10 Cara Mudah Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

motivasi karyawan

Pada awal mula, seorang karyawan baru pasti menunjukkan dan memberikan performa terbaik mereka. Namun setelah beberapa bulan atau beberapa tahun, banyak hal yang mulai berubah, termasuk kinerja karyawan tersebut. Misalnya saja datang terlambat, meninggalkan kantor sebelum jam istirahat atau pulang dan juga bekerja secara minimum.

Untuk mengatasi hal ini, Anda sebagai pemilik perusahaan atau atasan harus melibatkan diri, salah satunya dengan memotivasi karyawan. Bagaimana cara melakukannya?

1. Berikan Inspirasi

Semua pemimpin yang hebat mampu untuk menginspirasi tim yang dipimpinnya. Berikan pandangan jauh ke depan mengenai bisnis dan perusahaan yang bisa dicapai dengan berkaca terhadap kesuksesan bisnis lain misalnya.

2. Berikan Kesempatan

Ada banyak anggapan bahwa micromanagement akan menghambat kreativitas dan membunuh motivasi. Oleh karenanya, berikan karyawan Anda kesempatan dan “kekuatan” untuk mengekspresikan diri mereka. Mulailah dari hal sederhana seperti menerima dan menjalankan salah satu masukan yang disampaikan karyawan.

3. Tetapkan Tujuan

Semua orang membutuhkan tujuan pribadi agar mampu konsisten dalam mnejalankan sesuatu demi mencapai tujuan itu. Coba berikan mereka tujuan jelas yang akan mereka capai (misalnya tujuan jalan-jalan, rumah, benda fisik dan sebagainya). Kemudian biarkan mereka mencari cara dan menjalankannya sendiri untuk segera mencapai tujuan tersebut.

4. Jangan Terlalu Mengkritik Kesalahan

Tidak semua kesalahan sama. Kecerobohan dan kelalaian memang perlu segera diatasi, namun jika kesalahan tersebut terjadi setelah karyawan sudah bekerja keras, maka pujilah usaha mereka. Jika kerja keras mereka sama sekali tak dihargai maka sama saja dengan Anda membunuh kreativitas, inovasi dan inisiatif karyawan.

5. Berikan Penghargaan

Walaupun sederhana, namun cara ini harus dilakukan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan terhadap karyawan adalah mengenali usaha mereka dengan mengatakan terima kasih ketika mereka melakukan sesuatu yang baik. Jelaskan secara spesifik mengenai prestasi yang telah dicapai untuk mendapatkan efek yang lebih besar.

6. Berikan Feedback yang Membangun

Karyawan memerlukan feedback positif untuk merasa termotivasi, namun mereka juga membutuhkan feedback negatif yang disampaikan secara konstruktif karena ini akan menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap mereka dan tidak meninggalkannya saat keadaan menjadi sulit.

7. Sampaikan Perkembangan Bisnis

Ciptakan rasa urgensi yang lebih besar kepada karyawan dengan cara memberikan informasi mengenai perkembangan bisnis khususnya aspek keuangan. Biarkan mereka khawatir mengenai keuangan perusahaan dan motivasi mereka untuk bekerja keras agar keuangan perusahaan stabil dan bisa memberikan bonus bagi karyawan.

8. Berikan Reward Bagi Karyawan Berprestasi

Coba untuk memberikan bonus dari keuntungan perusahaan bagi karyawan (walaupun kecil). Dengan demikian mereka akan terus termotivasi untuk semakin bekerja keras.

9. Jangan Biarkan Karyawan Bekerja di Luar Kemampuan

Jangan terlalu memberikan atau memaksakan suatu pekerjaan kepada karyawan jika mereka tidak sanggup, baik dalam hal jam kerja atau bobot pekerjaan. Pahami kemampuan dan kehidupan lain mereka di luar kantor, jika tidak maka produktivitas karyawan akan menurun.

10. Berikan Perhatian

Karyawan perlu untuk merasa penting, mereka harus tahu bahwa posisi dan hasil pekerjaan mereka dibutuhkan oleh perusahaan. Pastikan manajer senior dan CEO memberikan perhatian pribadi kepada karyawan.

Sumber: www.peoplehr.com

Baca juga:  10 Cara Memberikan Umpan Balik dengan Baik

Comment (1)

  • Top Training Indonesia Reply

    Terimakasih informasinya

    Oktober 23, 2017 at 10:40 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *