Anda belum diangkat menjadi karyawan tetap, Anda harus tahu dulu tentang masalah Perjanjian Kerja untuk Waktu Tidak Tertentu (PKWTT).

PKWTT merupakan perjanjian kerja yang dibuat untuk waktu yang tidak tertentu, dan masa berlaku PKWTT ini maksimal tiga bulan.

Setelah tiga bulan masa PKWTT, Anda akan memasuki masa Perjanjian Kerja untuk Waktu Tertentu (PKWT) dengan jangka waktu maksimal tiga tahun.

Lalu, mengapa Anda harus menunggu selama tiga tahun untuk menjadi karyawan tetap? Apakah ada yang salah dengan diri Anda atau perusahaan Anda? Dan apa yang harus Anda lakukan?

Ada masalah pada manajemen perusahaan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengetahui alasan kenapa Anda tidak segara diangkat menjadi karyawan tetap adalah bertanya kepada atasan atau manajemen perusahaan Anda.

Jika alasan yang keluar dari perusahaan Anda tidak masuk akal, seperti “kita masih menunggu dari pusat,” atau “alasan yang tidak masuk akal lain,” Anda harus segera bertindak. Apalagi jika kontrak kerja Anda sudah memasuki waktu maksimal PKWT yaitu tiga tahun.

Baca juga:  Cara Menulis Job Description yang Efektif

Jika Anda mengetahui gelagat ini, Anda harus segera bertanya kepada orang terdekat Anda di perusahan tempat Anda bekerja.

Mereka biasanya akan memberikan informasi apa yang terjadi di perusahaan tersebut, apakah memang kondisi perusahaan sedang tidak sehat atau ada masalah lain.

Jika memang ada gelagat yang tidak baik, Anda bisa mulai memikirkan untuk mencari pekerjaan baru.

Atasan Anda tidak puas dengan pekerjaan kinerja Anda

Alasan kedua adalah atasan Anda bisa jadi tidak puas dengan kinerja Anda. Misalnya ketika Anda diberikan task dengan jangka waktu tertentu, ternyata Anda tidak bisa memenuhi kualitas yang diharapkan atau Anda lewat dari jangka waktu tertentu.

Biasanya tanda-tanda atasan Anda tidak puas adalah mereka sudah bersikap aneh dan dingin, atau Anda sudah tidak dipercaya lagi mengerjakan tugas yang baru.

Jika ini terjadi, Anda harus segera introspeksi diri. Beranikan diri Anda untuk bertanya kepada atasan apa yang kurang dengan pekerjaan Anda.

Untuk mengetahui kekurangan dari kualitas pekerjaan Anda, hanya bisa dilakukan dengan bertanya kepada atasan.

Anda tidak diberikan tenggat waktu masalah kontrak

Banyak sekali perusahaan di Indonesia yang tidak mematuhi kontrak kerja yang sesuai dengan undang-undang. Misalnya, Anda sudah diberi waktu tiga tahun, tetapi ternyata masa percobaan Anda diperpanjang tiga tahun lagi.

Baca juga:  5 Cara Menjadi Pewawancara Kerja yang Handal

Jika menurut perusahaan tindakan tersebut merupakan kebijakan dari perusahaan dan Anda tidak diberi tenggat waktu yang pasti mengenai perpanjangan kontrak, Anda bisa jadi berada dalam masalah.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Anda bisa berkonsultasi dengan rekan kerja Anda, cari tahu apakah rekan kerja tersebut mempunyai tindakan atau pengalaman yang sama.

Jika ternyata tipikal perusahaan tersebut lebih senang memberi kontrak percobaan daripada pegawai tetap, Anda bisa mencari pekerjaan baru.

Tapi jika Anda senang dengan jenis kontrak pekerjaan Anda sekarang, tentu itu tidak menjadi masalah.

Tidak semua masalah kenapa Anda tidak segera diangkat menjadi pegawai tetap ini merupakan salah dari diri Anda. Terkadang beberapa perusahaan juga sedikit “nakal” untuk masalah kontrak kerja.

Jadi, Anda harus aktif bertanya mengenai kontrak kerja ini, ya. Dan tidak lupa, Anda juga harus terus memperbaiki kinerja dan kualitas kerja.

Sumber:
Liputan6: 5 Tanda Anda Mungkin Tidak Akan Diangkat Jadi Karyawan Tetap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog