4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Merekrut Fresh Graduate

merekrut fresh graduate

Semua perusahaan membutuhkan tenaga kerja berkualitas untuk terus mengembangkan bisnis mereka. Setiap tahunnya pun muncul banyak bakat baru yang bisa Anda dapatkan dari para lulusan atau fresh graduate yang cerdas dan mampu beradaptasi dengan baik.

Melihat kualitas para fresh graduate, perusahaan kemudian berlomba-lomba untuk merekrut mereka sehingga diperlukan pendekatan yang berbeda. Anda ingin merekrut fresh graduate berkualitas? Perhatikan beberapa hal ini:

1. Jelaskan Visi dan Misi Perusahaan Anda

Sebagian besar mahasiswa ingin merasa seperti bagian dari sesuatu yang berarti dan sesuatu yang memiliki dampak positif bagi dunia. Jika Anda ingin menarik kelompok tersebut, Anda perlu menunjukkan bagaimana perusahaan Anda membuat perbedaan dalam industri, komunitas, atau dunia.

Jangan takut untuk membanggakan nilai, budaya, faktor keunikan atau peluang pertumbuhan yang ada pada perusahaan Anda.

Apakah Anda melakukan pekerjaan yang memiliki dampak besar pada masyarakat? Apakah Anda memiliki suasana kreatif dan inovatif di tempat kerja Anda? Apakah Anda menekankan lingkungan berbasis tim kolaboratif? Ilustrasikan mengapa perusahaan Anda unik dan inovatif sehingga Anda bisa menarik perhatian karyawan muda yang inovatif.

Baca juga:  The Tiny-Famous Techniques for Write down My Essay.

2. Pahami dari Mana Mereka Berasal

Kandidat yang baru saja lulus menghadirkan tantangan rekrutmen yang jauh berbeda dibandingkan kandidat lainnya. Kebanyakan dari mereka tidak memiliki pengalaman proses wawancara, negosiasi kontrak, dan norma profesional lainnya.

Pahami bahwa mereka masih membutuhkan pelatihan dan panduan pada awal karirnya untuk membangun bakat yang dimiliki secara alami.

3. Gunakan Taktik Rekrutmen yang Tepat

Kaum milenial tumbuh hampir seluruhnya di era digital. Ini berarti mereka terbiasa melakukan komunikasi konstan, menggunakan alat digital untuk mencapai tujuan mereka, dan lebih fleksibel. Anda dapat menunjukkan kekuatan perusahaan Anda di area tersebut dengan menggunakan taktik berikut:

  • Lakukan wawancara yang memungkinkan para fresh graduate terhubung dengan karyawan muda lainnya di perusahaan Anda
  • Jelaskan bagaimana kemampuan para fresh graduate dapat membantu perusahaan. Hal ini membantu mereka mendapatkan pandangan yang cukup jelas tentang bagaimana cara untuk beradaptasi dengan budaya perusahaan Anda
  • Pertimbangkan untuk menawarkan jam kerja yang fleksibel atau kesempatan mendapatkan beasiswa/pelatihan untuk mereka yang mencapai target

4. Pertahankan Karyawan dengan Cara yang Benar

Setelah berhasil merekrut fresh graduate, pastikan Anda membuat mereka tetap terlibat dan puas dengan pekerjaan mereka. Berikan feed back secara reguler mengenai kinerja mereka. Kenali mereka dari pekerjaannya adalah hal lainnya yang tidak kalah penting.

Baca juga:  Cara dan Syarat Menjadi HRD yang Profesional

Kemudian, berikan penghargaan atau bonus kepada fresh graduate yang memiliki kinerja baik. Mereka bukan tipe pekerja yang cocok dengan senioritas dan mereka akan mencoba melakukan perubahan dalam perusahaan demi mengejar ambisi.

Sumber: blog.achievers.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *