10 Keuntungan Perusahaan Merekrut Freelancer

keuntungan merekrut freelancer

Banyaknya pencari kerja lepas atau freelancer dan kebutuhan akan tenaga kerja oleh setiap perusahaan membuat kedua belah pihak saling membutuhkan. Terkadang, merekrut freelancer dirasa lebih menguntungkan daripada merekrut karyawan tetap atau full-time.

Hal ini mungkin juga yang Anda rasakan di perusahaan atau kantor Anda, mengapa?

1. Menekan Pengeluaran

Freelancer yang mengerjakan tugasnya di rumah tidak harus mengeluarkan biaya tranportasi atau makan seperti karyawan pada umumnya. Oleh karena itu para freelancer juga tidak menuntut upah yang terlalu tinggi. Keadaan ini kemudian akan menguntungkan perusahaan karena tak perlu juga mengeluarkan biaya untuk asuransi atau tunjangan lainnya.

2. Lebih Fleksibel

Salah satu alasan mengapa banyak orang suka menjadi freelancer adalah agar mereka bisa mengatur jam kerja sendiri. Ternyata, hal ini pun akan menguntungkan Anda sebagai pihak perekrut.

Freelancer yang Anda rekrut bisa saja misalnya memposting blog, mengupdate website atau menjawab komentar klien pada saat usai jam kantor selagi Anda sudah “tutup toko”.

3. Kebebasan

Selain bekerja sama dengan karyawan tetap di perusahaan, Anda bisa dengan mudah bekerja dengan freelancer berdasarkan kebutuhan Anda atau perusahaan. Misalnya saja merekrut freelancer yang merupakan penerjemah bahasa tertentu, bisa sangat membantu Anda untuk berbagai proyek pekerjaan.

4. Pekerjaan Selesai Lebih Cepat

Para freelancer selalu termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik dan cepat. Mereka tahu dan mengerti bahwa hal itu adalah demi kepentingan mereka sendiri agar mereka tetap dapat diandalkan dan memenuhi atau bahkan melebihi harapan Anda. Pekerjaan freelancer tidak akan terganggu dengan banyaknya drama atau permasalahan lainnya di kantor yang bisa merusak produktivias.

Baca juga:  Cara Mengatasi Absensi Karyawan yang Berlebihan

5. Freelancer Bekerja Secara Mandiri

Salah satu hal yang memakan banyak waktu dan tenaga dengan merekrut karyawan baru adalah Anda harus mengadakan pelatihan sebelum mereka dapat berkontribusi sepenuhnya dalam pekerjaan dan budaya yang ada. Namun hal ini tak akan Anda alami jika merekrut freelancer.

Para freelancer bekerja secara mandiri, namun tetap sesuai dengan parameter yang Anda berikan. Anda tidak harus menjelaskan semua hal terkait perusahaan atau mengadakan pelatihan untuknya.

6. Lebih Inovatif

Umumnya para freelancer lebih inovatif dan akrab dengan teknologi terbaru. Mereka bekerja secara kreatif dan di luar dari kebiasaan yang baku. Walaupun perusahaan juga bisa membuat ide bagus dan inovatif, para freelancer yang tidak dibebani dengan peraturan atau permasalahan di kantor cenderung lebih bisa berpikir dan bekerja dengan baik sehingga menghasilkan solusi terbaru.

7. Banyak Memiliki Pengalaman

Karena freelancer bekerja untuk banyak orang, maka tentu saja mereka juga memiliki segudang pengalaman yang berbeda baik dari setiap proyek, perekrut, lokasi dan hal lainnya. Semua elemen tersebut secara langsung menambah pengalaman dan kemampuan mereka.

8. Anda Bisa Merekrut Ahli (Freelancer) Secara Spesifik

Jika ada sebuah proyek yang membutuhkan keahlian tertentu namun SDM Anda tidak dapat memenuhinya, maka Anda sebaiknya merekrut freelancer yang merupakan ahli di bidang tersebut. Mereka dapat membantu Anda cukup hanya sampai proyek tersebut selesai.

Baca juga:  7 Penyebab Iklan Lowongan Kerja Sepi Peminat

9. Akan Selalu Ada Freelancer untuk Proyek Mendatang

Anda selalu dapat mendapatkan bantuan dari freelancer untuk kepentingan proyek di masa depan. Orang yang sudah terbiasa menjadi freelancer jarang untuk “memecat” diri mereka sendiri untuk pindah jalur menjadi karyawan tetap. Melainkan, mayoritas freelancer yang sukses menikmati kehidupan profesional mereka dan selalu mengembangkan kemampuannya.

Anda akan selalu mendapatkan freelancer sesuai dengan keinginan Anda dan perkembangan teknologi yang ada.

10. Freelancer Asing

Sistem outsorcing tenaga kerja yang menekan biaya adalah sebuah keuntungan tersendiri bagi bisnis atau perusahaan Anda. Jika Anda diharuskan menyelesaikan sebuah proyek dengan bantuan freelancer asing, Anda memiliki waktu secara bebas sehingga bisa bekerja dengan freelancer di berbagai zona waktu.

Sumber:
Twago: 10 Advantages of Hiring Freelancers over Full Time Employees

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *