Inilah 7 Hal yang Dicari Millennial di Perusahaan

millennial di perusahaan

Jika perusahaan Anda mengincar para pekerja yang berasal dari generasi millennial, maka Anda harus terlebih dulu mengetahui faktor ketertarikan mereka dari sebuah perusahaan.

Tidak seperti pada umumnya di mana para pelamar mencari bonus, dana pensiun, kendaraan operasional atau hal material lainnya, generasi millennial di perusahaan menginginkan hal menarik lain seperti di bawah ini.

1. Edukasi dan Perkembangan Karir

Para generasi millennial kini sedang berada pada tahap awal perjalanan karir mereka, di mana mereka ingin belajar dan berkembang sebisa mungkin. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan program pelatihan dan pengembangan karyawan ketika mengiklankan sebuah posisi.

Dengan menerapkan atau melakukan program pelatihan, mentoring, kursus pengembangan tim hingga kemungkinan promosi, Anda bisa menarik perhatian para generasi millennial.

Ciptakan budaya di mana perusahaan Anda mementingkan proses pembelajaran, pengembangan pribadi dan terus menerapkan keterlibatan setiap karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, berikan motivasi kepada karyawan untuk bekerja semaksimal mungkin dan menjadi karyawan terbaik.

2. Event Sosial

Generasi millennial adalah orang-orang yang berjiwa sosial tinggi dan mementingkan konsep hidup “work hard, play hard“. Selain memberikan kegembiraan dan pengalaman tersendiri bagi generai millennial, event sosial juga akan meningkatkan hubungan antar karyawan.

Karyawan, apalagi mereka yang merupakan generasi millennial, senang untuk membagikan pengalaman yang mereka dapatkan melalui media sosial. Hal ini merupakan salah satu elemen yang bisa Anda manfaatkan sebagai branding.

Baca juga:  3 Faktor Penyebab Motivasi Kerja Karyawan Menurun

3. Waktu Kerja yang Fleksibel

Millennial adalah orang-orang yang “keras” jika menyangkut soal kegiatan sehari-hari mereka. Mereka mementingkan rasa kebebasan dan individualisme termasuk dalam pekerjaan yang dilakukan.

Membiarkan karyawan millennial untuk mengatur jam kerja mereka sendiri juga berarti menawarkan pilihan untuk menghindari kemacetan di jam sibuk. Selain itu, pemberian waktu kerja yang fleksibel juga akan menanamkan rasa kepercayaan antar atasan dan karyawan.

4. Bantuan Pembayaran Atau Peminjaman Biaya Pendidikan

Tingginya biaya pendidikan seperti kuliah atau kursus yang membebani jutaan orang merupakan salah satu alasan mengapa Anda harus memperhitungkan pemberian bantuan biaya pendidikan untuk menarik perhatian generasi millennial.

Menurut survei American Student Assistance, 76% orang mengungkapkan bahwa pinjaman atau bantuan biaya pendidikan menjadi faktor penentu yang besar dalam melamar atau menerima pekerjaan. Namun di sisi lain, hanya ada 4% perusahaan di Amerika yang menerapkan skema ini.

5. Lebih Banyak Waktu Libur

Generasi millennial berisi pribadi-pribadi yang suka berpetualang serta mementingkan keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Menawarkan waktu libur yang lebih leluasa atau fleksibel akan memungkinkan karyawan melakukan banyak hal pribadi masing-masing. Hal ini tentu saja akan langsung menarik perhatian para generasi muda tersebut.

Saat ini banyak perusahaan yang mulai memberikan banyak hari libur untuk karyawan mereka. Selai itu, ternyata hal ini juga bisa menguntungkan perusahaan karena bisa meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Baca juga:  4 Keunggulan Kompetitif Talent Management

Ketika Anda memberikan kepercayaan kepada perusahaan, mereka akan termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Umumnya perusahaan memiliki kebijakan cuti atau hari libur berbayar, namun Anda bisa membuat penawaran lain yang menarik dengan memberikan hari libur ulang tahun misalnya.

6. Menyediakan Ruang Santai

Generasi millennial ingin bekerja di lingkungan yang positif, di mana mereka bisa menjalankan pekerjaan dan urusan personal mereka secara beriringan. Ruang santai di dalam kantor akan menarik perhatian millennial dibandingkan dengan kantor biasa yang membosankan.

Untuk itu, Anda bisa merancang dan menawarkan fasilitas ruang santai, stok makanan ringan, area game, tempat untuk tidur dan sebagainya.

7. Tunjangan Kesehatan Fisik dan Psikis

Walaupun semua orang mementingkan kesehatan mereka, namun generasi millennial sangat menaruh perhatian dan sadar akan aspek ini, termasuk tindak pencegahan masalah kesehatan.

Membership gym gratis misalnya, adalah salah satu fasilitas kesehatan yang paling umum di samping asuransi kesehatan dan atau BPJS Kesehatan.

Mengapa mereka mementingkan hal ini? Pasalnya ada sekitar 20% millennial dilaporkan mengalami depresi di mana jumlah itu terbilang tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Pertimbangkan untuk menawarkan tunjangan kesehatan baik untuk fisik maupun psikis seperti kelas yoga bersama. Tunjukkan bahwa Anda peduli terhadap masalah kesehatan para karyawannya.

Sumber:
TheUndercoverRecruiter: 7 Most Wanted Work Benefits to Attract Millennials

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *